Apa Itu .Net Framework?

23 Oct 2020 16:40 156 Hits 1 Comments Approved by Plimbi
Framework adalah suatu kerangka kerja yang memudahkan para programmer untuk membuat aplikasi atau web.

.NET (dibaca: "dot net") Framework adalah software yang mendukung proses pengembangan dan eksekusi program di lingkungan Windows. Framework tersebut dikembangakan oleh Microsoft. Terdapat dua bagian atau entitas penting di dalam .NET Framework yang perlu diketahui sebelum melakukan pembuatan program-program yang menggunakan framework ini, yaitu: Class Library dan Common Language Runtime (CLR).

 

.NET Class Library

.NET Framework berisi sekumpulan library (pustaka) berupa kelas yang diatur dan dikelompokkan ke dalam bentuk hirarki namespace. Daftar kelas yang paling banyak digunakan disimpan didalam namespace System.* dan Microsoft.*. Kelas-kelas tersebut mengimplementasikan fungsi-fungsi umum yang paing sering digunakan dalam pengembangan program, seperti proses baca/tulis file, interaksi dengan database, manipulasi dokumen XML, dan sebagainya. Class Library dalam .NET Framework itu sendiri dibagi ke dalam dua kelompok: Base Class Library dan Framework Class Library.

Base CLass Library (BCL) berisi kumpulan kelas inti (subset dari seluruh kelas yang terdapat di dalam .NET Class Library) yang menyediakan fungsi-fungsi dasar bagi CLR. Kelas-kelas yang tersimpan dalam file mscorlib.dll serta beberapa kelas yang terdapat di dalam file System.dll dan System.core.dll ditetapkan sebagai bagian dari BCL.

Framework Class Library (FCL) merupakan superset dari BCL dan mengacu ke seluruh library kelas yang terdapat dalam .NET Class Library. Dengan demikian, FCL sebenarnya merupakan nama atau istilah lain dari .Net Class Library. FCL berisi sekumpulan kelas untuk pembuatan program yang melibatkan Windows Form (WinForms). ADO.NET, ASP.NET, Language Integrated Query (LINQ), Windows Presentation Foundation (WPF), Windows Communication Foundation (WCF), dan lain-lain.

Library kelas di dalam .NET Framework : 

(-) .NET Framework 2.0 (2005) : Common Language Runtime, Base Class Library, Windows Forms, ASP.NET, ADO.NET

(-) .NET Framework 3.0 (2006) : WPF, WCF, WF, Card Space.

(-) .NET Framework 3.5 (2007) : LINQ, ADO.NET Entity Framework

(-) .NET Framework 4.0 (2010) Parallel LINQ, Task Parallel Library

(-) .NET Framework 4.5 (2012) Modern UI Runtime, Task-Based Async Model.

 

Common Language Runtime (CLR) 

Common Language Runtime (CLR) adalah lingkungan atau sistem (virtual machine) yang mengatur proeses eksekusi dari program-program yang ditulis menggunakan library .NET. Pada saat kita melakukan kompilasi kode program yang ditulis menggunakan C#, VB .NET, VC .NET, maupun J#, hasil yang diberikan oleh kompilator (compiler) sebenarnya bukan berupa executable file (.exe), melainkan file berisi kode khusus yang disebut Microsoft Intermediate Language (MSIL). File MSIL merupakan sekumpulan intruksi yang bersifat portable, yang dapat dijalankan di dalam semua jenis CPU yang sudah dipasang .NET Framework. Pada saat program dijalankan, CLR akan mengaktifkan kompilator JIT (singkatan dari: "Just-In-Time") untuk mengeksekusi perintah-perintah yang terdapat di dalam file MSIL.

Proses kompilasi dan eksekusi program di dalam .NET Framework :

Misalkan kita membuat kode C# 

Kode C# -> Kompilator C# (csc.exe) -> Common Language -> Microsoft Intermediate Language (MSIL) -> CLR

Misalkan kita membuat kode VB .NET

Kode VB .NET -> Kompilator VB .NET -> Common Language -> Microsoft Intermediate Language (MSIL) -> CLR

Misalkan kita membuat kode C++/CLI

Kode C++/CLI -> Kompilator C++/CLI -> Common Language -> Microsoft Intermediate Language (MSIL) -> CLR

 

Kesimpulan

.NET Framework ini berfungsi untuk mempermudah para programmer dalam membangun sebuah aplikasi atau web. Dengan adanya .NET Framework ini kita tidak perlu membuang-buang waktu untuk memprogram, karna sudah di sediakan library untuk membuatnya.

Tags Teknologi

About The Author

Defa M 15
Novice

Defa M

Nama lengkap saya adalah Defa Mulya Pratama, saya berada di kelas 12 yang menekuni bidang Rekayasa Perangkat Lunak

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel