Bahasa Pemrograman C#

26 Oct 2020 10:45 481 Hits 2 Comments Approved by Plimbi
C# merupakan bahasa pemrograman yang populer dikalangan para programmer.

C#

C# adalah bahasa pemrograman komputer, sama seperti C, C++, Java, maupun yang lainnya. Perbedaannya, C# menggunakan library kelas yang terdapat pada .NET Framework. Hal ini tentu berbeda dengan C, C++, maupun Java, yang masing-masing memiliki library class sendiri-sendiri. Kelebihan library kelas yang terdapat di dalam .NET Framework adalah dapat digunakan oleh bahasa-bahasa lain yang mendukung .NET, seperti Visual Basic (VB) dan VIsual C++ (VC).

Karena C# menggunakan library kelas yang terdapat pada .NET Framework, maka kita perlu mempelajari dan melakukan eksplorasi terhadap kelas-kelas tersebut. Bagian kedua dari buku ini akan membahas beberapa kelas penting yang sering digunakan dalam program. Perlu kalian ketahui bahwa library dalam kelas .NET Framework merupakan library yang sangat besar dan kompleks.

 

Hubungan C# dengan C, C++, dan Java

Bagi kalian yang sebelumnya tidak pernah mempelajari C dan C++ mungkin akan sedikit bingung mengenai perbedaan antara C, C++, dan C#. Sebenarnya tidak ada hubungan khusus diantara ketiganya. Masing-masing merupakan bahasa pemrograman komputer yang berjalan secara terpisah di lintasannya masing-masing.

C adalah bahasa pemrograman paling populer di sepanjang sejarah pemrograman komputer. C dibuat pada tahun 1970 oleh Dennis M.Ritchie di laboratorium Bell. Sejak kelahiran C, C banyak digunakan di lingkungan industri perangkat lunak untuk mengembangkan program-program diberbagai bidang. Sistem-sistem operasi yang beredar saat inipun (Windows, Linux, dan keluarga Unix lainnya) masih dikembangkan menggunakan bahasa C. Selain untuk pembuatan sistem operasi, C juga banyak digunakan untuk mengembangkan bahasa pemrograman baru beserta kompilator maupun interpreter-nya. C++, Java, Phyton, Ruby, PHP, dan Perl adalah contoh-contoh nyata dari bahasa pemrograman yang ditulis dalam bahasa C.

Bahasa C masih menggunakan bahasa prosedural. C belum mendukung metode pemrograman berorientasi object (OOP). Maka dari itu, Bjarne Stroustrup, yang bekerja di laboratorium Bell, mengembangkan bahasa pemrograman baru yang mula-mula dinamai dengan "C with Classes". Pada tahun 1983, nama tersebut diubah menjadi "C++", yaitu bahasa C yang mendukung pemrograman berorientasi object. Sejak saat itu, mulai banyak bermunculan bahasa baru yang menawarkan fitur pemrograman OOP.

Bahasa C# adalah produk Microsoft yang mulai diliris pada tahun 2000. Sintaks-sintaks kontrol yang digunakan oleh C# banyak diadopsi dari bahasa C, sedangkan untuk sintaks-sintaks yang berkaitan dengan kelas dan object banyak diadopsi dari bahasa C++ dan Java.

 

Struktur program dalam C#

Program di dalan C# dapat berupa kelas maupun struktur. Dalam kelas tersebut harus terdapat metode Main(), yaitu metode utama yang akan dipanggil pertama kali pada saat program dijalankan. Metode itu sendiri adalah fungsi yang didefinisikan di dalam suatu kelas maupun struktur.

 

Software yang Dibutuhkan untuk Mempelajari C#

untuk mempelajari bahasa pemrograman C# kita membutuhkan :

(-) Text editor, yang berfungsi untuk menulis program.

(-) Kompilator (compiler) C#, berguna untuk menerjemahkan kode program yang ditulis dalam bahasa C# menjadi file khusus yang disebut sebagai Microsoft Intermediete Language (MSIL), yang selanjutnya akan dijadikan sebagai file .exe oleh Just-In-Time (JIT) atas permintaan dari Common Language Runtime (CLR).

Kita dapat menggunakan aplikasi Text Editor apapun untuk menuliskan kode program dalam bahasa C#, asalkan file tersebut disimpan dalam eksensi .cs (C Sharp). Kompilator C# itu sendiri merupakan bagian dari .NET Framework. Dengan demikian, apabila kita melakukan instalasi .NET Framework, maka secara otomatis kompilator ikut terpasang di komputer kita. File program yang merupakan kompilator C# bernama csc.exe.

Hanya dengan menggunakan kedua software diatas (Text Editor dan .NET Framework), sebenarnya kita sudah dapat membuat program dalam bahasa C#, namun harus melalui cara yang manual. Untuk menyederhanakan cara tersebut, Microsoft telah menyediakan program Integrated Development Environment (IDE) yang sangat mudah dan nyaman digunakan, yaitu Visual C#, yang terbungkus dalam paket Visual Studio. Dengan menggunakan IDE Visual Studio, kita dapat menulis kode serta melakukan kompilasi dan eksekusi program melalui lingkungan yang sama (tidak memerlukan software tambahan).

Tags Teknologi

About The Author

Defa M 15
Novice

Defa M

Nama lengkap saya adalah Defa Mulya Pratama, saya berada di kelas 12 yang menekuni bidang Rekayasa Perangkat Lunak

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel