Tanaman Hias Mahal

3 Feb 2021 17:35 188 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Tanaman hias yang populer di Indonesia saat ini rata – rata dijual dengan harga mahal karena keunikan yang dimiliki dan tanaman ini sebagian termasuk ke dalam jenis tanaman langka sehingga semakin diburu oleh pengkoleksi tanaman hias. Untuk mendapatkan tanaman hias yang cantik maka anda perlu memperhatikan beberapa tips memelihara tanaman hias tersebut.

Apakah anda sedang mencari dekorasi guna mempercantik ruangan ? Maka pilihan bisa ditujukan kepada kelompok tanaman hias. Ini bisa dijadikan sebagai penyaluran hobi di rumah ketika tengah menghadapi pandemi daripada membuang banyak waktu di luar rumah.

Permintaan tanaman hias saat ini menjadi semakin meningkat di Indonesia karena ketertarikan para pengkoleksi tanaman hias di dalam mengkoleksi beragam jenis tanaman hias (mahal). Juga berlaku di seluruh dunia dikarenakan beberapa jenis tanaman hias ke masa depan semakin sulit didapat yang membuatnya menjadi semakin langka. Saking langkanya maka beberapa jenis tanaman hias tersebut dibanderol dengan nilai yang sangat fantastis. Meskipun demikian, mengkoleksi tanaman hias mampu memberikan kepuasan tersendiri bagi si pelaku. Apalagi dengan kondisi pandemi Covid – 19, menjadikannya sebagai salah satu kegiatan terbanyak mendapatkan peminat sehingga mempengaruhi permintaan menjadi semakin banyak.  

Jenis – Jenis Tanaman Hias Mahal

Beberapa jenis tanaman hias mahal yang paling digemari di Indonesia adalah sebagai berikut :

1/ Tanaman hias bunga anggrek hitam Papua 

Jenis tanaman hias termahal di Indonesia yang pertama adalah tanaman hias bunga anggrek hitam papua yang harga jualnya bisa mencapai jutaan rupiah. Ini disebabkan karena tanaman yang satu ini termasuk ke dalam kelompok tanaman langka.

Memiliki kelopak bunga berwarna hitam mengkilap dengan dihiasi oleh putik berwarna merah cerah menyebabkan siapa saja akan terpukau saat melihat bunga ini bermekaran. Bunga anggrek hitam Papua tampil mencolok saat disandingkan dengan tanaman anggrek lainnya, maka dari itu seperti menyimpan nilai – nilai estetika yang cukup tinggi. Banyak diburu oleh pengkoleksi tanaman hias yang menjadikannya sebagai peluang usaha menguntungkan untuk diperhatikan.

2/ Tanaman hias bonsai    

Tanaman hias termahal kedua di Indonesia adalah bonsai. Sejak pertama kali ditemukan, jenis tanaman yang satu ini dikenal memiliki harga jual yang relatif stabil karena sudah banyak dijumpai kolektor bonsai baik itu dari Indonesia maupun dari dunia.

Bonsai menyimpan jenis yang beragam terutama dari sisi bentuk. Untuk ukuran bonsai terkecil (yang biasa – biasa saja) bisa dijual dengan harga jutaan rupiah yaitu untuk jenis bonsai kihujan emas dan bonsai kimeng dijual melalui marketplace online. Karena mempunyai bentuk yang unik maka tidak salah apabila para kolektor tanaman hias mahal tertarik untuk mengkoleksi ragam tanaman hias bonsai.

3/ Tanaman hias monstera  

Tanaman hias monstera merupakan salah satu jenis tanaman hias yang tampil dengan nilai – nilai estetika cukup tinggi. Dimana saat ini sudah mulai banyak masyarakat memilih untuk menanam tanaman hias yang satu ini sebagai pelengkap dekorasi tambahan yang mampu mempercantik rumah mereka.

Monstera merupakan salah satu tanaman hias mahal di Indonesia yang memiliki nilai jual bisa jutaan rupiah yaitu merupakan tanaman tropis yang termasuk ke dalam keluarga araceae family yang memiliki begitu banyak jenis nan indah dan menarik. Jenis yang paling mahal adalah tanaman monstera yang dijuluki janda bolong dihargai oleh penjualnya per lembar daunnya.

4/ Tanaman hias anthurium

Jenis tanaman hias paling mahal keempat di Indonesia adalah anthurium yang belakangan ini merupakan salah satu jenis tanaman hias sedang naik daun. Contohnya adalah jenis anthurium cobra varigata dan anthurium veitchii dihargai jutaan rupiah per batang bisa dijumpai di marketplace online.

5/ Tanaman hias aglaonema

Yang dimaksud dengan tanaman hias aglaonema merupakan salah satu jenis tanaman hias termahal kelima di Indonesia dimana rata – rata semua jenisnya memiliki tampilan yang menawan dan tepat dijadikan sebagai dekorasi sebuah ruangan. Melalui jual beli online, tanaman hias yang satu ini bisa dijual dengan harga jutaan rupiah. 

Di samping memiliki bentuk yang cantik yaitu berumpun juga dipercaya tanaman hias aglaonema bisa memberikan energi positif untuk mendatangkan rejeki bagi si pemilik. Tak mengherankan saat ini tanaman hias ini banyak diburu oleh pengkoleksi tanaman his mahal di Indonesia. Yang paling terkenal adalah red aglaonema. Ini disebabkan karena memiliki warna yang sangat eksotis dengan tambahan corak yang unik di bagian tengah sehingga membuat siapa saja terkesan melihatnya.

6/ Tanaman hias kadaka

Tanaman hias termahal selanjutnya di Indonesia adalah kadaka yang mempunyai bentuk menyerupai lidah sapi sedang menjulur dan tersusun rapi dalam satu tandan. Pada masa lalu tanaman ini dikenal sebagai tanaman liar yang banyak tumbuh di hutan – hutan namun saat ini karena dinilai memiliki bentuk yang unik menyebabkannya dimasukkan ke dalam kelompok tanaman hias mahal yang banyak diburu oleh para pengkoleksi tanaman hias.

Tanaman hias kadaka mempunyai jenis beragam seperti kadaka keriting, kadaka ular, dan kadaka osaka. Semakin mengembang tanaman ini maka semakin mahal nilai jualnya. Atau semakin besar ukuran tanaman kadaka maka harga yang dibanderol juga menjadi semakin tinggi.

7/ Tanaman hias philodendron

Tanaman hias ketujuh termahal di Indonesia adalah philodendron yang mempunyai daun lebar dan terlihat hijau mengkilap sangat mempesona. Tanaman hias ini mempunyai bunga yang unik menyerupai bunga tanaman hias anthurium atau aglaonema. Namun dari sisi harga, philodendron memiliki nilai jual lebih murah dibandingkan dengan tanaman hias anthurium atau aglaonema.

8/ Tanaman hias monstera andasonii variegata impor Jepang 

Tanaman hias termahal kedelapan di Indonesia adalah dari jenis tanaman hias monstera andasonii variegata impor Jepang yang dijual per batang dengan nilai jutaan rupiah. Tanaman hias ini tampil menawan karena keunikan yang dimiliki yaitu mempunyai lubang – lubang alami pada masing – masing daunnya yang memiliki dua warna cantik yaitu hijau tua dan putih kekuningan. Bentuk daunnya oval memanjang.  

9/ Tanaman hias rothschild’s orchid

Tanaman hias yang satu ini adalah tanaman hias termahal di Indonesia yang kesepuluh dikenal dengan nama populer yaitu anggrek emas kinabalu ditemukan pertama kali pada tahun 1987 di hutan – hutan pelosok Indonesia. Tanaman ini termasuk ke dalam salah satu jenis tanaman langka sehingga memiliki nilai jual yang agak mahal dan saat ini banyak pengkoleksi tanaman hias mahal memburunya.

Rekomendasi Tempat Berburu Tanaman Hias Online

Di bawah ini kami berikan beberapa rekomendasi yaitu 5 toko online yang khusus menjual tanaman hias terfavorit tersebut di atas, antara lain sebagai berikut :

1/ Toko hias online Oranje Garden

Toko online yang satu ini menjual beragam tanaman hias mahal khas daerah Pontianak seperti anthurium radicans, philodendron mayoi, monstera, begonia dan jenis tanaman hias populer lainnya. Silahkan mencari di internet alamat lengkapnya.

2/ Toko hias online Marinanam.id

Toko online tanaman hias ini sama dengan toko online Oranje Garden tersebut di atas yaitu menjual tanaman hias populer di Indonesia seperti monstera Monday, sente hitam, monstera brazillian common form dan yang lainnya. Silahkan menemukan alamat lengkapnya melalui internet.

3/ Toko hias online Growandgrow.id

Toko tanaman hias online ini tidak hanya menjual beragam tanaman hias populer di Indonesia melainkan juga membantu anda dalam menata landscape taman di rumah. Silahkan menghubungi melalui internet untuk alamat lengkapnya. Koleksi yang banyak diburu adalah dischidia million, heart varigata, alokasia black velvet, kadaka lasagna, anthurium kuping gajah hybrid, dan yang lainnya.

4/ Toko online tanaman hias Sanggar Kemuning Official

Toko ini khusus melayani penyewaan tanaman hias untuk acara – acara khusus, garden maintenance, dan landscape design. Anda bisa menemukan alamat lengkapnya di internet. Beberapa koleksi tanaman hias populer di Indonesia di toko ini adalah verrucossum, adansoni variegata, syngonium green splash, philodendron cebu blue dan yang lainnya.  

5/ Toko online tanaman hias Nanem Taneman

Toko ini berdiri sejak tahun 2017 dimana di dalamnya anda dapat memesan beragam tanaman hias sebagai hampers untuk memberikan ucapan selamat kepada seseorang. Koleksi tanaman yang dijual diantaranya adalah calathea cintya hijau, alocasia longiloba, phillo marble, dan yang lainnya.

Tips Memelihara Tanaman Hias Mahal Indoor

  • Perlu memberikan pemupukan tanaman hias di dalam ruangan.

  • Perhatikan penyiraman tanaman hias yang diletakkan di dalam ruangan.

  • Lakukan penyegaran tanaman hias di dalam ruangan.

  • Berikan perlindungan kesehatan terhadap tanaman hias di dalam ruangan.

  • Lakukan pergantian pot terhadap tanaman hias anda di dalam ruangan.

  • Perlakukan lainnya adalah memperhatikan perawatan dan pemeliharaan tumbuhan hias indoor.

  • Perhatikan pencahayaan untuk tanaman hias indoor.

Tanaman hias yang populer di Indonesia saat ini rata – rata dijual dengan harga mahal karena keunikan yang dimiliki dan tanaman ini sebagian termasuk ke dalam jenis tanaman langka sehingga semakin diburu oleh pengkoleksi tanaman hias. Untuk mendapatkan tanaman hias yang cantik maka anda perlu memperhatikan beberapa tips memelihara tanaman hias tersebut.

Demikian kami menjelaskan dengan singkat mengenai tanaman hias mahal. Semoga berguna.

 

 

Tags Keluarga

About The Author

Kadek Nila Utami 21
Novice

Kadek Nila Utami

Suka membaca dan menulis

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel