6 Penemuan Hebat yang Mempengaruhi Perkembangan Teknologi

28 Sep 2020 12:35 693 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Penemuan teknologi sangat memudahkan manusia untuk menyelesaikan pekerjaannya. Semakin baru teknologi yang ditemukan biasanya akan semakin canggih.

Manusia telah banyak menemukan hal-hal baru du dunia ini, mulai dari penemuan yang sederhana hingga penemuan yang rumit. Keingintahuan pada manusia akan terus berkembang, orang-orang dari berbagai etnis dan kelas sosial saling berlomba-lomba untuk menemukan atau membuat hal baru melalui sains dan IPTEK.

Semua penemuan itu tentunya memiliki fungsi masing-masing, tetapi beberapa diantaranya mempunyai manfaat dan dampak perubahan yang besar dalam kehidupan manusia. Banyak penemuan-penemuan baru yang memudahkan pekerjaan manusia. Berikut 6 penemuan hebat yang mempengaruhi perkembangan teknologi.

 

1. Mesin Cetak (1450)

Penemu pertama mesin cetak ini adalah Johannes Gutenberg pada tahun 1450. Johannes Gensfleisch zur Ladem zum Gutenberg adalah seorang pandai logam dan pencipta berkebangsaan Jerman yang memperoleh ketenaran berkat sumbangannya bagi teknologi percetakan pada tahun 1450an. Industri Percetakan telah datang jauh sejak Johan Gutenberg menemukannya, pers pertama pada tahun 1439. Namun mesin ini luar biasa telah mengalami perubahan mengagumkan sejak penemuan Gutenberg hampir 600 tahun lalu.

 

2. Teleskop (1609)

Teleskop atau teropong adalah sebuah instrument pengamatan yang berfungsi mengumpulkan radiasi elektromagnetik dan sekaligus membentuk citra dari benda yang diamati. Galileo diakui menjadi yang pertama dalam menggunakan teleskop untuk maksud astronomis. Pada awalnya teleskop dibuat hanya dalam rentang panjang gelombang tampak saja (seperti yang dibuat oleh Galileo, Newton, Foucault, Hale, Meinel, dan lainnya), kemudian berkembang ke panjang gelombang radio setelah tahun 1945, dan kini teleskop meliput seluruh spektrum elektromagnetik setelah makin majunya penjelajahan angkasa setelah tahun 1960.

 

3. Mesin Uap (1712)

Pada tahun 1698, insinyur Inggris, Thomas Savery dipatenkan mesin uap mentah pertama. Savery digunakan penemuannya untuk memompa air keluar dari tambang batu bara. Pada tahun 1712, insinyur Inggris dan pandai besi, Thomas Newcomen menemukan mesin uap atmosfer. Tujuan dari mesin uap Newcomen ini juga untuk menghilangkan air dari tambang. Pada 1765, seorang insinyur Skotlandia, James Watt mulai mempelajari Thomas Newcomen ini  mesin uap dan menciptakan sebuah versi perbaikan. Itu mesin Watt yang adalah orang pertama yang memiliki gerakan berputar. Desain James Watt adalah salah satu yang berhasil dan penggunaan mesin uap menjadi luas.

 

4. Plastik (1856)

Sejarah plastik di muka bumi ini diawali oleh Alexander Parkes yang pertama kali memperkenalkan plastik pada sebuah eksibisi internasional di London, Inggris pada tahun 1862. Plastik temuan Parkes disebut Parkesine ini dibuat dari bahan organik dari selulosa. Parkes mengatakan bahwa temuannya ini mempunyai karakteristik mirip karet, namun dengan harga yang lebih murah. Ia juga menemukan bahwa Parkesine ini bisa dibuat transparan dan mampu dibuat dalam berbagai bentuk. Sayangnya, temuannya ini tidak bisa dimasyarakatkan karena mahalnya bahan baku yang digunakan. Kemudian pada tahun 1907 bahan sintetis pertama buatan manusia ditemukan oleh seorang ahli kimia dari New York , Leo Baekeland. Dirinya mengembangkan resin cair yang diberi nama Bakelite. Material baru ini tidak terbakar, tidak meleleh dan tidak mencair di dalam larutan asam cuka. Dengan demikian, sekali bahan ini terbentuk maka tidak akan bisa berubah. Bakelite ini bisa ditambahkan ke berbagai material lainnya seperti kayu lunak.

 

5. Telefon (1876)

Telepon adalah pesawat dengan listrik dan kawat, untuk bercakap-cakap antara dua orang yang berjauhan tempatnya Kebanyakan telepon beroperasi dengan menggunakan transmisi sinyal listrik dalam jaringan telepon sehingga memungkinkan pengguna telepon untuk berkomunikasi dengan pengguna lainnya. 1871, Antonio Meucci mematenkan penemuannya yang disebut sound Telegraph. Penemuannya ini memungkinkan adanya komunikasi dalam bentuk suara antara dua orang dengan menggunakan perantara kabel. 1875, perusahaan telekomunikasi The Bell mendapatkan hak paten atas penemuan Meucci yang disebut transmitters and Receivers for Electric Telegraphs. Sistem ini menggunakan getaran multiple baja untuk memberikan jeda pada sirkuit.1876, perusahaan Bell mematenkan Improvement in Telegraphy. Sistem ini memberikan metode untuk mentransmisikan suara secara telegraf. 1915, telepon dengan sistem wireless pertama kali digunakan. Sistem ini memudahkan pengguna telepon untuk saling berhubungan lintas negara.

 

6. Pesawat Terbang (1903)

Pesawat terbang yang lebih berat dari udara ini diterbangkan pertama kali oleh Wright Bersaudara dengan menggunakan pesawat rancangan sendiri yang dinamakan Flyer yang diluncurkan pada tahun 1903 di sekitar Amerika Serikat. Selain Wright bersaudara, tercatat beberapa penemu pesawat lain yang menemukan pesawat terbang antara lain Samuel F Cody yang melakukan aksinya di lapangan Famborough, Inggris tahun 1910. Sedangkan untuk pesawat yang lebih ringan dari udara sudah terbang jauh sebelumnya. Penerbangan pertama kalinya dengan menggunakan balon udara panas yang ditemukan seorang berkebangsaaan Prancis bernama Joseph Montgolfier dan Etiene Montgolfier terjadi pada tahun 1782. kemudian disempurnakan seorang Jerman yang bernama Ferdinand vom Zeppelin dengan memodifikasi balon berbentuk cerutu yang digunakan untuk membawa penumpang dan barang pada tahun 1900. Pada tahun tahun berikutnya balon Zeppelin mengusai pengangkutan udara sampai musibah kapal Zeppelin pada perjalanan trans-Atlantik di New Jerssey, 1936 yang menandai berakhirnya era Zeppelin meskipun masih dipakai menjelang Perang Dunia 2. Setelah zaman Wright, pesawat terbang banyak mengalami modifikasi baik dari rancang bangun, bentuk dan mesin pesawat untuk memenuhi kebutuhan transportasi udara.Pesawat komersial yang lebih besar dibuat pada tahun 1949 bernama Bristol Brabazon.Sampai sekarang pesawat penumpang terbesar di dunia di buat oleh airbus industrie dari eropa dengan pesawat A380.

Tags Teknologi

About The Author

Defa M 23
Novice

Defa M

Nama lengkap saya adalah Defa Mulya Pratama, saya berada di kelas 12 yang menekuni bidang Rekayasa Perangkat Lunak

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel