Karakter Yang Mencerminkan Kecerdasan Emosional

17 Feb 2021 13:30 391 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Apakah anda mengetahui bahwa emosi yang paling banyak dicari oleh orang – orang adalah kebahagiaan. Satu hal yang tidak bisa anda hindari yaitu yang berhubungan dengan kecerdasan emosional seseorang akan tercermin dari karakternya. Ini akan mampu meraih kebahagiaan jika anda bisa menghargai hal – hal yang anda lalui saat ini. 

Apakah anda mengetahui bahwa emosi yang paling banyak dicari oleh orang – orang adalah kebahagiaan. Satu hal yang tidak bisa anda hindari yaitu yang berhubungan dengan kecerdasan emosional seseorang akan tercermin dari karakternya. Ini akan mampu meraih kebahagiaan jika anda bisa menghargai hal – hal yang anda lalui saat ini. 

Namun apakah anda mengetahui bahwa hanya sekelompok orang – orang tertentu saja yang mampu memiliki emosi yang kuat dan sehat bisa mencapai sebuah kebahagiaan yang sejati ? Seseorang yang memiliki mental tangguh dan berkarakter kuat selalu dapat memahami bahwa emosi merupakan sebuah roda kemudi terhadap kehidupan yang menuju kebahagiaan. Emosi mampu menggerakkan seseorang guna mengambil keputusan terbaik di dalam hidupnya. Maka dari itu kekuatan emosional adalah hal terpenting untuk dipelihara.

Beberapa karakter tersebut di bawah ini adalah mencerminkan kecerdasan emosional bisa anda tiru dan aplikasikan dalam kehidupan sehari – hari, antara lain sebagai berikut :

  1. Memiliki rasa percaya diri yang tinggi.
  2. Mempunyai sikap yang fleksibel.
  3. Mempunyai visi dan misi ke masa depan.
  4. Bersikap jujur terhadap diri sendiri.
  5. Menyimpan keyakinan di dalam dirinya melampaui keyakinan orang lain.
  6. Bersikap dewasa di dalam menghadapi masa – masa sulit.
  7. Mampu membedakan mana yang baik dan mana yang buruk.
  1. Menjadi diri sendiri dan apa adanya.
  2. Selalu siap sedia.
  3. Perduli dengan diri sendiri.
  4. Selalu menghargai waktu.
  5. Mampu mengenali keterbatasan diri.
  6. Mempunyai rasa empati.
  7. Memiliki sikap independen.
  8. Mampu menciptakan kebahagiaan untuk diri sendiri.

Cara Melatih Kesehatan Mental

Tidak ada seorang pun yang akan menolak untuk hal – hal yang berhubungan dengan kebaikan. Namun faktanya adalah kondisi ini agak sulit untuk ditemukan apalagi ketika kondisi sosial sudah tergantikan oleh media sosial. Tak jarang terdengar keluhan – keluhan di dalam hati anda bahwa anda sebenarnya tidak lebih baik lalu untuk apa anda melakukannya ? 

Anda tidak merasa menjadi lebih baik tentang diri maupun kehidupan apabila pikiran anda sedang galau. Namun terlepas dari hal – hal yang sedang dipikirkan dengan serius, tersebut di bawah ini ada 6 hal yang disarankan untuk dilaksanakan setiap hari agar bisa menghadapi hari – hari yang dilalui dengan ketenangan, kekuatan dan mengetahui bahwa anda mempunyai kemampuan untuk bisa mengambil tindakan nyata guna mengatasi pikiran – pikiran yang terlampau berat dan agak mengganggu.

  • Hubungi seorang teman dan satu anggota keluarga.
  • Selalu mengembangkan sikap – sikap bersyukur.
  • Take action yaitu memperhatikan tindakan – tindakan kebaikan.
  • Melakukan latihan kebugaran yang anda senangi seperti sebuah hobi selama 20 menit.
  • Membaca objek yang menyenangkan dengan suara lantang selama tiga menit.
  • Usahakan membaca sebuah cerita fiksi sebelum tidur.

Nah demikian kami menjelaskan dengan singkat mengenai karakter yang mencerminkan kecerdasan emosional yang kami rangkum dari berbagai sumber berita. Bisa anda perhatikan dan terapkan dalam kehidupan sehari – hari sehingga bermanfaat.

 

Tags Keluarga

About The Author

Utamii 37
Ordinary

Utamii

Suka membaca dan menulis

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel