Tanaman Bunga Anggrek dan Manfaatnya

3 Feb 2021 14:30 137 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Bunga anggrek adalah salah satu jenis tanaman yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan dan kecantikan tubuh manusia. Dimana dalam pemeliharaannya perlu mengetahui cara merawat agar tanaman ini tumbuh dengan subur dan rajin berbunga. 

Di Indonesia banyak dikenal jenis tanaman hias, salah satu diantaranya adalah anggrek yang paling banyak diburu oleh para pecinta tanaman hias. Inilah yang menyebabkan harga tanaman hias yang satu ini relatif mahal namun tetap saja tidak menyurutkan para pengkoleksi tanaman untuk selalu memperbanyak dan memperbarui koleksinya. Tanaman anggrek memang dikenal berbunga sangat cantik dan unik.

Indonesia dikenal sebagai salah satu negara yang kaya akan koleksi tanaman bunga anggrek terutama dari jenis epifit yang mampu tumbuh dengan subur di hutan belantara Sumatera sampai dengan hutan – hutan Papua. Salah satu yang paling mempesona adalah anggrek bulan berwarna putih dengan lidah berwarna kuning terang. Suku anggrek – anggrekan atau orchidaceae adalah salah satu tanaman hias berbunga yang menyimpan terbanyak jenis. Meskipun sebagian besar dijumpai dalam wilayah tropis, beragam jenis bunga anggrek tersebar luas mulai dari daerah tropis basah hingga sirkumpolar.

Pada umumnya tanaman bunga anggrek kurang tahan apabila terpapar secara langsung oleh sinar matahari, maka dari itu di alam bebas, anggrek pada umumnya hidup dengan subur di hutan – hutan belantara di bawah naungan pohon besar dan rindang. Tanaman anggrek mempunyai organ sukulen yaitu tebal dan memiliki daging yang berfungsi untuk menyimpan cadangan air supaya mampu bertahan hidup ketika dihadapkan pada kondisi kekurangan air. Anggrek kurang mampu tumbuh subur di daerah gurun karena memiliki sistem perakaran yang tidak intensif.

Sebagai tanaman hias, tanaman bunga anggrek mampu tahan lama apabila disimpan di dalam ruangan.

Jenis – Jenis Bunga Anggrek

Berdasarkan atas tempat tumbuhnya maka dikenal beberapa jenis tanaman anggrek, antara lain sebagai berikut :

1/ Tanaman anggrek epifit

Tanaman anggrek jenis ini memiliki kebiasaan yaitu tumbuh menumpang pada pohon lainnya yang berkayu besar supaya terlindung dari sinar matahari secara berlebihan. Meskipun tumbuh menumpang, anggrek jenis ini tidak mengisap / mengambil makanan dari pohon inangnya melainkan mendapatkan asupan makanan dari air hujan, kabut dan udara. Misalnya adalah anggrek cattleya sp, dendrobium sp, dan vanda sp.

2/ Tanaman anggrek terestrial

Tanaman anggrek jenis ini mampu tumbuh dengan subur di atas tanah yang memerlukan asupan sinar matahri secara langsung. Akar – akar yang keluar dari tanaman ini berfungsi untuk mengambil sari – sari makanan dari tanah. Misalnya adalah jenis phaius sp.

3/ Tanaman anggrek saprofit

Jenis anggrek saprofit biasanya tumbuh dengan subur di dalam media yang mengandung humus atau daun – daun yang sudah layu / kering dan rontok dari pohonnya. Tanaman anggrek jenis ini tidak memiliki daun dan klorofil khusus yaitu hanya memerlukan sedikit saja sinar matahari. Contohnya adalah goodyera sp.

4/ Tanaman anggrek litofit

Termasuk ke dalam kelompok ini adalah semua jenis anggrek yang mampu bertahan terhadap cahaya / sinar matahari total. Biasanya tanaman ini tumbuh di atas bebatuan atau tanah yang berbatu. Misalnya adalah bunga anggrek paphiopedilum sp.

Tips Memelihara Tanaman Bunga Anggrek

Apabila anda di rumah ingin mengembangkan tanaman anggrek sebagai tanaman hias atau untuk dijual kepada para pengkoleksi tanaman hias maka perlu mengetahui tentang beberapa tips agar tanaman yang satu ini tumbuh dengan subur dan rajin berbunga. Nah di bawah ini kami berikan beberapa cara untuk memelihara tanaman bunga anggrek, simak bersama – sama :

1/ Pertimbangkanlah arah sinar matahari sebagai faktor utama untuk membuat pertumbuhan anggrek menjadi subur karena sinar matahari merupakan salah satu sumber energi yang bermanfaat penting di dalam proses fotosintesis.

2/ Perhatikan ketinggian tempat untuk menanam bunga anggrek agar mudah dan cepat tumbuh yaitu di daerah beriklim tropis seperti Indonesia.

3/ Berikan rumah lindung yang mempunyai intensitas cahaya sekitar 50 sampai dengan 70 persen.

4/ Susun bunga anggrek secara datar yang akan memberikan pengaruh yaitu pertumbuhan tanaman menjadi mudah dan cepat. Dianjurkan menyusun bunga – bunga anggrek secara mendatar dengan ketinggian sekitar 1 meter.

5/ Perhatikan sirkulasi udara harus baik dimana udara yang masuk adalah berupa angin sepoi – sepoi basah atau lembut. Sirkulasi udara memiliki fungsi untuk mengganti udara pada bagian permukaan daun dan akar tanaman.

6/ Jaga kelembaban udara.  

7/ Perhatikan media tanam yang baik terdiri atas dua bagian yaitu sepertiga bagian bawah diisikan potongan – potongan batu bata dan sisanya adalah memakai pakis.

8/ Perhatikan fotoperioditas yaitu durasi pencahayaan sinar matahari untuk tanaman anggrek. Ini akan mempengaruhi proses sintesis hormon florigen atau hormon tumbuh yang bisa memicu penbentukan bakal bunga.

9/ Siramlah secara teratur tanaman bunga anggrek anda yaitu dua kali dalam sehari masing - masing pada waktu pagi hari antara pukul 07.00 – 09.00 dan siang hari yaitu jam 15.00 – 17.00.

10/ Berilah pupuk yang mengandung unsur hara tinggi melalui cara disiram atau disemprot.

11/ Memberikan hormon pada tanaman anggrek anda agar rajin berbunga. Bisa dengan memakai air kelapa yaitu mencampur air kelapa ke dalam larutan semprot dengan mengaplikasikan konsentrasi air kelapa sekitar 15 persen atau 150 ml dalam 1 liter larutan.

12/ Bersihkan tanaman anggrek dari hama secara teratur.

13/ Perhatikan faktor genetis atau masalah seperti faktor yang akan diturunkan oleh induk anggrek kepada anaknya akan menentukan pertumbuhan tanaman. Inilah yang membedakan antara satu jenis tanaman anggrek dengan tanaman anggrek lainnya.

Manfaat Bunga Anggrek

Manfaat dan khasiat dari tanaman anggrek adalah sebagai berikut :

1/ Sebagai media penghilang stres.

2/ Bisa dimanfaatkan sebagai bahan tonik atau teh herbal yang dicampurkan dengan akar licorice. Tujuan dari anda mengkonsumsi ramuan herbal tersebut antara lain sebagai berikut :

  • Membantu melembabkan dan menjaga kesehatan kulit dari kondisi kekeringan dan kulit bersisik.
  • Untuk mentransmisikan energi penyembuhan ke seluruh tubuh manusia.
  • Sebagai media pelepas dahaga ketika terjadi polusi karena adanya asap yang membuat paru – paru anda dan saluran udara di dalam tubuh akan terasa kering serta meningkatkan rasa haus sehingga membantu mencegah dehidrasi.
  • Mengobati beragam jenis penyakit misalnya perut kembung, tuberculosis, keringat malam, anoreksia, demam dan penyakit dispepsia.  
  • Membantu meningkatkan fungsi dari perut, ginjal dan paru – paru.
  • Bisa untuk mengatasi gangguan sakit perut, muntah – muntah dan kram.
  • Bisa untuk mengobati gangguan seksual contohnya adalah impotensi.
  • Bisa untuk mengobati rasa nyeri di bagian kaki dan tangan, sakit pinggang, dan arthralgia.
  • Dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh sehingga tubuh anda mampu melawan infeksi.
  • Bisa untuk membantu mengatasi gangguan pada daerah penglihatan contohnya adalah infeksi pada mata.

3/ Mengatasi masalah gangguan saraf dan fungsi otak.

4/ Membantu mengatasi masalah sakit gigi dan telinga.

5/ Untuk menyembuhkan demam dan nyeri sendi.

6/ Bisa dimanfaatkan sebagai bahan makanan seperti di Thailand dan Singapura bunga anggrek menjadi salah satu produk olahan snack yang lezat, di Eropa bunga anggrek banyak dikonsumsi sebagai garnish atau hiasan kue, suku Aborigin di Australia menjadikan bunga anggrek sebagai alternatif bahan pangan ketika dalam kondisi darurat, dan di Nepal bunga anggrek bisa dibuat menjadi acar yang enak.

7/ Bisa untuk menghilangkan polusi serta racun di udara.

8/ Mencegah terjadinya proses penuaan dini.

Demikian kami menjelaskan dengan singkat mengenai tanaman bunga anggrek dan manfaatnya. Semoga bermanfaat.

 

Tags Kesehatan

About The Author

Kadek Nila Utami 21
Novice

Kadek Nila Utami

Suka membaca dan menulis

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel