Mengenal Kucing

29 Jan 2021 10:56 1138 Hits 1 Comments Approved by Plimbi

Perlu mengenal kucing sebelum anda memutuskan untuk memelihara salah satu jenis kucing tersebut yang rata – rata memiliki penampilan imut dan menggemaskan.

Salah satu binatang yang terbanyak disukai untuk dipelihara oleh manusia selain anjing adalah kucing. Kucing sekilas pandang mirip sekali dengan anjing dan tidak berbahaya untuk dipelihara. Terutama di Indonesia, orang – orangnya sangat menyukai memelihara kucing sehingga dengan mudah bisa dilihat ada banyak kucing melintas di rumah – rumah.

Jenis kucing yang anda jumpai di Indonesia ada beragam. Namun yang menjadi favorit adalah dari jenis Persia dan Anggora karena mempunyai perawakan dan penampilan yang menggemaskan sehingga banyak dipelihara di Indonesia.

Jenis – Jenis Kucing

Selain dari jenis Persia dan Anggora, ada banyak lagi jenis yang lainnya mudah ditemukan di Indonesia untuk dipelihara. Meskipun demikian ada juga jenis lainnya yang jarang ditemukan di sini disebabkan karena kurang populer dan sulit dalam memeliharanya. Ada beberapa pertimbangan yang perlu diperhatikan ketika anda memutuskan untuk memelihara kucing antara lain keunikan dan karakteristik dari kucing peliharaan anda. Jika tertarik untuk mengenal dan mengetahui tentang ragam kucing yang terbanyak dipelihara di Indonesia maka simak penjelasan dari kami tersebut di bawah ini :  

1/ Jenis kucing anggora

Jenis kucing yang satu ini adalah terpopuler dijumpai di Indonesia dimana masyarakat kelas atas banyak memeliharanya di rumah. Kucing anggora asli berasal dari Turki yang merupakan salah satu ras kucing tertua alami di dunia. Ciri yang menonjol dari jenis kucing ini adalah memiliki bulu – bulu yang sangat lebat, panjang dan mengembang seperti seekor anjing pop. Disertai dengan bentuk tubuh yang cukup ramping dan berukuran lebih besar dari jenis kucing lainnya. Namun kekurangan dari kucing ini adalah mempunyai harga yang sangat mahal terutama dari jenis anggora murni.

2/ Jenis kucing persia   

Urutan kedua terpopuler di Indonesia adalah jenis kucing persia banyak dipelihara di rumah. Ciri yang menonjol dari kucing jenis ini adalah memiliki wajah yang bulat, gemuk dan pendek dilengkapi oleh bulu – bulu panjang menyerupai kucing anggora. Karena bulu – bulu tebal dan tidak mudah rontok inilah yang menyebabkan banyak orang menyukai untuk memelihara jenis kucing yang satu ini.

Dalam memeliharanya, kucing ini mampu hidup sendiri di lingkungan yang terbuka sehingga tidak harus dikandang. Meskipun demikian, anda wajib memperhatikan lingkungan sekitar mereka bermain agar kucing ini tidak melarikan diri. Seperti halnya kucing anggora, harga jual kucing persia sangat mahal.

3/ Jenis kucing kampung

Kucing kampung adalah jenis kucing yang terbanyak dipelihara di Indonesia dan merupakan kucing asli dari Indonesia. Contohnya adalah kucing jawa sering dijumpai di rumah – rumah atau di jalan – jalan tikus / lorong karena disinilah kegemaran kucing ini bermain. Meskipun sebagian ada yang liar alias tidak dipelihara oleh manusia, kucing kampung mudah beradaptasi dengan baik dimana kadang – kadang mereka masuk ke rumah – rumah kemudian menjadi peliharaan setelah diberi makan.

Kucing kampung memiliki daya tahan tubuh yang cukup kuat dibandingkan dengan jenis kucing lainnya. Karena sangat mudah ditemui di jalan – jalan maka jika anda merasa tertarik untuk memeliharanya, tidak perlu membelinya, anda bisa mengambil anaknya untuk dibawa ke rumah.

4/ Jenis kucing maine coon

Jenis kucing ini adalah terpopuler keempat di Indonesia. Banyak masyarakat Indonesia kalangan menengah ke atas menyukai ras kucing yang satu ini. Nama lain dari kucing ini adalah kucing salju karena memiliki bulu yang cukup tebal namun anti air. Sekilas pandang kucing ini menyerupai kucing kampung yang memiliki daya tahan tubuh cukup kuat dan mampu dengan mudah beradaptasi di lingkungan manapun. Konon nenek moyang kucing ini adalah dari jenis kucing anggora.

Rata – rata kucing maine coon dapat tumbuh besar mencapai ukuran seperti anjing pop namun kekurangannya adalah memiliki nilai jual yang sangat mahal.

5/ Jenis kucing yaitu bernama russian blue

Ini adalah kelompok kucing cerdas di Indonesia yang sangat menonjol dalam hal karakteristik. Kucing ini sangat dekat dengan majikannya seperti anggota keluarga saja. Asal kucing ini adalah dari Rusia yang mempunyai bulu – bulu cukup pendek dan khas yaitu berwarna abu – abu dengan dilengkapi sepasang mata hijau menyala yang sangat menarik dan cantik.

6/ Jenis kucing american shorthair

Jenis kucing yang satu ini memang cukup menarik untuk dipelihara dimana mereka berasal dari keturunan european shorthair dengan british shorthair. Seiring berjalannya waktu dan perkembangan penyilangan kucing semakin moderna maka nama kucing yang dihasilkan selanjutnya diganti menjadi american shorthair.  

Kucing ini memiliki ukuran tubuh yang sedang – sedang saja dengan dilengkapi otot kaki dan cakar yang sangat kuat. Tubuh diselimuti oleh bulu yang pendek namun sangat tebal. Bulu – bulu ini memiliki fungsi sebagai pelindung tubuh dari hawa yang terlalu panas atau cuaca dingin. Dengan penampilan yang menggemaskan inilah maka tak mengherankan apabila masyarakat di Indonesia sangat menyukai untuk memelihara jenis ras yang satu ini meskipun di pasaran memiliki nilai jual yang sangat mahal.

7/ Jenis kucing persia himalaya

Kucing ini banyak memiliki peminat di Indonesia yang sebenarnya berasal dari hasil persilangan antara kucing siam dengan kucing persia. Inilah yang menyebabkan kucing ini mempunyai penampilan lucu dan unik yaitu tak jauh berbeda dengan kucing persia yang mempunyai hidung pesek dengan dilengkapi oleh bulu – bulu tebal dan panjang. Yang paling menarik dari kucing ini adalah warna matanya yaitu biru cerah, membuat penampilannya semakin menggemaskan.

8/ Jenis kucing siamese

Kucing ini adalah salah satu jenis kucing oriental yang berasal dari Thailand. Termasuk jenis kucing populer kedelapan di Indonesia dimana banyak orang menyukainya untuk dipelihara. Tubuh kucing ini sangat ramping dengan dilengkapi oleh ekor panjang disertai sepasang mata dengan warna biru cemerlang. Inilah yang menjadi kelebihan jenis kucing ini.

9/ Jenis kucing norwegian forest

Bagi anda pecinta kucing tentulah taka sing lagi dengan jenis kucing yang satu ini. Asalnya dari Norwegia dan Skandinavia dimana di Indonesia menjadi kucing populer kesembilan karena banyak peminat. Yang menonjol dari jenis kucing ini adalah memiliki ukuran bulu yang sangat panjang dan tebal terutama di bagian leher. Warna bulunya adalah putih dan gelap. Karakteristik dari kucing ini adalah sangat ramah kepada manusia makanya menjadi kucing favorit.

10/ Jenis kucing munchkin

Ini adalah kucing terpopuler kesepuluh yang digemari oleh masyarakat di Indonesia karena memiliki karakteristik cukup energik dan sangat senang bermain – main dengan anak – anak. Penampilan kucing ini unik dan imut – imut menggemaskan seperti sebuah boneka sehingga rata – rata penggemarnya adalah anak – anak.

 

Ragam Makanan Kesukaan Kucing

Anda sebagai pemilik kucing pastilah ingin hewan peliharaan kesayangan anda ini bisa makan dengan lahap. Maka dari itu sudah sewajarnya apabila anda sebagai pemilik kucing perlu mengenal apa – apa saja makanan yang menjadi kesukaan kucing peliharaan anda.

Nah mungkin sebelum memutuskan untuk memelihara seekor kucing mahal, anda membayangkan seperti apa makanan yang digemari oleh kucing tersebut. Apakah makanan yang sehat dipengaruhi oleh teksturnya atau tidak membosankan. Perlu diingat bahwa nafsu makan kucing cenderung dipengaruhi oleh indra penciumannya yang lebih kuat dibandingkan dengan manusia. Lalu makanan seperti apakah yang bisa membuat kucing peliharaan anda selalu menunggu momen makannya ? Simak penjelasan kami tersebut di bawah ini.

1/ Semua jenis makanan yang memiliki aroma kuat.

2/ Semua jenis makanan yang mempunyai suhu tidak terlalu dingin.

3/ Makanan yang diletakkan dalam posisi yang tepat.

4/ Suka ngemil rerumputan. Sesekali kucing boleh makan rumput untuk pemenuhan kebutuhan serat. Dimana asupan serat yang mencukupi akan membantu kucing memperlancar pengeluaran hairball. Namun rumput liar di halaman beresiko membawa telur cacing ke dalam perut kucing sehingga kucing kesayangan anda malah terinfeksi cacing. Disarankan memperhatikan makanan kucing anda harus cukup serat sehingga mencegahnya makan rumput yang menyebabkan kucing menjadi cacingan.

 

Tips Memelihara Kucing

Anda yang baru memiliki kucing di rumah hendaklah merawat kucing peliharaan tersebut dengan kesungguhan hati. Maka dari itu perlu mempelajari beberapa tips untuk memelihara kucing terutama dari jenis kucing mahal agar hewan kesayangan anda ini hidupnya bahagia.

Berikut di bawah ini kami berikan beberapa tips untuk merawat kucing yang kemungkinan sering terabaikan oleh pemula, antara lain sebagai berikut :

1/ Mencukupi keperluan makan kucing.

2/ Selalu menyiapkan air minum bersih untuk diminum.

3/ Hindari memberikan makanan untuk anjing kepada kucing peliharaan anda.

4/ Sediakan daging karena kucing gemar makan daging.

5/ Memandikan kucing dengan teratur.

6/ Bersihkanlah secara teratur bagian tubuh tertentu seperti gigi, kuku, telinga dan

bulu dari kotoran sebelum atau setelah anda memandikan kucing tersebut.

7/ Sikat bulu kucing.

8/ Mendidik kucing anda supaya buang air pada tempatnya.

9/ Membuatkan kandang atau wilayah tersendiri.

10/ Dengan rutin membersihkan kandang.

11/ Bersikaplah tegas ketika anda mengetahui bahwa kucing melakukan kesalahan seperti mencakar, buang kotoran sembarangan hingga merusak barang. Namun jangan sampai memukul kucing anda.

12/ Bermainlah sesering mungkin dengan kucing peliharaan anda guna menghilangkan stres dan kucing menjadi tidak bosan.

13/ Biarkan kucing anda bermain – main di luar rumah guna membantu perkembangan tubuhnya.

14/ Persiapkan diri untuk memelihara kucing lebih dari satu.

15/ Bawa ke dokter hewan.

Perlu mengenal kucing sebelum anda memutuskan untuk memelihara salah satu jenis kucing tersebut yang rata – rata memiliki penampilan imut dan menggemaskan.

Demikian kami menjelaksan dengan singkat mengenai mengenal kucing. Semoga bermanfaat.

 

 

 

 

 

 

Tags Keluarga

About The Author

Utamii 57
Expert

Utamii

Suka membaca dan menulis

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel