Buah Jeruk

8 Feb 2021 19:30 203 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Buah jeruk di Indonesia hampir sama dengan kondisi buah jeruk di seluruh dunia yaitu terdiri dari beberapa jenis yang memiliki banyak khasiat dan manfaat untuk menjaga kesehatan dan kecantikan tubuh manusia. Ketahui cara pengolahan buah jeruk yang tepat secara tradisional maka akan memperoleh manfaat yang optimal.

Apakah anda mengetahui bahwa negara Indonesia merupakan salah satu negara paling kaya di dunia dalam hal menyimpan beragam jenis produk berupa buah – buahan seperti buah jeruk. Buah jeruk di Indonesia sama dengan yang ada di seluruh dunia yaitu terdiri dari 600 jenis yang masing – masing menyimpan karakter mirip antara satu dengan lainnya atau bisa berbeda sekali. Kelompok jeruk manis umumnya dikonsumsi sebagai buah meja atau buah segar dimana kelompok jeruk yang memiliki cita rasa asam pas dimanfaatkan sebagai juice. Dan sebagian lagi bermanfaat hanya kulitnya saja sebagai penyedap atau pelengkap dan bumbu masakan tertentu.

Jenis – Jenis Buah Jeruk

Di bawah ini kami berikan beberapa jenis buah jeruk yang cukup populer dalam masyarakat di seluruh dunia dan kerap dimanfaatkan untuk beragam keperluan, antara lain sebagai berikut :

1/ Jenis buah jeruk manis

Jenis yang satu ini memiliki paling banyak varietas mulai dari jeruk medan, jeruk keprok,  jeruk pontianak, dan jeruk peras. Daging buah jeruk mengandung banyak air yang bercita rasa segar dan manis banyak dimanfaatkan sebgai bahan membuat minuman dan untuk mencampur kue sejenis pudding.

2/ Jenis buah jeruk lemon

Kulit buah jeruk yang satu ini memiliki warna kuning muda dan agak licin / mengkilap serta banyak mengandung air seperti pada dagingnya. Bercita rasa asam dan mengeluarkan aroma istimewa yaitu khas buah jeruk lemon yang segar. Kulit buah jeruk lemon dapat dimanfaatkan sebagai selai jeruk yang dikenal dengan nama selai marmalade, begitu juga buahnya bisa dipotong tipis melintang untuk dimanfaatkan sebagai bahan membuat aneka minuman segar, hiasan / garnis pada sajian yaitu salad dan minuman koktail atau punch (sekalian menjadi salah satu bahannya).

3/ Jenis buah jeruk nipis

Buah jeruk nipis memiliki kulit berwarna hijau licin dan akan menjadi agak kekuningan jika sudah matang di pohonnya. Bentuk buah bulat cantik dan kecil – kecil dimana dagingnya mengandunga air dalam jumlah banyak. Air buah jeruk nipis kaya akan kandungan zat asam sitrat yang mampu mengurai serat di dalam daging. Manfaat lainnya adalah untuk menghilangkan bau amis yang dikeluarkan oleh ikan dan daging.

4/ Jenis buah jeruk yang diberi nama orange

Jeruk orange enak dikonsumsi setelah benar – benar matang di pohonnya. Misalnya saja navel orange, valencia orange, dan florida orange. Pilihlah yang memiliki bentuk bulat penuh dengan dibalut kulit berwarna kuning jingga terang dan berat. Air jeruk yang berlebihan dapat dimanfaatkan untuk bahan mencampur adonan cake, membuat jus, atau mencampur bahan membuat es krim.

5/ Jenis buah jeruk yang diberi nama jeruk mandarin

Jeruk mandarin sekilas pandang hampir mirip dengan jeruk orange namun memiliki warna kulit lebih jingga dengan ukuran buah agak kecil – kecil. Contohnya adalah jeruk mandarin ponkam dan jeruk mandarin imperial. Juring buah yang berukuran kecil dapat dimanfaatkan sebagai bahan untuk hiasan cake dan tarlet.

6/ Jenis buah jeruk grapefruit

Sekilas pandang jeruk jenis ini hampir mirip dengan jeruk orange hanya saja setelah diperhatikan dengan seksama maka akan terlihat bentuknya yang lebih besar dengan cita rasa air jeruk yang agak masam – masam segar manis.

Grapefruit kuning memiliki warna kulit kuning terang, dan grapefruit merah mempunyai kulit berwarna agak jingga bersemu merah dengan cita rasa daging lebih manis. Air jeruk dapat dimanfaatkan untuk jus, mencampur adonan cake dan campuran pudding. Juringnya yang menarik bermanfaat untuk campuran salad, koktail, punch, dan compote buah atau garnis. 

7/ Jenis buah jeruk bali

Rata – rata jeruk bali adalah salah satu jenis buah jeruk yang memiliki ukuran buah terbesar dibandingkan dengan jenis buah jeruk yang lainnya. Ditandai dengan ciri sebagai berikut yaitu kulit memiliki warna hijau kusam dan tebal, daging buah kesat dan berair dengan warna putih agak kemerahan / merah muda dan merah terang. Daging buah bisa digunakan sebagai salah satu bahan mencampur salad, membuat asinan, rujak, sayur urap dan sirup. 

8/ Jenis buah jeruk darah

Ini adalah salah satu jenis buah jeruk terlangka di dunia dan hanya mampu dikembangkan pada daerah – daerah tertentu saja seperti di Inggris berhasil memodifikasi gen jeruk ini sehingga dapat dikembangkan menjadi lebih besar ke seluruh penjuru dunia. Jeruk darah memiliki warna daging merah yang menonjol berasal dari pigmen antosianin yang dikenal banyak bermanfaat untuk menjaga kesehatan tubuh seperti mencegah manusia terserang sakit jantung dan stroke.

Pigmen dalam jumlah banyak hanya mampu berkembang dengan baik pada iklim tertentu saja dimana buah ini hanya berkembang ketika musim sedang tidak musim dingin. Secara komersil, jeruk darah dapat dikembangbiakkan dalam skala besar di Italia dimana berakibat jeruk ini termasuk ke dalam kelompok premium yang memiliki nilai jual cukup mahal.

9/ Buah jeruk pepaya

Jenis jeruk ini banyak mengandung khasiat sebagai salah satu obat herbal. Bentuk buah jeruk ini menyerupai buah pepaya sehingga orang – orang menyebutnya dengan nama jeruk pepaya atau jerpaya. Dalam dunia kuliner, jenis jeruk yang satu ini sangat populer dengan nama jeruk sukade. Dimana pada zaman dahulu banyak orang yang memanfaatkan kulit jeruk ini sebagai manisan. Hasil olahannya diberi label manisan sukade. Varietas jeruk pepaya rata – rata menyimpan rasa manis dan kaya akan kandungan vitamin C serta sebagai anti oksigen.

10/ Buah jeruk purut

Tanaman jeruk purut termasuk ke dalam tumbuhan perdu dimana buah dan daunnya bermanfaat sebagai bumbu penyedap beragam jenis masakan. Di dalam perdagangan internasional, jeruk ini dikenal dengan istilah kaffir lime atau di Thailand bernama ma kruut, Kamboja bernama krauch soeuch, Filipina diberi nama kolobot dan di Vietnam bernama truc. Ini adalah termasuk ke dalam jeruk rempah yang bentuknya mudah dikenali.

11/ Jenis buah jeruk santang  

Jeruk santang dikenal sebagai salah satu jenis buah jeruk yang bercita rasa sangat manis dimana variasinya terdiri dari kelompok jeruk yang manis sekali, manis sedang / biasa – biasa saja hingga kelompok yang bercita rasa manis cenderung asam menyegarkan. Banyak orang merasa tertarik dengan jenis yang termasuk ke dalam suku rutaceae ini dimana untuk mengetahui rasa maka anda harus mencicipinya. Rata – rata bentuknya imut – imut dan beberapa ada yang agak besar.

12/ Jenis buah jeruk kumquat

Jeruk kumquat atau kingkit adalah merupakan keluarga jeruk – jerukan / rutaceae dimana memiliki buah yang menyerupai buah jeruk keprok atau orange hanya saja kumquat berukuran lebih kecil dan berbentuk oval lonjong. Ketika memasuki masa matang di pohon maka kulit yang sebelumnya berwarna hijau akan berubah menjadi kuning cerah.

13/ Jenis buah jeruk medan

Jeruk yang satu ini adalah menjadi salah satu produk agroindustri yang asalnya dari daerah Sumatera utara. Memiliki nama ilmiah yaitu citrus sinesis l, buah jeruk medan rata – rata berukuran sedang dengan memiliki tangkai yang kuat, berbentuk bulat lonjong atau bulat rata (papak) dengan bagian dasarnya berujung bulat, dan memiliki garis tengah bisa mencapai 4 s/d 12 cm.

Buah yang matang di pohonnya memiliki warna orange, kuning atau hijau kekuningan, mengeluarkan aroma khas yang segar, kulit licin dan halus. Tidak berbulu namun agak kusam. Ketebalan kulit buahnya rata – rata 0,3 s/d 0,5 cm dengan bagian tepi berwarna putih kekuningan hingga putih, memiliki daging yang melekat kuat pada dinding buah.

14/ Buah jeruk jari buddha

Jenis buah jeruk yang satu ini adalah menjadi salah satu anggota dari family rutaceae / jeruk – jerukan yang mempunyai nama latin yaitu citrus medica dengan menonjolkan ciri sama persis dengan jeruk jenis lainnya tetapi jeruk ini mempunyai buah yang membentuk jari dan bila sudah matang di pohon akan berubah warna menjadi warna kuning. Warga China Indonesia kerap memanfaatkan jeruk ini sebagai pengharum ruangan, untuk manisan jeruk, campuran bumbu beragam jenis masakan dan salad. Bisa juga diolah menjadi obat tradisional dengan cara diiris tipis – tipis untuk selanjutnya dikeringkan tanpa sinar matahari lalu direbus. Nah air rebusan inilah yang nantinya diminum secara rutin setiap hari selama sakit guna menghilangkan sakit maag, gangguan pencernaan serta masuk angin.

15/ Jenis buah jeruk satsuma

Satsuma merupakan salah satu jenis buah jeruk yang paling tahan terhadap cuaca dingin. Berasal dari negeri Jepang, buah jeruk yang satu ini memiliki kemiripan seperti buah pear dengan banyak mengandung air dan beraroma harum khas jeruk Jepang. Dikenal beberapa jenis jeruk satsuma antara lain owari satsuma yaitu daging buah jeruk tanpa biji, dan wase yang rasanya sangat manis. Kedua jenis jeruk ini sangat mudah matang di pohonnya.

16/ Jenis buah jeruk navel  

Jeruk navel adalah merupakan salah satu jenis jeruk yang mempunyai 3 sekat atau kamar di dalamnya yang disebut dengan istilah navel karena pada bagian bawah buah memiliki lubang mirip dengan pusar manusia dimana dalam Bahasa Inggris bernama navel. Jeruk navel banyak dibudidayakan dalam skala besar di Brazil, Arizona, Florida dan California.

 

Manfaat Buah Jeruk

Buah jeruk memiliki banyak sekali khasiat dan manfaat untuk kesehatan tubuh manusia antara lain seperti tersebut di bawah ini :

1/ Untuk mencegah penyakit stroke.

2/ Guna mencegah dan mengobati tekanan darah tinggi.

3/ Mencegah sakit kanker.

4/ Menghindari terserang sakit jantung.

5/ Menjaga kesehatan dan kehalusan kulit.

6/ Menjaga kondisi asam tubuh manusia yang seimbang.

7/ Banyak mengandung kalori dan karbohidrat sehingga bagus untuk diet sehat.

8/ Meningkatkan sistem imun tubuh.

9/ Mendorong dan meningkatkan kinerja pada otak.

10/ Mencegah terserang diabetes gestasional.

Manfaat lainnya dalam sebutir buah jeruk adalah menjaga kesehatan ginjal, kesehatan mata, mengatasi sariawan, menjaga kekuatan tulang, membentuk otot, meningkatkan stamina tubuh, melancarkan pencernaan, menjaga kesehatan saraf, mencegah kram, mengatasi masalah jerawat, menyegarkan kondisi kulit kepala, mencegah rambut rontok, melebatkan rambut, menyehatkan rambut, membuat tubuh bugar dan asupan vitamin untuk bayi.

 

Pengolahan Buah Jeruk

1/ Minuman detoksifikasi yaitu perpaduan jahe, wortel, dan jeruk

Sediakan sebutir buah jeruk jenis bebas, satu buah wortel ukuran sedang, dan satu inci jahe. Masukkan semua bahan ke dalam blender lalu tambahkan dengan secangkir air bersih kemudian aduk rata hingga menjadi jus segar. Rutin minum ramuan tradisional ini akan membuat minuman detoksifikasi ini bekerja dengan sempurna untuk tubuh anda. Merupakan salah satu minuman detoksifikasi yang rasanya enak bisa untuk membantu menjaga tubuh anda tetap terhidrasi sambil memberikan asupan vitamin C yang mencukupi untuk tubuh anda. 

2/ Minuman kesehatan yaitu lemon dan jahe

Campuran kedua bahan – bahan ini menjadi salah satu minuman kesehatan yang bagus untuk mengatasi perut buncit, membantu tubuh mempercepat proses metabolisme sehingga semakin cepat pembakaran lemak di dalam perut. Perut anda akan menjadi langsing jika rutin mengkonsumsinya.

Cara membuat adalah sediakan sebutir buah jeruk lemon ukuran besar, ½ ruas jahe, 1 sendok makan gula merah atau madu dan air bersih secukupnya saja.

Cara membuat adalah sebagai berikut bersihkan jahe terlebih dahulu lalu belah menjadi dua bagian dan masing – masing digeprek. Lalu masukkan jahe ke dalam air hangat sambil diaduk – aduk hingga keluar aroma jahe yang menyengat. Selanjutnya peras air jeruk lemon hingga benar – benar habis ke dalam gelas berisikan air jahe tersebut. Aduk – aduk hingga menjadi rata dan tambahkan sedikit gula merah untuk membuat ramuan berasa lebih enak. Saring dan minum secara rutin selama dibutuhkan sehari sekali.

Buah jeruk di Indonesia hampir sama dengan kondisi buah jeruk di seluruh dunia yaitu terdiri dari beberapa jenis yang memiliki banyak khasiat dan manfaat untuk menjaga kesehatan dan kecantikan tubuh manusia. Ketahui cara pengolahan buah jeruk yang tepat secara tradisional maka akan memperoleh manfaat yang optimal.

Demikian kami menjelaskan dengan singkat mengenai buah jeruk. Semoga bermanfaat.

 

 

Tags Kesehatan

About The Author

Kadek Nila Utami 21
Novice

Kadek Nila Utami

Suka membaca dan menulis

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel