Cara Menyelenggarakan Seminar yang Berhasil & Sukses

21 Dec 2020 09:42 2109 Hits 1 Comments Approved by Plimbi
Meskipun minat masyarakat luas untuk mengikuti seminar semakin tinggi namun bukanlah perkara mudah untuk mendapatkan jumlah peserta yang banyak. Nah, buat Anda yang ingin tahu cara menyelenggarakan seminar yang berhasil, berikut ini beberapa hal yang sebaiknya Anda ketahui.

Menyelenggarakan seminar yang berhasil bukanlah perkara mudah. Bahkan untuk seminar yang gratis sekalipun, ada banyak hal yang mesti direncanakan dan disiapkan dengan matang agar hasilnya memuaskan dan sesuai dengan target yang telah ditentukan.

Saat ini seminar bukan lagi merupakan kegiatan akademis yang hanya diselenggarakan di lingkungan kampus atau perguruan tinggi. Seminar, training ataupun workshop bukan lagi merupakan domain kalangan akademis. Seminar telah menjadi kegiatan yang menarik untuk semua kalangan, dari pelaku bisnis hingga ibu rumah tangga.

Bahkan saat ini seminar telah menjadi kegiatan publik yang kerap diselenggarakan untuk berbagai tujuan. Dari peluncuran program baru, sosialisasi, presentasi produk, promosi, hingga sebagai lahan bisnis event yang menguntungkan. Melalui seminar inilah masyarakat yang makin tinggi rasa ingin tahunya bisa mendapatkan informasi dan ilmu yang diharapkannya.

 

Cara Menyelenggarakan Seminar yang Berhasil

Meskipun minat masyarakat luas untuk mengikuti seminar semakin tinggi namun bukanlah perkara mudah untuk mendapatkan jumlah peserta yang banyak. Nah, buat Anda yang ingin tahu cara menyelenggarakan seminar yang berhasil, berikut ini beberapa hal yang sebaiknya Anda ketahui.

1.Pilih Tema yang Menarik

Tema atau topik seminar yang menarik merupakan salah satu kunci penting agar banyak peserta yang mendaftar dan mengikutinya. Jika Anda adalah event organizer atau pelaku bisnis yang ketap menyelenggarakan seminar sebagai kegiatan utamanya, sebaiknya rencanakan dan temukan topik yang menarik terlebih dahulu. Topik tentang tips bisnis, tips sukses, ataupun tentang bisnis online saat ini menjadi topik yang sangat menarik.

2.Buat Konsep Acara yang Menarik

Bukan hanya topiknya saja yang akan menentukan keberhasilan sebuah kegiatan seminar. Yang sebaiknya direncanakan dengan baik adalah menyusun konsep acara yang bukan hanya menarik namun juga mampu melibatkan peserta secara aktif selama kegiatan seminar berlangsung. Demo atau praktek yang berhubungan dengan topik bisa dilakukan. Begitu pun games, doorprize, dan bentuk permainan lainnya perlu disiapkan agar seminar berlangsung dinamis sekaligus sebagai ice breaker (pemecah suasana monoton) saat seminar.

3.Buat Time Schedul yang Jelas dan Terukur

Sebuah seminar yang berhasil karena dilakukan dengan perencanaan yang matang dan time schedule yang jelas dan terukur. Karena itulah susun setiap tahapan perencanaan dalam waktu yang jelas dan bisa dievaluasi untuk setiap tahapannya. Tak sedikit Event Organizer (EO) profesional yang sudah menyiapkan sebuah kegiatan seminar setidaknya 3 bulan sebelum pelaksanaan.

Dari penentuan topik, pembicara, pembagian materi dan waktu presentasi, sponsorhip, hingga cara dan strategi promosi semuanya sudah direncanakan dengan baik. Termasuk jika sebuah plan tidak berhasil langsung dilakukan rencana alternatif untuk mengatasinya.

4.Bentuk Tim dan Kepanitiaan

Tak ada kegiatan yang bisa berjalan tanpa adanya kepanitiaan. Namun sebuah kepanitiaan baru akan efektif jika bekerja berdasarkan job description yang jelas dan detail. Sebuah kepanitiaan tak perlu dengan banyak orang yang justru malah bisa membuat anggaran boros. Dengan sedikit orang saja, sebuah tim penyelenggara seminar akan berhasil jika mampu bekerja efisien dan bisa bekerja sama dalam team work.

5.Rencanakan Budgeting

Bagian lainnya yang tak boleh terlewatkan dalam merencanakan seminar yang berhaisl adalah soal pembiayaan atau budgeting. Terlebih jika Anda menyelenggarakan untuk mendapatkan keuntungan, maka biaya penyelenggaraan seminar harus direncanakan dengan matang. Dari pembiayaan untuk peralatan kesekretariatan, honor pembicara, pengadaan seminar kit, hingga promosi.

Itulah sejumlah tips penting yang sebaiknya Anda siapkan agar seminar memberikan hasil yang optimal. Nah, jika Anda membutuhkan tas seminar yang akan diberikan pada para peserta, sangat direkomendasikan untuk memesan ke Aprilian Tas. Selain telah berpengalaman dalam pembuatan tas seminar, tempat ini juga sangat ramah terhadap kebutuhan custom tas seminar yang sesuai kebutuhan Anda.

Semoga informasi tentang cara menyelenggarakan seminar yang berhasil ini bermanfaat dan menginspirasi.

Tags

About The Author

Nando Rifky 33
Ordinary

Nando Rifky

Profesional Blogger of Indonesia - Jasa Backlink Media Nasional Murah & Terpercaya!

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel