Kelangkaan Air Bersih

2 Mar 2021 12:51 215 Hits 1 Comments Approved by Plimbi
Keberadaan air bersih sangat perlu untuk diperhatikan karena kebutuhan akan air bersih sangat besar untuk kelangsungan hidup manusia dan mahkluk hidup lainnya di permukaan bumi ini.

Kelangkaan air bersih di dunia ini penyebabnya apa sajakah ? Kelangkaan air bersih pada umumnya dikenal dengan istilah krisis air bersih yaitu sebuah kondisi dimana di dalamnya terjadi kekurangan air dari salah satu sumber utama yang menjadi gantungan kehidupan manusia dan mahkluk hidup lainnya di sekitarnya. Setiap kali menjumpai sebuah daerah yang sedang mengalami krisis atau kelangkaan air maka berarti daerah tersebut sedang mengalami krisis air bersih.

Kekurangan air bersih yang ada pada suatu daerah sudah tentu akan memiliki dampak terhadap segala kehidupan dan ragam kegiatan yang berlansgung di sekitar daerah tersebut. Di samping itu konsep kelangkaan air bersih bisa mengacu kepada sulitnya memperoleh air bersih yang bisa muncul karena air bersih di daerah tersebut memang sulit untuk ditemukan atau jarak untuk memperoleh sumber air bersih sangat jauh letaknya.

Ada beberapa faktor yang memegang peranan penting di dalam mengetahui penyebab kelangkaan air bersih seperti iklim, peningkatan polusi dan penggunaan air secara berlebihan. Sekedar berbagi informasi, saat ini sekitar 2,7 miliar masyarakat di Indonesia mempunyai potensi untuk mengalami kelangkaan ketersediaan air bersih setiap tahunnya.

Kelangkaan air bersih tentulah ada penyebabnya, nah tersebut di bawah ini akan kami berikan jawaban atas beberapa penyebab kelangkaan air bersih antara lain sebagai berikut :

1/ Karena adanya overpopulasi

Overpopulasi atau peningkatan populasi dapat menyebabkan sebuah daerah mengalami kelangkaan air bersih. Juga pengaruh dari pertumbuhan industri yang sangat cepat menyebabkan adanya perubahan pada ekosistem air. Dalam jangka panjang akan menyebabkan hilangnya keanekaragaman hayati.

Ketika populasi menjadi semakin meningkat maka secara otomatis permintaan terhadap sumber daya alam bersangkutan menjadi meningkat pula. Ini akan membuat beberapa tekanan terhadap sumber daya alam yang tersedia termasuk di dalamnya adalah sumber daya air bersih yang ada di sekitar daerah bersangkutan. Maka dari itu apabila ditemukan kondisi yaitu jumlah atau kuantitas dan kapasitas dari sumber daya air sudah kurang mampu memenuhi kebutuhan populasi yang ada maka dampaknya adalah kelangkaan air bersih.

2/ Karena adanya pemakaian air secara berlebihan

Salah satu penyebab terjadinya kelangkaan air bersih adalah karena kondisi dimana pemakaian air dalam keadaan yang berlebihan. Ini bisa dimasukkan sebagai salah satu masalah besar yang umum dihadapi oleh semua negara di dunia ini. Dimana kadang – kadang orang – orang secara tidak sadar menjadi kurang perduli bahwa sebenarnya yang mereka lakukan tersebut adalah membuang – buang air bersih yang di lain waktu bisa dimanfaatkan untuk pemenuhan keperluan lainnya.

Secara garis besar penggunaan air yang berlebihan digunakan untuk hewan – hewan peliharaan, tanah, atau manusia. Juga kadang – kadang terjadi di tempat – tempat rekreasi yang bertema air mungkin tidak disadari bahwa kegiatan yang dilakukan adalah mubazir air atau membuang – buang air tanpa ada fungsi tertentu.

3/ Karena adanya polusi air

Penyebab ketiha suatu daerah mengalami kelangkaan air bersih adalah karena adanya polusi air. Polusi air bisa menjadi salah satu faktor utama penyebab lahan menjadi kritis sebagai akibat campur tangan manusia dan juga karena alam. Salah satu sumber polusi air yang terbesar adalah muncul karena tercampurnya pestisida serta beragam jenis pupuk lainnya yang hanyut oleh air.

Juga adanya pencemaran air tanah karena limbah industri dan sampah yang secara langsung dibuang ke sungai – sungai tanpa melalui serangkaian proses pengolahan sebelumnya. Faktor lainnya yang erat hubungannya dengan polusi air yaitu minyak yang terkandung di dalam tanah atau pun kebocoran – kebocoran limbah yang memiliki potensi bisa meresap ke dalam tanah.

Apabila kondisi dibiarkan begitu saja maka lama kelamaan bukan tidak mungkin daerah bersangkutan akan mengalami masalah kelangkaan air bersih. Maka dari itu hindarilah melakukan kegiatan apapun yang memiliki potensi menyebabkan pencemaran air.

4/ Yang berhubungan dengan jarak

Ditemukan beberapa daerah baik itu di Indonesia atau di negara – negara lainnya yang memiliki jarak antara daerah bersangkutan dengan air bersih letaknya sangat berjauhan. Rata – rata jarak yang harus mereka tempuh bisa lebih dari 15 km guna memperoleh air bersih yang akan mereka gunakan untuk pemenuhan kebutuhan sehari – hari mereka. Juga akses jalan menuju ke tempat tersebut memiliki kondisi sangat buruk sehingga menyebabkan semakin sulitnya mengumpulkan air bersih. Daerah – daerah yang terkenal jauh dengan akses air bersih adalah daerah terpencil atau pelosok – pelosok desa hingga daerah gurun. Jika kondisinya seperti ini maka yang mereka butuhkan adalah bantuan dari pemerintah supaya bisa memperoleh pasokan air bersih seperti dibuatkan rute tercepat untuk bisa mengakses air yang berada di tempat yang jauh tersebut.

5/ Kondisi kekeringan

Penyebab kelangkaan air bersih yang kelima adalah karena adanya faktor kekeringan. Kekeringan muncul karena pada suatu daerah sedang terjadi kondisi dimana curah hujan jarang sekali turun. Kondisi ini menyebabkan daerah bersangkutan menjadi semakin mengalami penipisan jumlah air yang semakin lama mulai menipis untuk keperluan hidup manusia dan mahkluk hidup lainnya. Bahkan terdapat beberapa daerah yang diberikan label sebagai daerah kering abadi. Sedangkan sebagian lagi ada daerah yang mengalami kekeringan hanya pada waktu – waktu tertentu saja seperti ketika daerah tersebut sedang dilanda musim kemarau. Ini adalah kekeringan yang bisa saja melanda seluruh daerah di dunia. Nah bagaimana cara mengatasinya ? Meskipun tidak begitu banyak cara yang dapat dilakukan tetapi salah satu yang seringkali digunakan sebagai solusi oleh pemerintah adalah dengan membuat hujan buatan yaitu mengguyur atau menuangkan air dalam jumlah besar dari atas.

6/ Yang berhubungan dengan pertanian

Faktor keenam adalah erat hubungannya dengan pertanian dapat menyebabkan kelangkaan air bersih. Mayoritas air tawar dimanfaatkan untuk pertanian dimana sekitar 60 persen air seperti terbuang hanya untuk pemenuhan kebutuhan sektor pertanian yang sifatnya kurang efisien dan juga karena adanya sistem irigasi yang bocor disertai dengan limbah pertanian yang sewaktu – waktu terjadi diantaranya berupa pestisida dan jenis pupuk berbahaya lainnya. Limbah – limbah ini akan tersapu atau hanyut menuju ke sungai atau mengalir ke danau yang selanjutnya menyebabkan ekosistem air di sekitarnya menjadi terganggu. Lama kelamaan kondisi ini jika dibiarkan begitu saja maka akan menyumbangkan pengaruh buruk terhadap populasi manusia dan hewan yaitu mereka bisa mulai kesulitan di dalam memperoleh air bersih.

7/ Yang berhubungan dengan konflik

Mengapa konflik menjadi salah satu penyebab kelangkaan air bersih ? Konflik yang dimaksudkan adalah seperti perebutan lahan. Mungkin anda sering menjumpai sengketa lahan terjadi di suatu daerah dimana kondisi ini akan menyebabkan kesulitan dalam mengakses air di daerah yang sedang mengalami sengketa atau konflik tersebut.

Demikian kami menjelaskan dengan singkat mengenai kelangkaan air bersih yang dirangkum dari berbagai sumber berita. Semoga berguna bagi para pembaca artikel ini.

 

 

 

 

 

Tags Keluarga

About The Author

Kadek Nila Utami 17
Novice

Kadek Nila Utami

Suka membaca dan menulis

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel