Tips Membangun Bisnis Yang Lancar

4 Feb 2021 08:35 164 Hits 2 Comments Approved by Plimbi

Perlu memperhatikan dan menguasai tentang tips membangun bisnis yang lancar sehingga anda bisa membangun sebuah perusahaan besar di masa depan yang mampu mengumpulkan keuntungan dengan stabilnya jalan bisnis yang sedang dikelola.

Seperti diketahui bahwa pandemik Covid – 19 telah banyak menyebabkan orang – orang kehilangan pekerjaannya. Beberapa diantaranya memutuskan untuk tidak menemukan pekerjaan baru melainkan memilih untuk memulai bisnis.

Gampang – gampang susah di dalam memulai sebuah bisnis. Sayangnya, tidak semua orang mampu untuk mendirikan sebuah bisnis, baik itu dalam ruang lingkup bisnis kelas kecil dan bisnis kelas menengah (UMKM) atau perusahaan – perusahaan rintisan (startup). Meskipun banyak orang dapat dengan mudah membedakan antara UMKM dengan startup. Dimana UMKM tidak memiliki keberanian untuk mimpi besar karena rata – rata tidak memiliki bisnis skills guna mengembangkan lahan bisnis yang bersifat sustainable. 

Tips Yang Perlu Diperhatikan Jika Ingin Bisnis Lancar

Menurut pendapat ahli ekonomi menjelaskan bahwa ada lima hal yang wajib dimiliki UMKM dan startup supaya berhasil di dalam menjalankan bisnis masing – masing. Apa sajakah itu ? Simak penjelasan singkat dari kami tersebut di bawah ini.

1/ Memperhatikan bisnis skills dan memiliki kemampuan pemasaran.

2/ Memiliki modal dan menguasai strategi digital.

3/ Memiliki modal yang mencukupi.

4/ Menyuguhkan laporan keuangan dan memiliki legalitas bisnis.

5/ Menguasai jaringan networking.

Tips Membangun Startup Dari Nol

Di dalam membangun startup tidak hanya memikirkan masalah bagaimana anda meluncurkan produk – produk di pasaran saja. Meskipun di dalam meluncurkan sebuah produk merupakan salah satu tonggak keberhasilan tetapi sebelumnya akan ada banyak hal yang perlu dipersiapkan.

Di bawah ini kami berikan 4 tips untuk membangun startup dari nol seperti dilansir dari The Forbes, apa sajakah yang mesti dipersiapkan ? Baca ulasan tersebut di bawah ini.

1/ Penting untuk mempelajari dasar – dasarnya terlebih dahulu

Pendidikan terbagus yang pernah dikumpulkan oleh seorang pengusaha memegang perenan penting di dalam membangun sebuah startup. Akan ada pelajaran – pelajaran baru yaitu berhubungan dengan situasi dunia nyata terhadap konsekuensi nyata.

Tahap persiapan ini anda harus mampu mempelajari dasar – dasarnya untuk bergabung dengan kelompok yang akan mendukung anda dalam melangkah lebih lanjut guna membangun startup. Eksplorasi beberapa topik termasuk di dalamnya adalah memvalidasi ide – ide awal dibarengi dengan membangun produk – produk lalu mempekerjakan dan mengelola tim dan terakhir adalah penentuan harga produk sampai dengan memperhatikan anggaran.

2/ Bertanyalah kepada diri sendiri tentang beragam alasan kenapa anda membuka usaha

Motivasi apa yang menyebabkan anda bertahan merupakan salah satu alasan utama untuk meraih sukses di dalam berwirausaha. Mengapa anda ingin membangun sebuah startup dan dorongan apa yang membuat anda ingin terus maju ? Beberapa dari pendiri startup tersukses saat ini memulai usahanya hanya untuk bisa merasakan perjalanan startup terutama guna menikmati kegembiraan disertai rasa puas di dalam mengubah ide – ide agar menjadi solusi yang bermanfaat. Jadikan ini sebagai contoh di dalam memotivasi diri sendiri.

3/ Mendengarkan sambil mengamati pesaing anda  

Luangkan waktu untuk melakukan pengamatan terhadap pendiri startup lainnya, dengarkan cerita mereka, melakukan wawancara, melihat kondisi pesaing, lalu berbicaralah dengan para pelanggan mereka dan jangan ragu – ragu untuk membagikan ide – ide anda guna menemukan umpan balik. Ini namanya tahap pra – eksekusi dimana pada dasarnya merupakan tahap validasi, melihat kondisi pasar, dan meneliti pelanggan di dalam membangun sebuah pasar baru.

Apabila anda akan mengeksplorasi ide – ide startup, salah satu hal yang bisa dilakukan adalah mewawancarai pendiri atau pemimpin produk – produk yang bersaing guna belajar tentang sebuah pasar beserta pelanggan di dalamnya, menemukan solusi, inisiatif pemasaran, tantangan – tantangan yang mereka hadapi, rencana dan visi masing – masing. Wawancara yang dimaksudkan disini bisa menjadi rencana bisnis anda di masa depan.

Startup tahap awal biasanya terdiri dari serangkaian hipotesis yang belum teruji, meskipun apa yang dianggap berhasil untuk perusahaan lain bukanlah menjadi jaminan anda juga akan berhasil.

4/ Ingatlah selalu bahwa rata – rata startup mengalami kegagalan karena tidak sesuai dengan keperluan pasar

Kebanyakan startup mengalami kegagalan karena kurangnya informasi tentang kebutuhan pasar. Faktor utama yang perlu diperhatikan oleh seorang pengusaha di dalam tahap praeksekusi ini adalah mengintip sebuah kesempatan guna mendapatkan waktu untuk berdiskusi dengan sekelompok pelanggan yang bermanfaat untuk menghadapi situasi di masa depan. Secara aktif carilah umpan balik dan belum berencana untuk memulai sebuah usaha dalam waktu dekat ini. Berbicaralah minimal dengan satu orang saja dalam setiap bulan atau pada akhir tahun, dan akhirnya selusin percakapan diharapkan bisa membantu anda untuk menghubungkan titik – titik tertentu kepada pelanggan.

Kenapa Bisnis Berbasis ESG Justru Menguntungkan Pelaku Usaha ?

Menurut Direktur Pengembangan PT. Bursa Efek Indonesia / BEI, Hasan Fawzi menjelaskan bahwa ada beberapa pelaku bisnis dan usaha yang sadar betapa pentingnya untuk memperhatikan kelestarian lingkungan di samping fokus utama yaitu menumbuhkan profit bisnis. Perkembangan yang diharapkan tak bisa lepas dari fakta untuk mengaplikasikan prinsip bisnis yang memperhatikan lingkungan atau environmental, social, anda corporate governance / ESG yang mampu mendongkrak kinerja untuk jangka panjang di masa depan.

Hal – hal yang dieksploitasi hari ini wajib dijaga kesinambungannya karena kelak anak cucu anda yang akan menanggung akibat terhadap perilaku ekspoitasi alam yang dilakukan saat ini.

Beberapa faktor yang perlu diperhatikan berhubungan dengan kondisi tersebut di atas antara lain sebagai berikut :

  • Melakukan praktik ESG yang menguntungkan bagi perusahaan.

  • Melaksanakan praktik ESG yang sejalan dengan tujuan, visi dan misi serta menerapkan strategi kinerja operasional dan berhubungan dengan sistem keuangan.
  • Semakin banyak memperhatikan penerapan praktik – praktik ESG.

Perlu memperhatikan dan menguasai tentang tips membangun bisnis yang lancar sehingga anda bisa membangun sebuah perusahaan besar di masa depan yang mampu mengumpulkan keuntungan dengan stabilnya jalan bisnis yang sedang dikelola.

Demikian kami menjelaskan dengan singkat mengenai beberapa tips membangun bisnis yang lancar. Semoga bermanfaat.

 

 

Tags Keluarga

About The Author

Kadek Nila Utami 21
Novice

Kadek Nila Utami

Suka membaca dan menulis

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel