5 Cara Belajar Bahasa Inggris yang Asik dan Efektif

10 Feb 2021 10:40 308 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Kata siapa belajar bahasa Inggris itu sulit?

Belajar bahasa Inggris bukanlah hal yang menakutkan untuk dipelajari. Saat ini, bahasa Inggris sudah jadi bahasa yang wajib kamu kuasai agar memiliki pertemanan yang luas dan beragam. Tapi…ada nggak ya trik belajar bahasa Inggris yang bisa diterapkan dengan mudah, cepat, dan tentunya menyenangkan? Jawabannya, tentu ada dong! Karena pada dasarnya, semua hal itu memiliki cara pembelajaran yang menyenangkan. Sama halnya dengan bahasa Inggris, kalau kamu bisa mencari hal-hal yang membuat kita senang dengan bahasa Inggris, maka secara otomatis kamu akan sangat mudah mempelajarinya.

Nggak ada kata terlambat dan nggak perlu malu untuk mempelajari dan mengasahnya sampai kamu lancar berbahasa Inggris. Yuk, dimulai dari sekarang, saya akan berbagi 6 cara belajar bahasa Inggris yang efektif dan efisien untuk kamu!

5 Cara Belajar Bahasa Inggris yang Asik dan Efektif

Belajar melalui games

Kalau kamu merasa belum berhasil menguasai bahasa Inggris walaupun sudah mencoba berbagai usaha, jangan putus asa dulu. Ada cara untuk bisa lancar berbahasa Inggris salah satunya dengan bermain game. Yes, dengan bermain game maka seolah-olah kamu sedang menghilangkan penat dan menimbulkan kesenangan. Isi dalam game berupa perintah, petunjuk, dan pengaturan dalam game secara tidak langsung memaksa kita untuk bisa menguasai bahasa Inggris. Kamu bisa mencoba game ini untuk memperkaya vocabulary, seperti Pictionary, Scrabble, dan Apples to Apples.

Belajar dengan lagu

Banyak yang mengakui kalau cara ini paling efektif untuk belajar bahasa Inggris. Bener banget, banyaknya lagu-lagu berbahasa Inggris tentu akan membawa kesenangan sendiri karena kamu akan lebih mudah menghafal dan mengingat kosakatanya, bahkan tahu arti kandungan dalam lagu tersebut.

Ajak teman diskusi bersama

Cara belajar bahasa Inggris yang efektif dan efisien lainnya adalah dengan diskusi alias ngobrol. Ajak temanmu untuk berdiskusi dengan bahasa Inggris dan mulailah rutin menggunakan bahasa Inggris setiap kali bertemu. Selain bercakap-cakap, kamu juga bisa melatih kemampuan writing dengan chat di handphone menggunakan bahasa Inggris.

Belajar melalui film tanpa subtitle

Hayo, siapa yang kalau menonton film masih menggunakan subtitle? Mulai sekarang, jangan aktifkan subtitle Indonesia yaa. Karena dengan subtitle Inggris kamu akan lebih konsentrasi dan berusaha mengerti jalan cerita film karena kamu harus benar-benar mendengarkan apa yang dikatakan setiap tokoh dalam film.

Belajar melalui Youtube

Setuju nggak kalau video-video yang ada di Youtube bisa banget untuk melatihmu berbahasa Inggris, mulai dari video lucu, berita, olahraga, sampai standup comedy. Di Youtube juga menyediakan semacam toolbar subtitle yang sangat membantu kamu untuk belajar bahasa Inggris senyaman mungkin. Kamu bisa mengasah berbagai skill mulai dari speaking, listening, bahkan reading hanya dari Youtube ini. Menyenangkan banget, kan?

Nah, metode pembelajaran tersebut bisa menjadi alternatif terbaik selain mengikuti kursus bahasa inggris online ya! Dari kelima cara di atas, mulailah untuk mengubah kebiasaanmu mengikuti semua hal di atas dan usahakan konsisten mempelajari secara tetap sampai kamu benar-benar bisa. Jadi, kalau memang kamu memiliki keinginan kuat untuk bisa berbahasa Inggris jangan malas belajar dengan siapapun, dimanapun, dan dalam kondisi apapun.

Tags

About The Author

Nando Rifky 24
Novice

Nando Rifky

Profesional Blogger of Indonesia - Jasa Backlink Media Nasional Murah & Terpercaya!

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel