Manfaat Tebu

9 Feb 2021 08:30 122 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Tebu adalah salah satu tanaman yang memiliki multi fungsi dan manfaat yang dapat dikembangbiakkan dalam skala besar oleh petani di ladang maupun ditanam di halaman rumah sebagai tanaman hias asalkan anda rajin menjaga dan merawatnya.

Tanaman tebu sangat cocok dibudidayakan pada daerah – daerah tropis seperti di Indonesia. Tebu bisa diolah menjadi beragam kebutuhan bahan pokok masyarakat seperti tebu bermanfaat menjadi salah satu bahan baku utama untuk membuat gula putih atau gula pasir. Juga air tebu sangat enak diolah menjadi minuman sari tebu yaitu salah satu jenis minuman perasan dari batang tebu yang sekarang sedang populer disukai dimana – mana. Minuman sari tebu bercita rasa khas yaitu sedikit manis dan mengeluarkan aroma harum sangat pas membasahi tenggorokan anda yang sedang kehausan (apalagi diminum di waktu siang hari). Maka dari itu minuman sari tebu banyak disukai dari anak – anak hingga orang dewasa.

Jenis – Jenis Tebu

Tersebut di bawah ini kami berikan beberapa jenis tebu yang dikenal di Indonesia antara lain sebagai berikut :

1/ Jenis tebu kuning

Tebu kuning populer dengan istilah tebu morris. Memiliki beberapa ciri yang mudah untuk dikenali yaitu mempunyai kulit luar yang keras dengan ruas yang berukuran panjang.  Air yang dihasilkan dari jenis tebu kuning adalah hijau gelap dan agak keruh serta bercita rasa manis.

Tebu kuning asalnya dari Asia Tenggara dimana di Indonesia jenis tebu yang satu ini terbanyak dijumpai untuk dibudidayakan dalam skala besar. Inilah yang menyebabkan nilai jual tebu kuning sangat mahal sehingga banyak dijumpai petani di Indonesia menanamnya untuk tujuan komersil.

Tebu yang ditanam dalam skala besar ketika panen akan disetorkan ke berbagai industri seperti industri gula, industri minuman, industri pangan, dan lain sebagainya. Air tebu nantinya akan difungsikan sebagai media untuk meningkatkan cita rasa beragam jenis masakan yang dikemas dalam berbagai produk.

2/ Jenis tebu telur

Jenis tebu telur memiliki ciri khas yaitu bentuknya menyerupai telur dengan kulit yang sangat lembut dan mempunyai ruas berukuran pendek. Warna air perasan tebu telur adalah hijau muda agak bening dengan rasa yang manis segar. Pada tebu jenis ini tidak dijumpai pucuk batang atau miang dimana bagian daun tebu banyak dimanfaatkan seperti kayu bakar yaitu sebagai bahan bakar.

3/ Jenis tebu hitam

Tebu hitam dikenal juga dengan nama tebu ireng. Memiliki batang berwarna ungu gelap dan sebagian lagi berwarna dongker dan merah tua. Warna air perasan tebu ireng adalah cokelat dan gelap dengan rasa yang manis segar namun agak hambar. Dari faktor ukuran batang, diameter batang tebu hitam adalah paling kecil diantara jenis tebu lainnya.

 

Manfaat Dari Tebu

Tebu adalah salah satu tanaman yang memiliki banyak manfaat untuk kehidupan manusia. Mulai dari segi kesehatan, sisi industri, konsumsi rumah tangga dan lain sebagainya. Semua bisa ditemukan dan diolah dari batang tebu. Untuk lebih detailnya maka tersebut di bawah ini kami berikan beberapa manfaat yang bisa dikumpulkan dari sebatang tebu.

Manfaat untuk kesehatan tubuh manusia antara lain sebagai berikut :

1/ Bisa untuk menyembuhkan beragam jenis penyakit seperti mengobati sakit kuning karena air tebu mampu memberikan kekuatan pada bagian hati yang lemah karena terserang sakit kuning.

2/ Membantu menjalankan fungsi ginjal dengan normal.

3/ Air tebu bisa membantu mencegah munculnya beragam penyakit seperti sakit tenggorokan atau flu.

4/ Sifat – sifat alkali di dalam air tebu bagus untuk mencegah munculnya kanker dan prostat.

5/ Sebagai media untuk menjaga kesehatan gigi. Air tebu bisa dipakai untuk memelihara kekuatan gigi dan kesehatan gusi.

6/ Untuk menjaga kesehatan jantung dimana jika anda suka mengonsumsi air tebu secara teratur maka bisa sebagai media penjaga metabolisme di dalam tubuh dari kekurangan cairan sehingga ini akan menghindarkan anda dari terkena gejala stroke yang menyebabkan munculnya penyakit jantung.

6/ Tebu mengandung karbohidrat dalam jumlah besar sehingga bagus sebagai media penjaga dan menambah kekuatan mata dan saraf – saraf otak.   

Manfaat tebu dari sisi industri antara lain sebagai berikut :

1/ Tebu adalah salah satu bahan utama membuat gula pasir. Dimana diketahui bahwa kandungan zat gula dalam air tebu jumlahnya sangat besar sehingga bagus dijadikan sebagai bahan utama dalam pembuatan gula seperti gula kristal, gula batu atau gula kotak dan gula balok.

2/ Ampas tebu bermanfaat sebagai bahan utama pembuat kertas.

3/ Air tebu bisa diolah menjadi bahan utama membuat minuman beralkohol. Tetes tebu atau diistilahkan dengan molase adalah hasil sampingan oleh pabrik gula tebu yang masih bisa dimanfaatkan menjadi bahan untuk mencampur minuman beralkohol. Kandungan sari gula di dalamnya sekitar 52 persen masih bagus untuk menguatkan rasa pada beberapa jenis minuman beralkohol.

3/ Tebu berfungsi sebagai salah satu bahan bakar kereta uap. Ini bisa diperoleh dari proses pembakaran ampas tebu.

4/ Berfungsi sebagai media pembangkit listrik. Ini bisa dihasilkan dari ampas tebu yaitu pada gilingan terakhir di pabrik – pabrik pembuat gula dari tebu. Ampas dari gilingan terakhir banyak mengandung unsur yang bisa diolah kembali untuk membangkitkan energi guna memproses pembuatan gula di pabrik.   

Manfaat tebu dari sisi konsumsi rumah tangga antara lain sebagai berikut :

1/ Sebagai bahan utama penyedap rasa tambahan pada beberapa jenis masakan. Air tebu akan diolah menjadi kristal – kristal penyedap rasa setelah melalui beberapa proses pengolahan.

2/ Bahan untuk membuat minuman ringan seperti jus tebu atau es tebu yang rasanya manis – manis segar. Cocok dinikmati ketika cuaca sedang panas.

3/ Sebagai salah satu bahan alternatif yang dikenal dengan istilah biobriket yang bermanfaat untuk dijadikan sebagai bahan bakar alternatif pemenuhan konsumsi pada rumah tangga. Dimana bahan utama membuatnya adalah dari ampas tebu yang dicampur dengan batubara, jerami dan diberi campuran berupa perekat yang terbuat dari tepung pati.

Manfaat tebu dari sisi peternakan dan perrtanian adalah antara lain sebagai berikut :

1/ Ampas tebu dan pucuk tebu muda bisa bermanfaat sebagai pakan ternak khususnya ternak kelompok ruminansia.

2/ Tebu bisa dioleh menjadi pupuk kompos karena tebu adalah merupakan salah satu bahan organik. Kompos yang akan dihasilkan mampu meningkatkan daya serap zat – zat nitrogen secara signifikan setelah pemakaian pertama untuk jangka waktu tiga bulan.

 

Pengolahan Tebu

Tersebut di bawah ini akan kami berikan tentang bagaimana cara membuat minuman sari tebu manis yang segar, antara lain sebagai berikut :

Beberapa bahan yang dipakai antara lain di bawah ini :

  • 1 kg tebu yang memiliki kualitas bagus
  • 150 sirup vanili
  • Air bersih secukupnya saja
  • Es batu yang diserut secukupnya saja

Cara membuat minuman sari tebu manis segar antara lain sebagai berikut :

  • Cuci bersih dan kupas kulit dari batang tebu yang dipilih. Lalu potong – potong masing – masing seukuran 1 meter.
  • Giling tebu yang sudah dipotong dengan memakai alat penggiling guna mengambil airnya saja.
  • Saring air perasan tebu.
  • Campur dengan air putih dan beri sirup vanili secukupnya lalu diaduk rata.
  • Tuang ke dalam gelas saji yang sebelumnya sudah diberi es batu serut.
  • Nah minuman sari tebu segar sudah siap untuk diminum.

Tebu adalah salah satu tanaman yang memiliki multi fungsi dan manfaat yang dapat dikembangbiakkan dalam skala besar oleh petani di ladang maupun ditanam di halaman rumah sebagai tanaman hias asalkan anda rajin menjaga dan merawatnya.

Demikian kami menjelaskan dengan singkat tentang manfaat tebu. Semoga berguna.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Tags Kesehatan

About The Author

Kadek Nila Utami 21
Novice

Kadek Nila Utami

Suka membaca dan menulis

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel