Cokelat

8 Feb 2021 17:30 114 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Cokelat adalah salah satu bahan untuk membuat makanan dan minuman yang memberikan dampak bagus untuk menjaga kebugaran dan kesehatan tubuh. Dimana di pasaran dikenal bermacam jenis cokelat yang bisa anda temukan untuk selanjutnya diolah menjadi beragam makanan / minuman yang enak.

Banyak dijumpai makanan bergizi di sekitar anda seperti yang dapat anda temui di dalam cokelat. Cokelat identik dengan makanan yang tidak sehat apabila dikonsumsi dalam jumlah yang berlebihan padahal dalam kasus – kasus tertentu cokelat mengandung sejumlah zat yang bernilai gizi tinggi untuk kebugaran dan kesehatan tubuh manusia.

Setelah melalui proses pengolahan, cokelat mempunyai rasa manis yang khas menyebabkan makanan / minuman yang dihasilkan sangat digemari di seluruh dunia oleh setiap orang. Kandungan cokelat terdiri dari beberapa jenis zat antara lain sebagai berikut : ada zat seperti alkanoid (penyebab munculnya rasa agak pahit), 31 persen kandungan lemak, 9 persen kandungan protein yang tercampur dengan fenilalanin, asam amino triptofan dan tyrosin, dan 14 persen kandungan karbohidrat. Nah sejumlah kandungan zat yang terkandung di dalam cokelat inilah yang menyebabkan cokelat bagus dikonsumsi yang akan memberikan dampak baik terhadap kesehatan tubuh manusia asalkan tidak dilakukan dalam jumlah yang berlebihan.

 

Asal Mula Ditemukannya Cokelat

Menurut para ahli botani menjelaskan bahwa pohon cokelat atau kakao / theobroma cacao telah tumbuh dan berkembang cukup subur di daerah Amazon dan lembah Orinoko di Amerika selatan sejak ribuan tahun lalu. Adalah Bangsa Maya yang pertama kali menemukan cara pengembangbiakan pohon cokelat dimana selanjutnya disebarkan ke daratan Yukatan. Bangsa Aztek kemudian melanjutkan dengan memperkenalkan buah cokelat yang sangat pahit menjadi salah satu jenis minuman yang bercita rasa enak. Biji – biji cokelat dicampur dengan jagung atau buah anggur lalu difermentasi dan terakhir disajikan pada cangkir untuk diminum. Kaisar Aztek yang bernama Montezuma adalah orang pertama yang mempunyai kebiasaan untuk minum coklat sekitar 50 cangkir per harinya !

Hernan Cortes (1485 s/d 1547) merupakan seorang berasal dari Spanyol yang menjajah wilayah Amerika selatan lalu tertarik pada cangkir – cangkir yang berisikan minuman cokelat. Dia selanjutnya mempelajari dan mengamati orang – orang dari Bangsa Aztek yang sangat menggemari kakao atau biji – biji cokelat yang juga difungsikan ibarat mata uang bangsa mereka. Hernan Cortes segera mendirikan perusahaan yang bergerak di bidang perkebunan dengan di dalamnya menanam pohon cokelat. Perkebunan tersebut berkembang cukup pesat yang dikenal dengan sebutan emas berwarna cokelat yang hasilnya digemari oleh warga masyarakat sekitar sehingga inilah yang menyebabkan Spanyol berhasil mengendalikan perdagangan cokelat pada awal abad ke – 18 untuk selanjutnya disebarluaskan ke daratan Eropa dimana cokelat difungsikan sebagai salah satu bahan mencampur kue. 

Sekitar pertengahan abad ke – 19, Bangsa Swiss mulai mengembangkan dan memasarkan cokelat untuk nantinya diolah menjadi makanan atau kudapan ringan semacam kue – kue pelengkap dalam acara tea afternoon di Inggris. Nah disinilah terjadi perkembangan yang cukup modern yaitu tadinya cokelat hanya berfungsi sebagai minuman kemudian berkembang menjadi makanan ringan yang mampu memikat banyak orang untuk menyukainya. Swiss selanjutnya menjadi salah satu negara penghasil cokelat terbaik di dunia.

 

Jenis – Jenis Cokelat

Berikut di bawah ini kami berikan beberapa jenis cokelat yang perlu untuk dikenal dan dipelajari bagi anda penggemar ragam makanan dan minuman dari cokelat, antara lain sebagai berikut :

1/ Jenis cokelat couverture chocolate

Adalah salah satu jenis cokelat asli yang di dalamnya mengandung lemak cokelat dan chocolate mass sehingga rasa yang dihasilkan dalam beragam makanan / minuman olahannya adalah cenderung pahit. Harga jenis cokelat yang satu ini agak mahal contohnya adalah semua jenis cokelat yang dikenal dengan istilah real chocolate atau jenis cokelat yang mudah lumer di mulut yang rata – rata memiliki rasa fruity yang agak pahit.

Seperti dijelaksan tersebut di atas bahwa cokelat jenis ini banyak mengandng lemak cokelat, chocolate mass, cocoa butter dan gula (untuk tipe dark chocolate), sedangkan tipe milk dan white umumnya memakai padatan susu di dalamnya yang berfungsi menggantikan cocoa powder.

2/ Jenis cokelat compound chocolate

Jenis cokelat yang satu ini hampir sama dengan tersebut di atas namun kandungan cocoa butter di dalamnya diganti dengan lemak nabati yang harganya lebih murah seperti minyak kelapa atau soya. Compound chocolate cenderung difungsikan sebagai cokelat dekorasi atau kadang – kadang untuk membuat ganache, praline dan lain sebagainya. Dikenal 3 jenis cokelat compound chocolate antara lain sebagai berikut :

  • White chocolate compound adalah cokelat berbentuk batangan yang memiliki warna putih, banyak mengandung cokelat dan cocoa butter.
  • Milk chocolate compound adalah sejenis cokelat batangan yang memiliki warna cokelat pekat merupakan campuran antara gula, kakao, cokelat cair, susu dan vanilla.
  • Dark chocolate compound adalah cokelat batangan yang memiliki warna pekat dengan rasa cokelat yang sangat kental serta tidak mengandung susu. Cokelat jenis ini berguna untuk bahan membuat kue, cake, dan aneka makanan ringan lainnya.

3/ Jenis cokelat bubuk

Cokelat jenis yang satu ini memiliki aroma kuat, tidak mudah tengik, tidak mudah bulukan atau tidak mudah ditumbuhi jamur. Dikenal beberapa jenis cokelat bubuk antara lain cokelat bubuk berwarna pekat yang beraroma pahit (bermanfaat untuk mengeringkan adonan kue) dan cokelat bubuk yang memiliki kepekatan sedang atau cokelat bubuk yang mudah dijumpai di pasar – pasar tradisional atau swalayan.

 

Pengolahan Cokelat

Cokelat banyak diolah untuk bahan membuat beragam jenis kue atau minuman cokelat yang berfungsi untuk menghangatkan tubuh saat sedang musim hujan. Anak – anak sangat menyukai paket manis dari makanan dan minuman hasil olahan cokelat terutama dalam bentuk permen.

Ada beberapa cara yang dapat dilakukan guna membuat secangkir minuman cokelat panas yang sehat, antara lain sebagai berikut :

  • Pilihlah dengan selektif cokelat yang akan anda jadikan sebagai olahan makanan atau minuman.

  • Sebaiknya membuat susu alternatif sendiri untuk mencampur dengan cokelat yang akan anda buat.

  • Tambahkan beberapa bumbu yang berfungsi sebagai pelawan peradangan.

  • Sebaiknya gunakan bahan pemanis alami.

 

Manfaat Cokelat

Seperti dijelaskan tersebut di atas bahwa cokelat banyak mengandung senyawa antioksidan seperti flavonoid. Kedengarannya cukup sederhana namun mengkonsumsi beberapa jenis cokelat yang kaya akan kandungan flavonoid ini bisa mempengaruhi kesehatan tubuh antara lain sebagai berikut :

  • Bisa untuk meningkatkan produksi insulin.
  • Dapat memberikan pengaruh terhadap peningkatan aliran darah.
  • Bisa untuk mengurangi risiko serangan jantung.
  • Dapat untuk menurunkan berat tubuh.
  • Sebagai media untuk proteksi sinar matahari.
  • Bagus untuk mengatasi penyakit diare.
  • Meningkatkan intelijen.
  • Bagus untuk sindrom kelelahan kronis.
  • Mencegah tekanan darah menjadi tidak normal.
  • Sebagai media untuk menurunkan kolesterol, sebagai anti depresan, memiliki kandungan lemak rendah, meningkatkan sirkulasi darah, dan menghambat terjadinya penuaan dini.
  • Meningkatkan kesehatan mata dan mengurangi resiko kanker.
  • Membantu menurunkan berat badan, menghaluskan kulit, dan menjaga kesehatan otak.

Cokelat adalah salah satu bahan untuk membuat makanan dan minuman yang memberikan dampak bagus untuk menjaga kebugaran dan kesehatan tubuh. Dimana di pasaran dikenal bermacam jenis cokelat yang bisa anda temukan untuk selanjutnya diolah menjadi beragam makanan / minuman yang enak.

Demikian kami menjelaskan dengan singkat mengenai cokelat. Semoga berguna.

 

 

Tags Kesehatan

About The Author

Kadek Nila Utami 21
Novice

Kadek Nila Utami

Suka membaca dan menulis

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel