Mengenal Acara Tea Afternoon

8 Feb 2021 16:30 227 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Acara tea afternoon pertama kali diciptakan di Inggris dimana selanjutnya mengalami perkembangan yang lebih modern yaitu dengan banyak diikuti oleh wanita di seluruh dunia. Tea afternoon menjadi semacam gaya hidup tentang kegiatan minum teh di waktu sore hari dengan ditemani beragam kudapan yang bercita rasa manis.

Ada bermacam – macam jenis teh dapat dinikmati untuk acara tea afternoon. Ini merupakan pilihan utama ketika menikmati jamuan khas barat. Dimana masing – masing orang mempunyai salah satu jenis teh favorit mereka guna dinikmati dalam acara tersebut bersama dengan anggota keluarga atau tetangga dan teman – teman terdekat.   

 

Asal Mula Acara Tea Afternoon

Sejak jaman dahulu warga Inggris dikenal sebagai penggemar berat minuman teh. Dari sini selanjutnya muncul sebuah tradisi yaitu minum teh pada waktu sore hari yang dikenal dengan istilah tea afternoon. Ciri khas tradisi ini adalah teh disajikan bersama – sama dengan aneka camilan ringan seperti sandwich, scones, cakes, atau kue – kue kering yang disusun dalam nampan – nampan cantik berlapis tinggi atau three tier. Untuk kelompok anak – anak kadang – kadang diberi tambahan camilan berupa es krim dan beragam permen. Tradisi tea afternoon adalah menjadi ajang pertemuan dan bersosialisasi diantara jam makan siang dan makan malam untuk sekedar mengganjal perut.

Sesuai dengan namanya, afternoon tea biasa dilakukan setiap menjelang sore yaitu rata – rata sekitar pukul empat. Dimana seiring dengan kemajuan zaman maka tradisi afternoon tea menjadi semakin terkenal dan sangat berkelas terutama ketika memasuki awal abad ke – 19. Tea afternoon modern tak lepas dari asal mula kemunculannya yaitu sekitar awal tahun 1800, para wanita Inggris dalam kondisi menderita, dimana hidup mereka saat itu hanya memiliki makan besar dilakukan dua kali dalam sehari yaitu saat sarapan pagi dan makan malam. Seharian mereka dalam kondisi lemas dan kelaparan. Juga terjadi di dalam istana kerajaan dimana Ratu Anna tinggal, waktu itu beliau adalah permaisuri generasi ke - 7 di Kerajaan Bradford, Inggris. Tetapi ini tidak berlangsung lama karena beliau memiliki cara untuk menyiasati rasa lapar yang muncul.  

Ratu Anna menyuruh pembantu pribadinya untuk menyediakan minuman teh dan beberapa jenis kue pada waktu sore hari. Acara minum teh dan makan kue ini beliau lakukan di kamar tidurnya. Seiring berjalannya waktu, melalui pembantu pribadi Ratu Anna menyebarkan kebiasaan baru beliau yang diikuti oleh masing – masing wanita di Inggris melakukan hal yang sama. Maka jadilah tradisi di waktu sore hari tersebut dilakukan secara turun – temurun hingga saat ini, meskipun jam makan sudah mulai diterapkan tiga kali dalam sehari.

Karena pada awalnya tea afternoon dilakukan oleh seorang permaisuri, maka jadilah ini sebuah tradisi mewah yang sekarang ini cukup menguras uang untuk menyediakan beragam camilan yang rata – rata berharga mahal. Bagi warga Inggris, tea afternoon dilakukan secara serempak pada waktu ada perayaan – perayaan tertentu termasuk di dalamnya adalah acara ulang tahun dan pernikahan.

Tea afternoon cenderung menonjolkan urusan gaya hidup dimana segala sesuatu tampil begitu elegan. Seperti pada peralatan minum teh berupa seperangkat cangkir dan tempat teh hingga ke taplak meja yang dipakai.

Pada zaman dahulu warga Inggris melakukan kebiasaan minum black tea (teh hitam atau teh merah). Mereka menyediakan gula dan susu dimana ketika memasukkan gula ke dalam cangkir agar tercampur dengan teh harus memiliki aturan mengaduk yang mengikuti gerakan – gerakan tertentu. Yaitu arah back dan forward / arah depan belakang. Diikuti dengan etika lainnya yaitu sikap duduk harus tegak, selanjutnya mengenai penataan cangkir dan tatakannya / saucer harus tetap di meja ketika cangkirnya diangkat. Sementara sendok pengaduk diletakkan di belakang tatakan. Untuk kantung teh yang sudah terseduh selanjutnya diletakkan pada tempat yang sudah tersedia. Ini bertujuan agar taplak meja cantik tetap dalam kondisi bersih.  

 

Jenis – Jenis Teh Paling Sering Dinikmati Ketika Melakukan Tea Afternoon

Berikut di bawah ini kami berikan beberapa jenis teh yang populer digunakan ketika sedang melakukan acara tea afternoon antara lain sebagai berikut :

1/ Teh jenis earl grey

Adalah salah satu jenis teh hitam yang terpopuler di dunia. Bahan – bahan yang dipakai adalah teh dengan lemon dan bergamot. Mengeluarkan aroma harum dan segar seperti citrus yang wangi. Di dalamnya ada paduan rasa manis, asam, dan sedikit pahit yang berasal dari seduhan teh. Jenis teh ini bisa untuk meningkatkan mood yang meminumnya. Pas dinikmati bersama dengan camilan seperti scone atau biskuit. 

2/ Teh jenis assam

Nah sesuai dengan namanya, jenis teh hitam yang satu ini berasal dari pegunungan Assam di India. Dikenal sebagai minuman teh yang bercita rasa kuat dengan aroma malt. Warga Inggirs menikmati teh ini dengan menambahkan susu dan gula ke dalamnya. Tepat disajikan dengan kudapan bercita rasa manis seperti tea sandwich atau quiche.

3/ Teh jenis ceylon

Ceylon tea adalah salah satu dari beberapa jenis minuman yang terdiri dari campuran antara teh putih, hijau, oolong dan teh hitam. Populer dengan sebutan sri lanka black tea merupakan jenis teh terpopuler ketiga di dunia untuk acara tea afternoon. Yang termasuk ke dalam jenis ini antara lain orange pekoe, nuwara eliva, uva dan dimbulla. Enak dipadukan dengan susu dan gula.

4/ Teh jenis darjeeling

Ini adalah salah satu jenis teh hitam keempat yang banyak memiliki penggemar. Asalnya dari Darjeeling di India, teh ini merupakan jodoh dari beragam kudapan bercita rasa manis dan lembut. Teh darjeeling memiliki banyak variasi sesuai dengan musim panennya seperti darjeeling first flush yang dipetik saat sedang musim semi dengan rasa lebih floral atau mirip dengan teh hijau dan darjeeling second flush dipetik saat musim panas bercita rasa lebih fruity.

5/ Teh jenis chamomile  

Adalah salah satu pilihan teh yang bebas kandungan kafein. Minuman ini diracik dari kumpulan bunga kering chamomile yang bercita rasa floral menyerupai rasa buah apel. Paling enak dipadukan dengan camilan manis seperti scone atau cake dengan topping buah – buahan segar.

Bahan Pelengkap Tea Afternoon

Dikenal ada empat jenis makanan pendamping minum teh untuk acara tea afternoon yang biasa dinikmati oleh warga masyarakat Inggris antara lain sebagai berikut :

1/ Cream tea

Merupakan istilah minum teh dimana dalam tata penyajiannya biasa didampingi dengan ragam kue seperti scone, clotted cream dan selai. Adapun teh yang biasa dipakai adalah sejenis teh hitam yang dicampur dengan cream dimana penambahan camilan berupa kue atau makanan pendamping lainnya menjadikan teh ini disebut dengan istilah cream tea.

2/ Strawberry tea

Acara tea afternoon yang satu ini biasa dilakukan dengan menambahkan buah - buahan segar yang memiliki warna merah pada tata penyajian yang selanjutnya dikenal dengan sebutan minum teh berganti menjadi strawberry tea. Pada beberapa strawberry tea modern saat ini, makanan yang disajikan sebagai pendamping adalah berupa kue strawberry.

3/ Light tea

Ragam makanan pendamping minum teh dalam hal ini cenderung berupa camilan berat seperti sponge cake, cup cake, dan trifle yang diberi tambahan rasa pemanis melalui topping whipped cream atau selai merupakan salah satu jenis makanan yang umum disajikan untuk light tea ini.

4/ Full tea

Sama halnya dengan light tea tersebut di atas, hanya saja di sini terdapat sedikit perbedaan yaitu pada kudapan yang disajikan bersifat lebih berat dari light tea karena kudapan yang disajikan adalah makanan seperti sandwich, soup, cracker atau kue – kue dari keju dan tambahan camilan manis lainnya.

 

Ragam Pasta Untuk Full Tea

Yang dimaksud dengan pasta dalam hal ini merupakan kuliner yang jumlahnya sangat beragam jenis. Pasta menyuguhkan beragam bentuk mulai dari spaghetti, fettucini, atau lasagna. Saat ini pasta mengalami perkembangan yang cukup modern yaitu dengan menciptakan jenis pasta mempunyai isi. Berbeda dengan kebanyakan pasta yang diberi tambahan penyedap berupa saos atau ditumis dengan bermacam – macam bumbu, pasta isi adalah variasi pasta yang diberi isian terlebih dahulu baru dimasak. Nah ingin mengetahui jenis pasta isi yang populer untuk acara full tea (tea afternoon), simak penjelasan dari kami tersebut di bawah ini.

1/ Pasta canelloni

Di dalam Bahasa Italia canelloni memiliki arti tongkat besar. Memiliki bentuk seperti tabung besar dimana pada bagian tengahnya diisi dengan cincangan sayur bayam dan berbagai jenis daging. Canelloni umumnya dimasak dengan cara dipanggang dimana sebelum dipanggang pasta ini disirami dengan saos tomat atau béchamel terlebih dahulu.

2/ Conchiglioni

Dalam Bahasa Italia dan Bahasa Inggris, conchiglioni mengandung arti sebuah kerang. Nah pasta yang satu ini bentuknya menyerupai kerang besar dimana di bagian dalamnya berisikan cincangan daun bayam dan parutan keju ricotta. Conchiglioni biasa disajikan dengan siraman saos tomat. Dikenal banyak varian pasti jenis ini seperti varian merah yang dibuat dari ekstrak buah tomat segar, hijau yang terbuat dari sayur bayam atau hitam dibuat dari cumi – cumi diambil bagian tintanya. 

3/ Ravioli

Secara garis besar ravioli mempunyai bentuk persegi ukuran sedang yaitu 3 x 3 cm dengan pinggiran dibuat bergerigi dan pada bagian tengahnya mengembung karena berisi isian. Sekilas pandang menyerupai bantal tidur mini yang cantik. Isi ravioli berupa keju, daging cincang, beragam sayuran atau campuran semua bahan – bahan tersebut. Pasta jenis ini disajikan segar dengan siraman saos sambal di atasnya.

4/ Tortellini

Tortellini adalah pasta paling akhir yang merupakan pasta berukuran kecil – kecil memiliki bentuk cincin atau pusar. Nama lain dari pasta ini adalah umbellico dimana penyajiannya dengan cara diberi isian campuran daging atau keju dan diberi tambahan kuah atau saos pasta.

Acara tea afternoon pertama kali diciptakan di Inggris dimana selanjutnya mengalami perkembangan yang lebih modern yaitu dengan banyak diikuti oleh wanita di seluruh dunia. Tea afternoon menjadi semacam gaya hidup tentang kegiatan minum teh di waktu sore hari dengan ditemani beragam kudapan yang bercita rasa manis.

Demikian kami menjelaskan dengan singkat mengenai mengenal acara tea afternoon. Semoga berguna.

 

 

Tags Keluarga

About The Author

Kadek Nila Utami 21
Novice

Kadek Nila Utami

Suka membaca dan menulis

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel