Mengenal Ragam Salad

8 Feb 2021 12:25 109 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Manfaat salad yang jenisnya beragam sangat bagus untuk menutrisi tubuh anda supaya selalu dalam kondisi bugar serta terhindar dari terserang beragam penyakit. Hindarilah pemanis buatan di dalam membuat saos salad karena kurang bagus untuk kondisi tubuh.

Makanan salad sudah tidak asing lagi di telinga orang – orang Indonesia. Bahkan saat ini salad semakin banyak digemari terutama oleh orang – orang yang melakukan diet. Salad bagus untuk diet karena bahan – bahan membuat salad banyak mengandung vitamin yang baik untuk dikonsumsi oleh tubuh setiap hari. Pilihan sayuran dan buah segar diharapkan mampu menggugah selera makan anda.

Jenis – Jenis Salad

Pada umumnya dikenal beragam jenis salad yang dimanfaatkan untuk dressing sepeti dari jenis orange salad, mixed salad dan tomato salad. Salad – salad ini biasa dihidangkan ketika panas, dingin, mentah, masak atau kombinasi. Yang terpenting adalah memiliki penampilan salad yang dibuat semenarik mungkin ketika salad tersebut dihidangkan.

Tersebut di bawah ini kami berikan beberapa jenis salad yang dikelompokkan menjadi tiga bagian antara lain sebagai berikut :

1/ Jenis simpel salad adalah salah satu jenis salad yang bahan – bahannya memakai satu atau beberapa jenis makanan. Contoh salad jenis ini adalah sebagai berikut potato anda beef salad, beat road salad, dan cucumber salad. 

2/ Jenis compound salad / compleks salad merupakan salah satu jenis salad yang bahan – bahannya terbuat dari tiga atau lebih macam bahan makanan. Misalnya adalah rusian salad atau yolande salad.

3/ Jenis American salad adalah salah satu jenis salad yang sekilas pandang hampir menyerupai compound salad hanya saja terdapat sedikit perbedaan pada bahan utama membuat salad ini adalah dari buah – buahan segar. Misalnya adalah orange salad dan florida salad.

Salad di Indonesia secara garis besar terbagi menjadi dua kelompok antara lain sebagai berikut : salad matang dan salad mentah.

Berikut kami berikan beberapa jenis salad yang bisa dengan mudah anda jumpai pada warung – warung makan tradisional di Indonesia antara lain sebagai berikut :

  • Gado – gado.

  • Karedok.

  • Pecel.

  • Rujak : rujak cingur, rujak manis, atau asinan.

Bahan Membuat Salad

Bahan – bahan untuk membuat salad atau komposisi salad yang lengkap / complete salad terdiri dari empat bagian antara lain sebagai berikut :

1/ Alas atau dasar (underliner)

Adalah bahan membuat salad yang pada umumnya berisikan dengan sayuran berupa daun hijau seperti daun slada atau lettuce karena ini adalah merupakan sayuran segar yang sifatnya renyah / kering dan crispy, baik itu dipotong atau dibiarkan utuh berupa lembar – lembar yang tampil cantik. Tujuan memberikan underliner adalah untuk membuat salad terlihat lebih segar / refreshing effect.

2/ Body atau bagian utama

Bagian yang kedua merupakan bahan utama dari membuat salad. Bahan – bahan yang dimaksudkan adalah merupakan faktor penentu nama salad misalnya adalah tomato salad, orange salad atau potato salad.

3/ Saos / dressing 

Yang dimaksud dengan saos / dressing merupakan saos salad adalah bahan saos yang memakai bahan – bahan dasar seperti minyak selada, saos dasar mentega dan yang lainnya.

4/ Hiasan / garnish 

Hiasan / garnish memiliki fungsi untuk mempercantik hidangan. Inilah yang dianggap sebagai faktor utama yang mesti diperhatikan ketika anda membuat salad, dimana hiasan yang baik akan membuat penampilan salad terlihat menarik dan diharapkan mampu meningkatkan rasa penasaran yang melihat untuk ingin mencoba memakannya. Dibutuhkan kreatifitas dan pengalaman di dalam mengerjakannya. 

Resep Praktis Membuat Salad

Bagi anda yang ingin tahu bagaimana cara membuat salad yang enak maka tersebut di bawah ini kami berikan beberapa resep pilihan yang bisa dibuat di rumah, sesuaikan bahan – bahan dengan selera anda.

1/ Resep salad buah premium

Bahan yang dibutuhkan antara lain :

  • Buah anggur hijau secukupnya

  • Buah apel merah secukupnya

  • Buah melon secukupnya

  • Buah mangga manalagi secukupnya

  • Buah pir hijau secukupnya

  • Nanas secukupnya

  • Jeruk manis secukupnya

  • Nata de coco kering secukupnya

Bahan – bahan untuk hiasan antara lain sebagai berikut :

  • Buah strawberry, kiwi, cherry kaleng, jeruk manis dan keju parut

Bahan untuk membuat saos antara lain sebagai berikut :

  • Mayonais 1 kg

  • Susu kental manis 1 kaleng

  • Air perasan jeruk lemon 1 buah

Cara membuat salad buah premium adalah sebagai berikut :

  1. Cuci semua buah – buahan lalu potong – potong sesuai selera dan masukkan ke dalam mangkok saji.

  2. Siapkan tempat lain dan masukkan semua bahan saos lalu aduk – aduk secara perlahan agar tercampur rata.

  3. Selanjutnya tuangkan saos salad ke dalam mangkuk yang telah berisikan potongan buah – buahan segar dan taburkan bahan – bahan hiasan di atasnya. Salad buah siap untuk dinikmati.

2/ Resep salad buah yoghurt

Bahan – bahan yang digunakan adalah sebagai berikut :

  • Buah melon sekitar 200gram dibentuk bulat – bulat.

  • Pir hijau 1 buah dipotong sesuai dengan selera.

  • Anggur 100 gram dibagi menjadi dua bagian.

  • Buah naga putih 1 buah dipotong kotak – kotak.

Bahan membuat dressing antara lain sebagai berikut :

  • Mayones sekitar 100 gram.

  • Yoghurt plain padat rata – rata 100 gram.

  • Susu kental manis sebesar 50 gram.

  • Air jeruk nipis ½ sdm.

  • Garam secukupnya saja yaitu kira – kira 1/8 sdm

Cara membuat salad buah yoghurt adalah sebagai berikut :

Siapkan mangkok saji lalu susun semua buah di atasnya dan sisihkan. Siapkan tempat lain dan masukkan semua bahan dressing lalu campur dengan cara diaduk rata pelan - pelan. Selanjutnya tinggal tuang saos di atas mangkok saji yang berisikan buah dan siap dinikmati.

Manfaat Salad

Tersebut di bawah ini kami berikan 7 manfaat dari salad untuk kesehatan selain mengenyangkan perut antara lain sebagai berikut :

1/ Mengandung vitamin guna menutrisi kulit.

2/ Membantu melancarkan program diet tubuh.

3/ Pemenuhan kebutuhan mineral tubuh yang tercukupi.

4/ Mencegah terkena sakit kanker.

5/ Menambah produksi sel – sel darah merah.

6/ Mengurangi mata minus.

7/ Tampilan menjadi awet muda.

Manfaat salad yang jenisnya beragam sangat bagus untuk menutrisi tubuh anda supaya selalu dalam kondisi bugar serta terhindar dari terserang beragam penyakit. Hindarilah pemanis buatan di dalam membuat saos salad karena kurang bagus untuk kondisi tubuh.

Demikian kami menjelaskan dengan singkat mengenai mengenal ragam salad. Semoga berguna.

Tags Keluarga

About The Author

Kadek Nila Utami 21
Novice

Kadek Nila Utami

Suka membaca dan menulis

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel