8 Hardware Penting di dalam CPU

13 Oct 2020 17:30 1402 Hits 1 Comments Approved by Plimbi
Hardware yang terdapat di CPU merupakan nyawa dari sebuah komputer.

Istilah hardware sering kita kenal pada perangkat komputer, karena komputer tersusun atas perangkat hardware dan software. Mungkin saja kalian yang baru mengenalo istilah ini merasa asing atau kurang mengetahui apa itu maksudnya. Sebenarnya hardware dapat dikatakan juga sebagai perangkat keras yang ada pada sebuah komputer, untuk memahaminya lebih jelas mari simak ulasannya dibawah ini.

Pengertian dari hardware atau dalam bahasa indonesia-nya disebut juga dengan nama “perangkat keras” adalah salah satu komponen dari sebuah komputer yang sifat alat nya bisa dilihat dan diraba secara langsung atau yang berbentuk nyata, yang berfungsi untuk mendukung proses komputerisasi. Hardware berfungsi untuk mendukung proses komputerisasi.

 

Berikut adalah Hardware Penting di dalam CPU

1. Casing

Casing Komputer adalah kotak atau rumah komputer adalah tempat terletaknya Processor (CPU), Motherboard dan peranti2 yang lain. Pada casing ini juga digunakan sebagai tempat untuk melindungi motherboard, floppy drive, power supply , hard disk drive dan komponen-komponen yang lain.

 

2. Motherboard

Motherboard adalah suatu perangkat komputer yang menghubungkan setiap komponen-komponen komputer agar bisa saling berkomunikasi satu sama lain seperti processor, video card, RAM, hard disk, dan lain sebagainya. Motherboard mengemban tugas untuk menghubungkan bahasa kode antar perangkat keras agar dapat disinergikan menjadi sebuah aktivitas kerja perangkat komputer.

 

3. Prossesor

Processor/Central Processing Unit ataupun sering disebut otak komputer, secara jelasnya prosesor adalah sebuah IC yang mengontrol keseluruhan jalannya sebuah sistem komputer dan digunakan sebagai pusat atau otak dengan fungsi melakukan perhitungan dan menjalankan tugas.

 

4. RAM

Pengertian RAM (Random Access Memory) adalah suatu hardware di dalam komputer yang berfungsi sebagai tempat penyimpanan data sementara (memori) dan berbagai instruksi program. Kapasitas RAM di dalam suatu komputer berpengaruh pada tingkat kecepatan proses data atau loading di komputer tersebut. Sehingga proses penyimpanan data, membuka data, dan menjalankan program, akan semakin cepat sesuai besarnya RAM komputer tersebut.

 

5. Hard disk

Harddisk merupakan komponen komputer yang digunakan sebagai penyimpanan perangkat keras untuk menyimpan dan membaca data pada komputer. Komponen ini menggunakan cakram yang dilapisi dengan bahan magnetik. Kapasitas yang dimilikinya juga cukup besar. Sifat dari komponen ini adalah permanen, sehingga yang disimpan tidak akan hilang. Harddisk juga memiliki dua jenis, yaitu internal dan eksternal. Kedua jenis ini memiliki fungsi dan kegunaan yang berbeda.

 

6. VGA

Video Graphics Array (VGA), adalah sebuah standar tampilan komputer analog yang dipasarkan pertama kali oleh IBM pada tahun 1987. Walaupun standar VGA sudah tidak lagi digunakan karena sudah diganti oleh standar yang lebih baru, VGA masih diimplementasikan pada Pocket PC. VGA merupakan standar grafis terakhir yang diikuti oleh mayoritas pabrik pembuat kartu grafis komputer. Tampilan Windows sampai sekarang masih menggunakan modus VGA karena didukung oleh banyak produsen monitor dan kartu grafis.

 

7. Power Supply

Power supply atau PSU merupakan suatu komponen komputer yang mempunyai fungsi sebagai pemberi suatu tegangan serta arus listrik kepada komponen - komponen komputer lainnya yang telah terpasang dengan baik pada motherboard atau papan induk, sedang tujuan awal dari penyaluran arus listrik ini adalah agar perangkat atau komponen - komponen komputer lainnya bisa berfungsi sebagaimana mestinya sesuai dengan tugasnya.

 

8. Fan Prossesor

Secara umum fan prossesor adalah sebuah perangkat pendingin yang kadang-kadang juga dilengkapi dengan fan yang ada di dalam komputer. Letaknya berdekatan dengan processor, tak salah jika heatsink pun disebut sebagai cooler yang bekerja di dalam laptop maupun komputer.

Tags Teknologi

About The Author

Defa M 23
Novice

Defa M

Nama lengkap saya adalah Defa Mulya Pratama, saya berada di kelas 12 yang menekuni bidang Rekayasa Perangkat Lunak

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel