Mengenal Ragam Sepatu Wanita

3 Feb 2021 11:35 142 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Bagi anda para wanita yang gemar mengokoleksi sepatu alangkah baiknya sebelumnya mengenal jenis – jenis sepatu yang akan diburu agar sesuai dengan keinginan dan ukuran kaki dengan memperhatikan tips memilih sepatu yang pas untuk penampilan dan kesehatan kaki.

Seperti diketahui bahwa sepatu merupakan hal terpenting yang dimiliki oleh seorang wanita. Sepatu bisa melambangkan trendi atau tidaknya seorang wanita dalam berpenampilan. Sehingga tidak mengherankan apabila seorang wanita bisa menyimpan banyak koleksi sepatu di rak sepatunya. Bukan tanpa alasan jika mereka mempunyai banyak sepatu. Ini karena masing – masing sepatu mempunyai fungsi yang berbeda – beda. Juga supaya cocok digunakan untuk beragam kesempatan yang berbeda – beda pula. Seperti mulai dari sepatu untuk jalan – jalan santai, main bersama teman – teman, sepatu kerja, hingga sepatu untuk acara – acara resmi dari formal ke informal misalnya undangan. 

Membeli sepatu seringkali menjadi kegiatan yang tidak terlalu mudah untuk dilakukan. Seperti harus memikirkan jenis sepatu apa yang harus dibeli, apakah sepatu yang bersangkutan cocok dengan baju dan celana yang akan anda kenakan ? Berapa tinggi hak yang bisa dipilih agar dapat tetap nyaman dikenakan selama melakukan kegiatan ? Ini semua menjadi masalah yang biasa ditemukan oleh para wanita saat mereka akan membeli sepasang sepatu sehingga acara membeli sepatu tidaklah semudah yang dibayangkan. 

Jenis – Jenis Sepatu

Membaca ulasan singkat dari kami tersebut di atas maka di bawah ini kami berikan informasi seputar tipe sepatu yang cocok untuk anda kenakan sesuai dengan kegiatan yang menyertainya dan apakah pantas sepatu tersebut digunakan ke dalam acara bersangkutan.

1/ Jenis sepatu model pumps

Model pumps di sini adalah jenis sepatu yang memiliki hak tinggi maupun hak sedang dengan dilengkapi bagian jari kaki tertutup rapat. Pumps disebut juga dengan nama court shoes yang pada umumnya memiliki koleksi model tidak bertali strap. Salah satu yang menonjol dan menjadi ciri khas sepatu jenis ini adalah hak yang tidak tajam seperti model stiletto juga ujungnya yang membulat tumpul. Tersedia dalam beragam warna pilihan.

2/ Jenis sepatu model stiletto

Hampir memiliki persamaan dengan model – model pumps. Namun ada sedikit perbedaan yaitu jenis sepatu model stiletto mempunyai hak yang tipis, panjang, runcing di bagian ujung dan rata – rata tinggi. Stiletto dikenal sebagai musuh sekaligus kawan bagi para wanita. Karena model yang satu ini mempunyai tampilan sangat cantik dimana mereka yang mengenakannya akan menjadi terlihat lebih ramping (tampil cantik dan menarik). Nilai jual sepatu ini cukup mahal.

3/ Jenis sepatu model kitten heels

Jenis sepatu yang satu ini adalah sepatu dengan hak pendek runcing pada bagian ujungnya yaitu biasanya hanya setinggi 1,5 sampai dengan 1,75 inci saja. Diberi tambahan berupa sedikit lekukan pada bagian belakang sepatu menjadikannya sebagai sepatu favorit banyak wanita tenar contohnya adalah Hilary Clinton, Michelle Obama dan Audrey Hepburn. Termasuk ke dalam sepatu formal wanita terbaik di dunia.

4/ Jenis sepatu model ankle boots

Model – model sepatu jenis ini adalah tampil dengan menutupi bagian bawah kaki si pemakai hingga mata kaki dengan rapat. Berhak menyerupai model pumps yaitu tidak tajam / ridak runcing merupakan jenis sepatu boots wanita yang cocok digunakan untuk suasana santai ataupun formal.

5/ Jenis sepatu dengan model t - straps 

Tipe sepatu yang satu ini mulai dipopulerkan pada tahun 1920 di Eropa. Memiliki ciri khusus antara lain ada strap melingkari bagian pergelangan kaki yang jika diperhatikan akan membentuk huruf T. Meskipun mempunyai kesan anggun dan cantik jika memakainya, hingga saat ini ada perdebatan mengenai apakah sepatu tipe ini termasuk ke dalam kelompok sepatu formal atau sepatu santai ?

6/ Sepatu model wedges

Model sepatu jenis ini saat ini sedang naik daun terutama di kota – kota besar. Wedges mempunyai tipe khas yaitu memiliki sol sepatu yang sangat tebal dan tinggi tetapi tumpul yang berfungsi sebagai heels. Pada umumnya sol sepatu memiliki ukuran lebih tebal pada bagian belakang daripada di bagian depannya. Menjadikannya menyerupai sepatu hak tinggi seperti model pumps. Bisa untuk santai dan formal.

7/ Jenis sepatu dengan model cone heels

Tipe sepatu yang satu ini mempunyai desain hak yang lebar pada bagian pangkalnya namun agak mengerucut di bagian ujungnya. Dalam Bahasa Inggris, cone mengandung arti kerucut. Maka dari itu sepatu cone heels rata – rata berhak sedang berbentuk seperti kerucut. Cone heels mempunyai keunikan tersendiri yang menyebabkan sepatu ini mampu tampil beda dengan jenis sepatu lainnya karena ditambahkan ikatan di bagian pergelangan kaki. Pada umumnya dipakai dengan padu padan pakaian – pakaian yang menggoda atau outfit.

8/ Jenis sepatu model gladiator sandal

Tipe sepatu model yang satu ini merupakan tipe sandal yang menyerupai sepatu model ankle strap hanya saja pada umumnya dibuat dengan model tali – tali melingkar / membungkus dari bagian kaki bawah hingga menuju ke pergelangan kaki dilengkapi tali panjang yang menjuntai cantik. Rata – rata tidak memiliki hak dan cocok dikenakan pada waktu mengikuti kegiatan – kegiatan santai.

9/ Jenis sepatu dengan model gladiator boots

Hampir sama dengan model gladiator sandal tersebut di atas, tipe gladiator boots mempunyai bentuk serupa hanya saja ada sedikit perbedaan yaitu modelnya rata – rata tertutup menyerupai sepatu boot hingga ke lutut dibuat dari bahan berlubang (tali) tanpa hak. Di bagian atas diberi tambahan pemanis berupa rambut / bulu yang menjuntai panjang hingga mata kaki. Model ini nyaman dan pas dikenakan untuk acara – acara casual.

10/ Model sepatu sling back heels

Model ini merupakan sepatu yang dilengkapi dengan strap pada bagian belakang tumit si pemakai. Berhak sangat tinggi dan tajam / runcing di bagian ujungnya. Sepatu ini rata – rata mempunyai desain yang berkelas dan si pemakai akan tampil anggun dengan kaki terlihat lebih ramping. Wanita wajib memiliki sepasang sepatu model ini yang digunakan untuk acara – acara formal.

11/ Jenis model sepatu ballerina flats

Sepatu model ini disebut juga sepatu flat ala ballerina yang populer dengan nama dolly. Didesain khusus karena mendapat inspirasi dari sepatu model balet di Eropa. Dengan dilengkapi heels yang sangat tipis atau bahkan tidak memakai heels sama sekali, sepatu ini mempunyai ciri khas tersendiri yaitu bagian depan yang tertutup berbentuk bulat tumpul seperti model pumps.  

12/ Jenis model sepatu oxfords

Sepatu model ini mempunyai karakter tersendiri yang unik namun mampu tampil elegan yaitu berupa tambahan tali sepatu di bagian depan. Rata – rata tanpa hak sepatu alias datar. Dimana pada awalnya sepatu – sepatu ini didesain untuk dikenakan dalam acara – acara resmi saja sebagai pasangan sepatu pantofel oxford untuk pria. Saat ini sudah dijumpai banyak perubahan dimana sepatu ini diproduksi cenderung memilih desain casual.

13/ Jenis sepatu model trainers

Adalah sepatu karet, sneakers, sepatu atletik, sepatu gym, dan trainers merupakan tipe – tipe sepatu yang sekilas pandang sangat sulit untuk dibedakan. Namun untuk trainers adalah sepatu yang khusus didesain untuk wanita guna memenuhi kebutuhan kegiatan berolahraga yang dilakukan oleh wanita di luar rumah.

14/ Model sepatu jenis loafers

Model yang satu ini merupakan sepatu yang terpopuler dikenakan oleh seorang wanita. Pada umumnya mempunyai desain slip – on tersendiri tanpa hak yang disebut sebagai salah satu sepatu paling nyaman dikenakan oleh wanita untuk kegiatan formal dan bisa juga sebagai teman acara – acara santai seperti jalan – jalan santai bersama dengan teman - teman.

15/ Jenis sepatu dengan model thigh high boots

Ini adalah tipe sepatu yang mempunyai desain elegan cenderung mewah. Sepatu ini didesain dengan panjang boots hingga mencapai betis bahkan lutut dan pangkal paha. Membungkus kaki dari area betis, lutut dan sebagian paha dengan hak sepatu tinggi tidak terlalu tajam. Cocok dikenakan dalam situasi informal meskipun tidak menutup kemungkinan akan digunakan dalam beberapa kegiatan formal.

16/ Jenis sepatu model mary janes

Jenis sepatu ini terlihat manis dengan model serba tertutup yang dilengkapi potongan model rendah dan memiliki strap di bagian tempurung kaki. Mary jeans merupakan salah satu sepatu yang menyerupai sepatu model dolly atau ballet shoes namun mempunyai ciri khas yang agak berbeda yaitu di bagian depan agak tumpul. Cocok dikenakan dalam situasi formal maupun informal.

Tips Merawat Sepatu Agar Awet

Pastilah anda memiliki banyak koleksi sepatu di rumah. Dari beragam jenis sepatu seperti sneakers, flat shoes, atau sepatu kulit, bisa anda cuci dan merawatnya sendiri agar sepatu – sepatu tersebut tetap terjaga kebersihannya sehingga menjadi awet. Untuk sepatu dengan memakai bahan – bahan tertentu seperti nubuck atau suede misalnya membutuhkan perawatan ekstra. Nah supaya tidak salah, simak cara merawat sepatu agar awet antara lain sebagai berikut :

  • Memakai sikat yang lembut.
  • Mencuci dengan memakai sabun khusus.
  • Sepatu jangan terlalu sering dijemur secara langsung di bawah terik sinar matahari.
  • Menyimpan sepatu di dalam kotak kering.
  • Menyemir dengan mengoleskan minyak agar empuk untuk sepatu kulit.

Tips Memilih Sepatu Untuk Kesehatan Kaki

Pergi kuliah sambil bekerja, hangout atau berolahraga tentulah memerlukan sepatu yang tepat buat sepasang kaki anda. Apabila salah dalam membeli sepatu, maka kaki anda bisa menjadi lecet dan kesakitan. Agar tidak salah dalam menjatuhkan pilihan maka terlebih dahulu ketahui tentang bagaimana sepatu yang hendak anda pilih bisa mempengaruhi kesehatan kaki anda ?

  • Sepasang sepatu yang tidak sesuai dibeli bisa menyebabkan anda kesulitan berjalan dengan benar dan ini akan menimbulkan rasa tidak nyaman saat berdiri atau berjalan.
  • Memilih sepatu yang kurang tepat dapat memperburuk keadaan yaitu memunculkan rasa nyeri atau radang sendi di bagian lutut dan pergelangan kaki anda.
  • Kaki bisa menjadi cedera mulai dari kulit kaki melepuh, rasa nyeri pada jari kaki atau pergelangan kaki hingga bentuk tulang jari kaki menjadi berubah.

Nah agar terbebas dari permasalahan kaki tersebut di atas maka ikuti beberapa tips dalam memilih sepasang sepatu dengan cara benar yaitu sebagai berikut :

  • Belilah sepasang sepatu di waktu siang hari.
  • Perhatikan warna dan bahan sepatu disesuaikan dengan kondisi warna kulit anda tanpa dipengaruhi oleh sinar / cahaya lampu.
  • Lihat kondisi sepatu dengan teliti seperti periksa kekokohan sepatu terutama saat anda membeli sepatu high heels yang kemungkinan rentan patah di bagian haknya, lalu cek berat sepatu dan pilihlah yang mana paling pas dengan kegiatan anda saat ini, periksa ketebalan sol sepatu dan ambil yang tidak mudah aus (terkikis). Pilihlah bahan sepatu yang benar – benar anda inginkan seperti karet, nylon, canvas, atau kulit, cek kondisi sepatu apakah ada kerusakan atau cacat, dan pilih jenis sepatu yang sesuai dengan aktivitas anda.
  • Temukan ukuran sepatu yang pas untuk kaki anda.
  • Luangkan waktu untuk mencoba sepatunya.
  • Ketika hendak memilih sepasang sepatu bila perlu bawa kaus kaki untuk dapat memastikan bahwa sepatu yang anda pilih sudah sesuai dalam hal ukuran dan kenyamanan.

Bagi anda para wanita yang gemar mengokoleksi sepatu alangkah baiknya sebelumnya mengenal jenis – jenis sepatu yang akan diburu agar sesuai dengan keinginan dan ukuran kaki dengan memperhatikan tips memilih sepatu yang pas untuk penampilan dan kesehatan kaki.

Demikian kami menjelaskan dengan singkat mengenai mengenal ragam sepatu wanita. Semoga bermanfaat.

 

 

Tags Keluarga

About The Author

Kadek Nila Utami 21
Novice

Kadek Nila Utami

Suka membaca dan menulis

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel