Manfaat Bunga Mawar

27 Jan 2021 19:30 283 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Bunga mawar selain memiliki mahkota bunga yang indah dan mengeluarkan aroma wangi juga mempunyai banyak manfaat untuk kesehatan tubuh manusia.

Apakah anda mengetahui bahwa bunga seringkali dimanfaatkan sebagai salah satu media untuk mengungkapkan beragam perasaan yang sedang dirasakan oleh seseorang guna memberikan perwalian terhadap kata – kata yang hendak diucapkan ? Salah satu jenis bunga yang paling sering dipakai sebagai alat untuk mewakilkan keadaan perasaan seseorang adalah bunga mawar. Karena bunga yang satu ini memiliki bentuk yang cantik, bau wangi dan warna – warna menarik yang menjadikannya sebagai alasan utama mengapa seseorang memilih bunga mawar guna mewakilkan suasana hati atau perasaannya.

Nah bagi anda yang memiliki hobi sebagai pecinta bunga maka tidak ada salahnya jika memilih bunga mawar sebagai salah satu koleksi bunga kesayangan anda. Melalui artikel kami kali ini akan membahas tentang bunga mawar yang paling menawan diantara jenis bunga lainnya. Mari disimak.

 

Jenis – Jenis Bunga Mawar

Tersebut di bawah ini kami berikan beberapa macam bunga mawar beserta penjelasannya masing – masing, antara lain sebagai berikut :

1/ Jenis mawar dikenal dengan nama wild roses

Bunga mawar berjenis wild roses ini memiliki habitat pertumbuhan tanaman di alam bebas, seperti namanya yaitu wild yang artinya liar. Karena mampu tumbuh dan hidup subur sebagai tanaman liar maka mawar wild roses menyimpan usia paling tua diantara jenis tanaman mawar lainnya. Bunga mawar jenis ini ditebak sudah ada sejak jaman dulu jika dinilai dari karakteristik tanaman. Mawar wild roses menyimpan fisik yang cukup kuat / awet disebabkan karena tahan terhadap serangan hama penyakit.

2/ Jenis mawar yang dikenal dengan nama mawar musk

Yang dimaksud dengan mawar musk adalah salah satu jenis mawar yang sudah lama dikenal oleh para pecinta tanaman hias untuk dibudidayakan dalam skala besar yaitu dimulai dari abad ke – 16. Mawar ini mempunyai nama latin rosa moschata yang termasuk ke dalam tanaman hias merambat dan menyimpan panjang bisa mencapai 3 hingga 10 meter. Mawar musk atau mawar kesturi biasanya mekar pada akhir musim semi menuju ke musin gugur. Saat bermekaran mahkota bunga akan mengeluarkan bau musky yang sangat kuat bisa tercium dari kejauhan. Maka dari itu jenis mawar yang satu ini sering dimanfaatkan sebagai bahan pewangi.

3/ Jenis mawar yang dikenal dengan nama mawar modern garden rose

Pada awal tahun 1867, para pecinta tanaman hias mulai mengenal jenis mawar yang diberi nama mawar modern garden rose dari jenis hybrid tea. Memiliki ciri utama yaitu bunga mempunyai kelopak ganda yang mengeluarkan aroma harum yang sangat menyengat dan tumbuh di sepanjang tahun di daerah – daerah tropis seperti Indonesia.

4/ Jenis mawar yang dikenal dengan nama mawar old garden roses

Mawar jenis yang satu ini merupakan salah satu jenis mawar yang sudah lama sekali dibudidayakan dalam skala besar di seluruh dunia yaitu dimulai sekitar abad ke – 18. Memiliki ciri utama yaitu mengeluarkan aroma wangi yang sangat menyengat serta bentuk kelopak bunga yang khas yaitu agak tebal. Mawar jenis old garden roses saat ini mulai disilangkan dengan jenis bunga mawar lainnya.

5/ Jenis mawar yang dikenal dengan nama mawar eden

Bunga mawar eden memiliki nama latin yaitu pierre de ronsard karena menjadi inspirasi dari kelompok penyair aliran Renaissance yang merujuk kepada puisi terpopuler di masa itu yaitu dari Mignonne yang berjudul Allons Voir Si La Rose. Keindahan mahkota bunga mawar yang satu ini selanjutnya dijuluki hall of fame the world oleh Federation of Rose Societies pada tahun 2006 yang lalu. Dalam masa – masa pertumbuhannya agar mendapatkan hasil yang memuaskan maka tanaman ini memerlukan air dan sinar matahari dalam jumlah yang mencukupi. Mampu tumbuh dengan ketinggian mencapai 180 hingga 330 cm, eden rose mekar di sepanjang akhir musim semi ke akhir musim panas.

6/ Jenis mawar yang dikenal dengan nama gallica roses

Bunga mawar gallica roses adalah salah satu jenis bunga mawar yang didapat dari hasil persilangan diantara bunga mawar jenis lainnya. Pertama kali dilakukan di dua lokasi yang berbeda – beda yaitu di Eropa bagian selatan dan juga Eropa bagian tengah. Mawar gallica roses termasuk ke dalam jenis bunga yang sangat langka karena bunga yang satu ini hanya mampu berbunga sekali dalam setahun yaitu saat musim panas saja.

7/ Jenis mawar yang dikenal dengan nama mawar damask

Bunga mawar damask termasuk ke dalam kelompok jenis bunga mawar hibrida. Adalah seseorang yang bernama Robert de Brie berasal dari Persia pertama kali mengembangkan bunga mawar jenis ini ke Eropa.

 

Bunga Mawar Dan Manfaat Untuk Kesehatan

  • Meningkatkan kolagen karena bunga mawar mengandung vitamin C yang ampuh untuk memberikan efek meningkatkan sistem kolagen di dalam tubuh.
  • Mengurangi sakit kepala karena zat yang terkandung di dalam bunga mawar bersifat menenangkan dan menyumbangkan efek aroma terapi yang diyakini ampuh untuk mengurangi rasa sakit di bagian kepala.
  • Bisa untuk mengurangi rasa stres dimana pada zaman Romawi dan Yunani kuno, bunga mawar kerap dijadikan sebagai obat untuk meredakan depresi dan rasa cemas yang berlebihan. Aroma harum dari bunga mawar diyakini memiliki kemampuan sebagai obat untuk meregangkan otak dan syaraf yang ampuh untuk mengurangi stres ketika sedang sibuk atau yang mempunyai tingkat aktifitas cukup tinggi.
  • Bagus untuk pencernaan yang digunakan pada masa kejayaan kerajaan – kerajaan India kuno, bunga mawar kerap dijadikan sebagai obat untuk mengatasi masalah sistem pencernaan yang buruk. Bunga mawar diyakini ampuh untuk meningkatkan sistem metabolisme di dalam tubuh supaya tetap dalam kondisi sehat yang bermanfaat sebagai media untuk memperlancar pencernaan.
  • Mengatasi masalah jerawat, air mawar bermanfaat untuk membersihkan pori – pori dan membantu meminimalisir terjadinya pertumbuhan jerawat di bagian kulit wajah. Air bunga mawar bisa dijadikan sebagai pembasuh supaya terhindar dari masalah jerawat.
  • Sebagai media untuk mencegah terjadinya proses penuaan dini yang memanfaatkan rose hips atau buah bunga mawar yang banyak mengandung vitamin C. Bermanfaat untuk menangkal radikal bebas yang akan menghindarkan anda dari terjadinya penuaan dini sehingga menjadi awet muda dimana vitamin C yang terkandung di dalam buah bunga mawar adalah sebagai sumber antioksidan yang bagus untuk kulit.
  • Mengatasi mata lelah yaitu dengan memanfaatkan air bunga mawar yang ampuh untuk mengobati masalah kelelahan pada mata sebagai akibat kurang tidur. Tanda – tanda mata anda kelelahan adalah dengan munculnya mata panda atau lingkar hitam di area mata. Hilangkan ini dengan cara mengompres air bunga mawar di sekitar mata lelah anda secara rutin selama anda merasa terganggu.

 

Bunga Mawar Dan Kandungan Di Dalamnya

Di dalam setangkai bunga mawar banyak mengandung beberapa zat kimia antara lain sebagai berikut : zat linalo, sitroneol, sitral, eugenol, geraniol, famesol, kohok, fenileti, nonilaldehida, antosianin, vitamin B, vitamin E, vitamin C, vitamin K, zat tanin, flavonoid, asam geranik, pectin, terpene, vanillin, karetonoid, poliphenol dan stearopten.

Bunga mawar selain memiliki mahkota bunga yang indah dan mengeluarkan aroma wangi juga mempunyai banyak manfaat untuk kesehatan tubuh manusia.

Demikian kami menjelaskan dengan singkat tentang manfaat bunga mawar. Semoga bermanfaat.

Tags Kesehatan

About The Author

Kadek Nila Utami 15
Novice

Kadek Nila Utami

Suka membaca dan menulis

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel

From Kadek Nila Utami