Mengenal Ragam Gadget

27 Jan 2021 09:45 1007 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Membeli gadget perlu memperhatikan ragam gadget yang akan dipilih beserta beberapa tips yang diketahui sehingga mendapatkan kualitas benda yang terjamin.

Apakah  anda  sudah  mengenal atau pernah mendengar tentang istilah gadget? Gadget adalah menjadi salah satu bagian dari perkembangan zaman teknologi yang mengalami perkembangan ke masa depan dengan menghadirkan teknologi – teknologi terbaru yang berfungsi untuk membantu beragam kegiatan manusia agar dilakukan menjadi lebih mudah. 

Sebelumnya belum dikenal istilah gadget karena rata – rata alat komunikasi di dunia masih mengaplikasikan perantara kabel / telepon dan ada yang memanfaatkan sinyal radio dengan istilah handy talkie (saat ini dikenal dengan istilah walkie talkie). Perangkat telepon ini belum dapat disebut gadget sepenuhnya karena sistem pemakaiannya masih agak sulit dimana bobot perangkat telepon saat itu bisa mencapai sekitar 35 pon sehingga menjadi kurang efektif.

Pada generasi ke 1 dan ke 2, perangkat telepon mulai mendapatkan modifikasi yang sifatnya lebih ringan yaitu dengan memakai antena mini yang menangkap sinyal – sinyal radio terendah sehingga aman bagi kesehatan si pemakai. Memasuki generasi ke 3 sudah mulai memperkenalkan adanya sistem operasi pada alat baru yang disebut dengan istilah handphone (seperti Java, Android, dan Symbian). Kemunculannya juga disertai dengan pemanfaatan internet dimana fungsi handphone menjadi semakin mendekati PC. Ketika menuju kepada generasi ke 4 hingga saat ini muncullah istilah gadget yaitu smartphone dengan memakai teknologi sinyal 4G.

 

Jenis – Jenis Gadget

1/ Gadget bernama tablet

Apabila laptop merupakan salah satu bentuk modifikasi dari komputer PC, maka yang dimaksud dengan tablet adalah menjadi salah satu bentuk modifikasi dari laptop. Rata – rata bentuk tablet sangat mini dan simpel yang sangat mudah dibawa kemana – mana tetapi memegang peranan yang sifatnya kompleks menyerupai laptop. 

2/ Gadget bernama headphone atau headshet 

Ini adalah menjadi salah satu cara tepat guna menikmati semua jenis musik yaitu dengan mengaplikasikan gadget bernama headphone atau headshet. Dimana cara untuk mendengarkan musik dengan memakai gadget ini terbilang lebih mantap dan tenang (suara yang dikeluarkan lebih merdu). Memakai headphone atau headshet ketika anda sedang mendengarkan musik tidak akan mengganggu orang lain dan menghindarkan orang lain dari kebisingan.

3/ Gadget bernama handphone

Alat ini adalah salah satu jenis gadget terpopuler dimana hampir semua kalangan masyarakat dari usia dewasa hingga anak – anak sekalipun mengenalnya. Fungsi utama handphone adalah sebagai alat komunikasi yang saat ini mengalami perkembangan zaman dengan bertambahnya fungsi lain yaitu sebagai media untuk mencari informasi, game, kamera, dan yang lainnya.

4/ Gadget bernama laptop 

Ini adalah alat sebagai salah satu bentuk modifikasi dari computer PC sehingga menjadi lebih sederhana dan mudah untuk dibawa kemana – mana. Laptop saat ini mengalami perkembangan yang sangat pesat dengan ditandai bermunculan merek – merek terbaru dengan dilengkapi oleh teknologi yang semakin canggih di masa depan.

5/ Gadget bernama camera digital

Perangkat yang satu ini mempunyai fungsi utama sebagai media untuk melakukan potret ke objek – objek yang diinginkan. Memiliki beberapa upgrade yang dilakukan seperti penyediaan lensa yang semakin canggih seiiring dengan perkembangan zaman dan bahkan mulai memunculkan istilah action cam.

 

Tips Membeli Gadget

Membeli handphone baru atau yang bekas sama saja. Mungkin masalah ini menjadi sebuah dilema bagi anda yang secara kebetulan ingin berganti HP. Jika ingin membeli yang bekas maka harganya jauh lebih murah. Namun rata – rata banyak orang masih meragukan kualitas barang bekas yang akan dibeli apakah masih bagus atau tidak sehingga mereka memutuskan untuk membeli HP yang baru saja.

Ketika membeli gadget bekas atau yang terbaru, anda dituntut harus jeli. Ada beberapa tips yang dapat anda terapkan ketika ingin membeli HP bekas atau yang terbaru. Apa sajakah itu ? Simak penjelasan kami tersebut di bawah ini :

1/ Harus mengetahui kapan waktu yang pas untuk membeli HP

Waktu yang tepat guna membeli sebuah HP adalah saat ada peluncuran produk terbaru oleh brand tertentu. Kondisi ini akan menyebabkan harga produk - produk sebelumnya menjadi lebih murah apalagi untuk HP bekas. Tentukan HP apa yang ingin anda beli.    

2/ Melakukan riset harga pasar  

Hal terpenting yang perlu diperhatikan ketika memutuskan untuk membeli HP adalah memperoleh informasi harga yang lebih murah. Maka dari itu lakukan riset terlebih dahulu. Bandingkanlah harga pada berbagai marketplace dan offline store. Hitung juga berapa uang yang akan anda keluarkan guna membeli versi terbaru. Setelah selesai melakukan riset maka ketahui berapa kira – kira uang yang wajib anda siapkan.

3/ Mencari tahu beberapa informasi tentang dimana tempat yang tepat guna membeli gadget yang baru

Cari tahu tentang beberapa tempat yang sesuai guna membeli HP bekas atau terbaru tidaklah mudah untuk dilakukan. Salah satu cara yang praktis adalah membeli secara online akan memberikan dan menyediakan lebih banyak pilihan. Namun disarankan untuk membeli secara langsung bertatap muka lebih terpercaya.

Jika anda memilih untuk membeli secara online maka pastikan kredibilitas penyedia. Anda bisa membeli dari teman – teman / kenalan anda yang kebetulan menjual HP bekas atau yang terbaru. Sehingga anda dapat lebih leluasa bertanya dan melihat barang secara langsung.

4/ Pastikan anda meneliti HP yang akan dibeli dengan jeli

Apabila memilih untuk membeli secara offline maka sebelumnya pastikan anda dapat memegang dan melihat bagaimana kondisi HP secara keseluruhan. Seperti layarnya, apakah tergores, retak, dan lain sebagainya (khusus untuk HP bekas). Selanjutnya periksa bagian lensa kamera, cek semua port yang tersedia, lalu pastikan speaker apakah bekerja dengan sempurna. Cobalah charger dan sebaiknya masukkan SIM card atau SD card.

5/ Jangan ragu – ragu bertanya kepada penjual yang sedang anda tuju

Siapa saja pastilah ingin membeli barang dengan kualitas terbaik bukan ? Maka dari itu jangan ragu untuk bertanya kepada penjual apa – apa saja defect yang ada di HP yang akan anda pilih. Apakah HP pernah atau sering jatuh ke dalam air (untuk yang bekas) karena ini dapat mempengaruhi kinerja ketika anda akan memakainya.

6/ Carilah informasi apa – apa saja bonus yang dapat anda manfaatkan ?

Ada keuntungan yang anda dapatkan dari membeli HP bekas adalah bisa memperoleh aksesori dengan cara gratis. Misalnya screen protector, case, charger, earphone, dan yang lainnya. Pastikan ketersediaan hal ini kepada penjual. Juga tanyakan apakah anda akan memperoleh original box atau tidak. Para penjual yang menyediakan box asli biasanya terpercaya. Ini akan membuktikan bahwa HP yang dijual bukan hasil curian.

7/ Negosiasilah dengan harga

Apabila anda sudah selesai mengecek semua kondisi maka selanjutnya adalah menentukan waktu guna melakukan negosiasi harga. Perhatikan garansi yang ditawarkan. Untuk HP bekas jarang memiliki garansi. Sehingga harga menjadi lebih murah. Jangan lupa lihat seberapa besar defect yang dimiliki oleh HP bersangkutan. Meskipun akan mendapatkan harga beli yang murah, anda harus tetap menghargai penjual dengan tidak menawar harga yang terlalu murah. Apabila memang kondisi barang masih bagus maka anda harus bersedia mengakuinya dan memberikan harga yang sepadan.

Membeli gadget perlu memperhatikan ragam gadget yang akan dipilih beserta beberapa tips yang diketahui sehingga mendapatkan kualitas benda yang terjamin.

Demikian kami menjelaskan dengan singkat tentang mengenal ragam gadget. Semoga bermanfaat.

 

Tags gadget

About The Author

Utamii 57
Expert

Utamii

Suka membaca dan menulis

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel