Manfaat Buah Naga

10 Feb 2021 10:45 967 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Buah naga merupakan salah satu jenis buah yang dikenal karena memiliki bentuk buah yang eksotik dan didukung oleh rasa daging buah yang manis – manis segar. Memiliki banyak manfaat untuk menjaga kesehatan tubuh dan bisa dimakan dalam kondisi segar atau diolah menjadi beragam minuman atau makanan yang enak.

Buah naga adalah salah satu jenis buah yang pertama kali ditemukan di Amerika tengah dan selatan namun saat ini mampu tumbuh dengan subur dan secara komersial diperdagangkan ke seluruh dunia termasuk negara Indonesia. Sejauh ini di Indonesia hanya dikenal 3 spesies buah naga yang berbeda – beda namun sejumlah besar hibrida dari ketiga jenis tersebut jumlahnya tak terbatas.

Mengenal Jenis – Jenis Buah Naga

Pada umumnya varietas buah naga dibagi berdasarkan atas warna daging dan kulitnya yaitu daging putih kulit merah muda, daging merah muda atau merah dengan warna kulit yang sama dan daging putih dengan kulit kuning. Mari dibaca ulasan lengkap dari kami tersebut di bawah ini.

1/ Jenis buah naga putih

Jenis yang satu ini adalah buah naga yang terumum diketahui. Dikenal dengan sebutan buah naga putih. Ciri yang menonjol adalah daging buah memiliki warna putih dengan kulitnya mempunyai warna merah. Jenis ini disebut dengan istilah hylocereus undatus. Rasa dagingnya cenderung hambar / agak manis dibandingkan dengan buah naga dengan daging berwarna merah atau daging merah muda.

Jenis buah naga putih mempunyai banyak hibrid seperti yang dijual dengan nama alice, cosmic charlie, david bowe, guyute, harpua, L A woman, neitzel, seoul kitchen, thompson, dan jaina vietnam. Kalau anda menjumpai nama – nama tersebut artinya anda sedang membeli buah naga putih.

2/ Jenis buah naga merah

Red dragon fruit atau buah naga merah adalah varietas kedua yang umum dikenal di Indonesia selain jenis buah naga putih tersebut di atas. Jenis ini mempunyai kulit merah muda, atau kulit dan daging selain warna putih yang disebut dengan istilah hylocereus polyrhizus.

Sekilas pandang buah naga merah hampir mirip dengan buah naga putih namun ada sedikit perbedaan jika diamati dengan teliti yaitu buah naga ini mempunyai kulit warna merah muda / magenta. Dagingnya cerah berwarna merah yang merupakan hasil dari senyawa yang disebut betacyanin yaitu sejenis pigmen yang sama terkandung di dalam buah bit atau buah prickly pear.

Daging buah yang satu ini rasanya manis – manis asam dan jika panen sukses maka bisa menghasilkan buah yang berukuran jumbo. Varietas buah naga merah banyak dikawin silangkan sehingga menghasilkan buah naga baru dari jenis ini bernama bloody mary, red jania, voodoo child dan zamorano.

3/ Jenis buah naga kuning

Yellow dragon fruit atau hylocereus megalanthus merupakan varietas terakhir dari buah naga dimana rata – rata ketika panen menghasilkan buah dalam ukuran yang sedang – sedang saja dengan cita rasa daging buah yang manis. Ini merupakan spesies kaktus yang termasuk ke dalam kelompok genus hylocereus. Kaktus jenis ini adalah tanaman asli dari Amerika selatan bagian utara dimana menghasilkan buah yang berwarna kuning yang dapat dikonsumsi sebagai buah meja.

Khasiat Dan Manfaat Dari Buah Naga

Di bawah ini kami berikan beberapa khasiat dan manfaat dari buah naga antara lain sebagai berikut :

·Sebagai media untuk membantu mengurangi berat tubuh.

·Sebagai camilan sehat untuk anda yang sedang melakukan diet sehat.

·Membantu melakukan proses detoksifikasi.

·Mampu mencegah anda terkena sakit kanker.

·Membantu mencegah terjadinya diabetes mellitus karena daging buah bisa membunuh sel – sel jahat yang terbentuk karena adanya pola hidup disertai pola makan yang kurang teratur.

·Mencegah terjadinya tekanan darah tinggi dan serangan jantung.

·Dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

·Bisa untuk meningkatkan nafsu makan.

·Membantu membersihkan masalah pencernaan.

·Menunda penuaan dini.

·Membantu meringankan sakit batuk dan asma.

·Membantu dan menjaga pertumbuhan dan kesehatan tulang.

·Melancarkan peredaran darah.

Pengolahan Buah Naga

Tidak seseram namanya, buah naga banyak menyimpan manfaat untuk menjaga kesehatan tubuh manusia seperti yang telah kami sebutkan di atas. Banyak yang menggemari buah yang satu ini karena bentuknya eksotik dengan cita rasa buah yang manis dimana mengkonsumsi buah naga bisa dilakukan dengan beragam cara selain dimakan secara langsung sebagai buah meja bisa juga diolah menjadi makanan atau minuman yang enak. Berikut di bawah ini kami berikan beberapa olahan buah naga yang cukup populer di Indonesia.

1/ Menjadi jus buah naga

Minuman yang satu ini mampu menyegarkan sekaligus menyehatkan anda yang mengkonsumsinya dengan teratur. Mengolah menjadi jus adalah cara yang paling mudah. Apabila memakai juicer maka cukup dengan memasukkan potongan – potongan buah naga ke dalam wadah juicer lalu membiarkan juicer bekerja untuk memeras sari buah naga. Namun jika anda memilih memakai blender, masukkan potongan buah naga ke dalam wadah blender dan tambahkan secukupnya saja air kemudian diblender hingga halus. Bisa diberi bahan penyedap yang sehat seperti madu dan perasan jeruk lemon. Bersama dengan es batu maka jus buah naga yang manis dan sehat siap dinikmati.

2/ Menjadikan salad buah naga  

Bahan – bahan yang dibutuhkan adalah buah naga yang dipotong – potong menjadi dadu dengan tambahan dressing salad berupa campuran susu kental manis, greek yogurt, mayonaise, dan keju parut atau jika tidak ingin repot, anda bisa secara langsung menambahkan dressing salad yang siap pakai, banyak dijual di toko – toko makanan atau mall – mall. Agar rasa salad menjadi lebih enak maka tambahkan isi salad lebih bervariasi dengan buah apel, anggur, stroberi, pir atau buah – buahan lainnya.

3/ Membuat smoothie bowl buah naga

Hampir sama dengan membuat segelas jus buah naga, smoothie bowl buah naga mudah membuat di rumah. Yang membedakannya dengan jus adalah tekstur dimana kalau jus sifatnya cair karena hanya diambil air berupa sari buah atau sayur – sayuran segar sedangkan smoothie sifatnya lebih kental karena biasanya dicampurkan dengan bahan – bahan lainnya.

Cara membuat smoothie bowl buah naga adalah dengan memblender buah naga bersama – sama dengan buah nanas manis yang diberi secukupnya yogurt greek dan madu. Tuang hasil blender ke dalam mangkok saji lalu bisa diberi topping berupa potongan buah pisang, potongan buah stroberi, granola, chia seed, atau topping lain yang disukai.

4/ Membuat pancake buah naga

Bahan – bahan yang diperlukan adalah tepung, fermipan, soda kue, telur ayam, gula pasir, mentega dan buah naga yang sudah dibentuk menjadi pasta (dihaluskan). Semua bahan dicampurkan hingga merata dan tidak ada gumpalan. Diamkan sebentar. Panaskan teflon, selanjutnya tuang adonan sedikit demi sedikit sambil dimasak dengan memakai api kecil. Tunggu sampai muncul gelembung – gelembung kecil pada permukaan kue yang artinya kue sudah matang. Angkat. Setelah semua adonan dimasak, cara penyajiannya adalah dengan menambahkan topping madu atau jenis topping lainnya yang anda suka.

5/ Membuat selai dari buah naga 

Bahan – bahan yang diperlukan adalah buah naga yang sudah dipotong – potong, gula pasir, jeruk nipis, dan sedikit garam. Campur semua bahan dengan dimasak memakai api kecil hingga air dari buah naga menyusut. Tetap aduk – aduk terus sampai mengental. Tujuan diaduk adalah agar adonan jangan sampai gosong. Jika terlihat sudah mulai mengental maka dinginkan terlebih dahulu baru dimasukkan ke dalam toples kedap udara. Untuk lebih awet simpan selai di dalam kulkas.

6/ Puding buah naga

Puding merupakan salah satu dessert yang menjadi favorit untuk disajikan buat keluarga di rumah. Dikenal banyak sekali jenis puding yang bisa dibuat, salah satunya adalah puding enak yang menyegarkan yaitu puding buah naga.

Cara membuatnya sama saja dengan puding pada umumnya hanya saja ditambahkan dengan buah naga yang sebelumnya telah dihaluskan dengan blender terlebih dahulu. Lalu masak dengan mendidih hingga matang. Dinginkan untuk mendapatkan tekstur puding yang padat. Taruh di dalam kulkas agar saat dimakan rasa puding lebih enak dalam kondisi dingin.

7/ Es krim buah naga yang lezat

Cara membuat es krim dari buah naga sangatlah mudah. Blender buah naga yang sudah dipotong kotak – kotak lalu campurkan dengan susu kental manis kemudian masukkan whipcream kocok, susu bubuk, dan es serut. Campur semua bahan dengan buah naga yang sudah diblender hingga merata. Selanjutnya tuangkan adonan ke dalam wadah bersih lalu ditutup rapat dan simpan dalam freezer hingga es benar – benar membeku.

8/ Keripik buah naga 

Bahan – bahan yang diperlukan adalah buah naga yang masih mengkal. Cuci dengan bersih lalu kupas kulit luarnya saja untuk selanjutnya diiris tipis – tipis berukuran 0,5 cm. Letakkan irisan buah naga ke dalam loyang yang sebelumnya telah dilapisi dengan kertas lilin. Masukkan ke dalam oven dengan memakai suhu sekitar 80 s/d 95 derajat C. Karena kandungan buah naga cukup banyak maka harus dipanggang selama kurang lebih 12 jam atau hingga benar – benar menjadi kering. Camilan ringan ini cocok dikonsumsi oleh mereka yang sedang melakukan diet sehat.

Buah naga merupakan salah satu jenis buah yang dikenal karena memiliki bentuk buah yang eksotik dan didukung oleh rasa daging buah yang manis – manis segar. Memiliki banyak manfaat untuk menjaga kesehatan tubuh dan bisa dimakan dalam kondisi segar atau diolah menjadi beragam minuman atau makanan yang enak.

Demikian kami menjelaskan dengan singkat mengenai manfaat buah naga. Semoga berguna.

 

 

Tags Kesehatan

About The Author

Utamii 67
Expert

Utamii

Suka membaca dan menulis
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel