Manfaat Alpukat

3 Mar 2021 15:20 621 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Ada banyak jenis buah alpukat di Indonesia dengan cita rasa buah yang rata - rata enak dimakan dalam keadaan segar atau diolah menjadi beragam minuman olahan yang tidak hanya rasanya enak juga mengandung nilai gizi tinggi bagi kesehatan tubuh jika anda mengkonsumsi setiap hari.

Buah alpukat pada umumnya adalah merupakan buah yang memiliki beberapa varietas menyebar di seluruh dunia dan memiliki kemampuan tumbuh di daerah – daerah sub tropis serta tropis dengan bagus. Tanaman ini mempunyai buah yang mirip dengan buah buni dan mempunyai bentuk bulat oval dengan panjang berkisar antara 10 sampai dengan 20 cm.

Buah yang dihasilkan mempunyai warna kehijauan atau kecoklatan dan jingga dengan bercak atau bintik – bintik berwarna keunguan. Saat buah sudah matang maka mempunyai daging yang lunak dengan biji tunggal berwarna putih berbentuk bulat. Daging buah alpukat rata – rata berukuran tebal berwarna kuning tua kehijauan.  

Buah alpukat merupakan salah satu jenis buah yang asalnya dari Amerika tengah dan Meksiko. Tanaman ini diketahui banyak mengandung manfaat yang bagus untuk menjaga kebugaran dan kesehatan tubuh.

Jenis – Jenis Alpukat

Buah alpukat mempunyai beberapa jenis dimana jenis yang diketahui rata – rata cukup terkenal yaitu mempunyai cita rasa daging buah yang gurih dan enak. Beberapa jenis alpukat bisa anda temukan tersebut di bawah ini :

1/ Jenis alpukat mentega

Ini adalah salah satu jenis buah alpukat yang sangat populer di masyarakat di Indonesia. Ciri yang menonjol dari alpukat mentega adalah memiliki warna daging buah yang menyerupai warna mentega. Inilah yang menyebabkan mengapa alpukat ini diberi nama alpukat mentega dimana daging buahnya sangat tebal dan bercita rasa gurih.  

Daging buah alpukat mentega kaya akan kandungan gizi dimana dalam setiap buahnya mengandung vitamin seperti vitamin C, vitamin B6, B12, A, D, K dan E. Juga dalam sebutir buah alpukat mentega mengandung asam lemak tak jenuh, kalsium, magnesium, dan fosfor.

Tanaman alpukat mentega cocok ditanam di dataran rendah, memiliki kandungan enzim antripotease yang menyebabkan ulat daun enggan mendekati pohon ini. Keunggulan lain dari jenis alpukat mentega adalah memiliki sifat adaptif pada pohonnya. Sifat adaptif ini menyebabkan tanaman yang satu ini mampu tumbuh di tempat apap pun dengan subur seperti pekarangan rumah, taman, perkebunan, ladang, area persawahan, hutan, bahkan di pinggir – pinggir jalan bisa ditumbuhi jenis alpukat ini. 

2/ Jenis alpukat kendil

Jika anda mau merasakan buah alpukat berukuran besar maka cobalah jenis alpukat kendil. Rata – rata ukuran buah alpukat kendil adalah besar – besar yang menyerupai kendil. Sama dengan jenis buah alpukat mentega, jenis alpukat yang satu ini cocok ditanam di dataran rendah atau dimana saja dengan kondisi tanah yang subur.  

Memasuki usia tanam 4 atau 5 pohon, tanaman ini akan selalu berbuah setiap tahunnya tanpa mengenal musim. Inilah yang menjadi keunggulan menanam tanaman alpukat jenis kendil. Agar semakin optimal, sebaiknya jenis alpukat ditanam pada ketinggian sekitar 1500 mdpl. Dengan kondisi tanah dipilih yang subur agar hasil panen nanti menjadi optimal. Adapun tanah yang cocok untuk tanaman alpukat kendil adalah tanah yang gembur, tidak tergenang air, dan banyak mengandung bahan organik dalam jumlah yang mencukupi.

3/ Jenis alpukat miki

Berbeda dengan kedua jenis buah alpukat tersebut di atas, alpukat miki bentuknya lebih mungil namun cukup berbobot dimana sebutir buahnya bisa mencapai berat kisaran 400 s/d 600 gram. Di samping itu menyimpan daging buah yang sifatnya unggul dengan tekstur daging yang padat.

Seperti halnya pohon buah alpukat mentega, pohon jenis alpukat mini dibenci oleh ulat. Ini disebabkan karena tekstur kulit pohon alpukat mini yang sangat tebal sehingga sulit untuk ditembus oleh ulat. Jika anda menginginkan pohon alpukat berbuah setiap tahun maka jenis yang satu ini cocok ditanam.

4/ Jenis alpukat wina

Alpukat jenis wina adalah jenis buah alpukat merupakan produksi lokal yang sangat populer di Indonesia. Ciri – cirinya adalah memiliki daging buah yang berwarna kuning bersih, tebal dan tekstur yang padat. Cita rasanya sangat enak yaitu campuran antara rasa gurih dan sedikit manis. Daya tahan buahnya pun sangat kuat dimana setelah dipetik buah alpukat wina mampu bertahan dari kebusukan hingga 15 hari lamanya.

Pohon alpukat jenis wina memiliki daya tahan yang kuat seperti buah yang dihasilkan dengan ciri menonjol yaitu bentuknya yang memanjang, daun berwarna hijau kekuningan dan mempunyai bunga yang bersembunyi.   

5/ Jenis alpukat pluwang / green star

Alpukat jenis pluwang adalah alpukat jumbo yang memiliki buah berukuran super besar. Sebutir buah alpukat ini bisa mencapai berat 2 kg. Ciri khas dari buah alpukat pluwang adalah buahnya melekat pada pohon yang bertangkai sangat pendek. Ini akan memudahkan anda saat memetiknya.

Meskipun sekilas pandang alpukat ini hampir sama dengan jenis alpukat lainnya namun terdapat sedikit perbedaan yaitu jenis alpukat pluwang memiliki kecendrungan lebih cepat menghasilkan buah. Sebatang pohon buah alpukat pluwang sudah mampu berbuah ketika memasuki usia 2 sampai dengan 3 tahun dengan daging buah yang padat dan bercita rasa gurih dan manis.

6/ Jenis alpukat aligator

Alpukat jenis aligator memiliki bentuk yang cukup unik yaitu cendrung lonjong dan nyaris menyerupai buah pepaya. Alpukat ini merupakan jenis buah alpukat yang panjang dimana masing – masing buahnya memiliki panjang bisa mencapai 70 s/d 80 cm.

Dari sisi daging, buah alpukat aligator mempunyai daging buah yang tebal, lembut dan tidak mengandung serat. Cita rasa daging buah juga unik yaitu perpaduan rasa yang gurih, manis dan agak pahit. Juga memiliki aroma yang harum dank has daging buah alpukat jenis aligator.  

7/ Jenis alpukat hass

Alpukat jenis yang satu ini sama uniknya dengan alpukat jenis aligator. Letak keunikannya adalah pada kulit buah yang memiliki warna cokelat kehitaman ketika sudah matang. Inilah yang menjadi perbedaan antara alpukat jenis ini dengan alpukat lainnya yang ketika matang rata – rata berwarna hijau sedikit cokelat. 

Cita rasa buah alpukat jenis hass adalah pulen daging semua jenis buah alpukat. Warna dagingnya pun menarik yaitu perpaduan adantara warna kuning cerah dengan sedikit garis – garis hijau. Namun jenis alpukat hass di pasaran harga jualnya agak mahal.

8/ Jenis alpukat simanis

Sesuai dengan namanya, jenis alpukat yang satu ini memiliki daging buah berasa gurih dan manis. Bentuk buah bulat lonjong dengan warna kulit yaitu hijau dan sangat halus tanpa bintik – bintik. Daging buah berwarna kekuningan bersih dengan tekstur yang tebal dan padat.

Seperti halnya beberapa jenis buah alpukat lainnya, alpukat jenis ini mampu tumbuh dengan subur setiap tahunnya. Sehingga alpukat jenis ini terbanyak dipilih untuk dibudidayakan oleh petani buah di Indonesia. Apabila dikembangkan dengan serius maka dalam satu pohon dari jenis alpukat ini mampu menghasilkan hingga 225 kg per tahunnya.

9/ Jenis alpukat tanpa biji

Ini adalah jenis buah alpukat terunik diantara semua jenis buah alpukat tersebut di atas. Dari namanya saja sudah diketahui keunikan dari buah alpukat yang satu ini. Yaitu tidak memiliki biji dimana alpukat ini penuh dengan daging buah yang super tebal dan sangat padat. Dari sisi rasa, alpukat tanpa biji mempunyai cita rasa gurih, manis dan tekstur buah yang sangat legit.

Pohon alpukat ini mempunyai tempat tumbuh yang cukup fleksibel yaitu paling cocok di dataran tinggi maupun di dataran rendah. Dimana karena tidak mempunyai biji, maka jenis alpukat ini lebih banyak dibudidayakan dengan cara okulasi.

Manfaat Dan Khasiat Buah Alpukat Untuk Kecantikan Wajah

  • Bisa untuk melembabkan kulit tubuh dan wajah karena kandungan vitamin A dan E di dalam daging buah.
  • Bisa untuk memelihara kulit dimana diketahui bahwa daging buah alpukat mengandung antioksidan sebagai sumber alami perawatan kulit anda.
  • Melawan penuaan dini secara alami.
  • Melawan radikal bebas yaitu dengan mengganti sel – sel kulit mati dan membantu meningkatkan kemampuan sel guna menangkal radikal bebas.
  • Eksfoliasi kulit.
  • Mencegah keriput dan terjadinya kerutan pada kulit.
  • Mencerahkan warna kulit.
  • Mengatasi jerawat karena daging buah kaya akan kandungan vitamin A, B, K, dan vitamin E.
  • Meremajakan kulit kepala.

Pengolahan Buah Alpukat

Daging buah alpukat bisa difungsikan sebagai masker untuk perawatan kesehatan kulit wajah. Beragam kandungan di dalam daging buah ini bisa anda manfaatkan untuk kecantikan wajah. Dimana banyak dijumpai produk – produk perawatan kulit yang menggunakan bahan dasar dari buah alpukat.

Manfaat buah alpukat untuk kecantikan sudah diyakini sejak zaman dahulu sehingga tidak mengherankan apabila daging buah alpukat mengandung zat yang memiliki sifat antioksidan yang dipercaya bermanfaat untuk mencegah penuaan kulit.

Cara membuat masker alpukat sangatlah mudah yang bisa diaplikasikan setiap hari. Bisa dicampur dengan bahan – bahan alami lainnya guna perawatan kulit yang tentunya bersifat lebih aman dibandingkan dengan produk yang berbahan kimia. Di bawah ini kami berikan bagaimana cara membuat masker alpukat untuk wajah beserta manfaatnya yaitu sebagai berikut :

Bahan – bahan yang diperlukan adalah sebagai berikut : ½ buah alpukat matang, 1 sendok makan yoghurt murni, ½ sendok teh minyak alpukat yaitu sejenis minyak nabati hasil perasan biji alpukat.  

Cara membuatnya adalah lumatkan daging buah alpukat hingga halus berbentuk pasta dengan memakai blender. Lalu tambahkan minyak alpukat dan yoghurt, aduk – aduk rata hingga tercampur rata.

Cara pemakaian adalah : terlebih dahulu bersihkan area wajah dan leher lalu ikat rambut dengan rapid an gunakan bando agar rambut tidak mengganggu area wajah. Keringkan wajah dengan memakai handuk bersih, lalu mulai mengoleskan masker alpukat dengan memakai kuas. Selanjutnya diamkan selama 20 menit.

Celupkan handuk bersih ke dalam wadah yang berisikan air hangat – hangat kuku, peras hingga tidak ada air dan gunakan handuk ini untuk membersihkan masker. Lakukan hingga tersisa lapisan tipis masker berupa minyak alpukat. Pijat – pijat wajah secara perlahan – lahan dengan sisa masker yang masih melekat di kulit wajah. Bersihkan sekali lagi secara keseluruhan dengan memakai handuk basah oleh air hangat. Selesai memakai masker, anda bisa melanjutkan perawatan kulit dengan memoleskan toner ringan atau pelembab.

Masker Alpukat Dan Manfaatnya

  • Meringankan gatal – gatal pada kulit.
  • Membantu mempercepat penyembuhan luka.
  • Membantu melembabkan kulit dan mengatasi kulit kering dan pecah – pecah.
  • Melindungi kulit dari terkena sinar UV dan kerusakan kulit dari teringan atau yang parah sekalipun.
  • Antioksidan di dalam masker buah alpukat membantu menghindarkan penuaan dini pada kulit wajah dan leher.

Demikian kami menjelaskan dengan singkat mengenai manfaat alpukat yang kami rangkum dari berbagai sumber berita. Semoga berguna.

Tags Kesehatan

About The Author

Kadek Nila Utami 17
Novice

Kadek Nila Utami

Suka membaca dan menulis

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel