Daya Tarik Exchange Traded Fund (ETF) Syariah di Pasar Modal Indonesia

5 Apr 2021 10:40 476 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Karena ETF Syariah tergolong masih baru maka jika dihitung jumlahnya masih sedikit dibandingkan dengan ETF umum

Exchange Traded Fund (ETF) sebagai alternatif pilihan investasi pasar modal memiliki daya tariknya tersendiri. Tak ayal, jenis investasi ini makin diminati masyarakat investor.

ETF Hadir dengan sejumlah keunggulannya mulai dari likuiditas ETF yang tersedia sepanjang perdagangan bursa, fleksibel alias dapat dilakukan subscription atau redemption setiap saat sepanjang perdagangan bursa hingga transparan dengan menampilkan seluruh informasi saham-saham underlying ETF dan komponen kas.

Selain itu, tentunya sangat menarik karena dari produknya kini sudah ada yang menyasar kalangan yang sangat mengedepankan nilai-nilai dalam agama Islam. Tak hanya saham syariah, kini juga sudah ada Exchange Traded Fund (ETF) Syariah.

Exchange Trade Fund (ETF) Syariah adalah reksa dana yang unit penyertaannya diperdagangkan di Bursa Efek Indonesia (BEI) dengan label syariah makanya saham yang menjadi isi portofolionya adalah saham yang termasuk saham syariah.

Instrumen investasi ini sangat cocok untuk investor yang ingin berinvestasi atau mengelola keuangan tanpa mengabaikan/meninggalkan sifat kehalalan return/imbal hasil yang akan diperoleh.

Karena ETF Syariah tergolong masih baru maka jika dihitung jumlahnya masih sedikit dibandingkan dengan ETF umum. Karena berbentuk reksa dana maka penerbitannya memenuhi peraturan OJK No. 19/POJK.14/2015 tentang penerbitan dan persyaratan reksa dana syariah.

Selanjutnya agar pada saat transaksi memenuhi prinsip-prinsip syariah maka investor yang akan melakukan jual beli ETF syariah harus melalui anggota bursa yang memiliki Syariah Online Trading System (SOTS), seperti melalui aplikasi IPOT besutan Indo Premier Sekuritas.estor bisa memilih ETF Syariah seperti, Reksa Dana Pinnacle Enhanced Sharia ETF (XPES ), Reksa Dana KIK Syariah Premier ETF JII (XIJI) atau     PT Indo Premier Investment Management Reksa Dana Syariah Indeks Simas ETF JII (XSSI) dengan mudah di pasar sekunder.

Nah, di saat merasa sulit untuk menentukan saham syariiah yang akan dibeli, ETF Syaroah bisa menjadi alternatif pilihan. Hanya dengan membeli satu lot ETF Syariah di pasar sekunder, investor retail sudah memiliki saham-saham syariah terbaik di seluruh Indonesia.

 

 

Tags

About The Author

Setyo 36
Ordinary

Setyo

Pembelajar dalam menulis

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel