Kelebihan dan Kekurangan VS Code

5 Aug 2020 13:00 428 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Vs code adalah text editor yang dibuat oleh Microsoft untuk Windows, Linux, dan macOS pada tahun 2015.

Vs code adalah text editor yang dibuat oleh Microsoft untuk Windows, Linux, dan macOS pada tahun 2015 dan sekarang sudah banyak orang menggunakan text editor ini.

Cara installnya pun cukup mudah kamu hanya perlu download vs code dari web resminya dan install sesuai intruksi yang diberikan.

Apa sih kelebihan dan kekurangan vs code berikut merupakan kelebihan dan kekurangan vs code.

kelebihan vs code yaitu...

 

1.Text editor gratis

Text editor ini gratis tanpa harus bayar jadi cocok banget bagi kamu yang pelajar atau yang sedang menghemat uang.

 

2.Sudah terinstall plugin EMMET

Buat para web developer plugin emmet merupakan plugin yang sangat membantu karena dapat menghemat waktu dan mempercepat dalam pembuatan sebuah web.Di vs code kamu tidak perlu lagi bingung gimana cara install plugin emmet karena vs code sudah terpasang dengan sendirinya ketika kamu install vs code.

 

3.Mudah untuk mengelola Extensions

Pengelolaan extensions yang sangat mudah sehingga mudah dipahami bagi kamu yang baru memakai vs code.Kamu hanya perlu ke menu ekstensions atau tekan CTRL + SHIFT + X dan pilih ekstensions mana yang mau kamu install atau bisa search di kolom search.

 

4.Extensions yang banyak

Banyak extensions vs code untuk memudahkan pekerjaan contohnya auto rename tag sangat berguna bagi web developer dan masih banyak lagi ekstensions yang dapat mempermudah pekerjaan. 

 

5.Kostumisasi tampilan

Di vs code kamu juga bisa merubah tampilan seperti icon,font atau warna sesuka kamu atau kamu bisa menginstall berbagai tema seperti material theme atau tema lainnya yang kamu sukai.

 

6.Terintegrasi dengan GIT

Di vs code sudah terintegrasi dengan git jadi kamu lebih mudah dalam menyelesaikan conflict atau mengetahui mana baris yang berubah atau ditambahkan.Jadi akan lebih memudahkan dalam kerja tim.

 

7.Snippet 

Di vs code kamu bisa membuat snippet sendiri atau bisa menginstall snippet dari menu ekstensions.

 

8.Dukungan bahasa 

Vs code sudah mendukung banyak bahasa seperti c,c++,php,javascript dan masih banyak yang lainnya.

 

9.Autocomplete

Di vs code sudah disediakan fitur autocomplete tentunya untuk memudahkan pekerjaan kamu bisa memunculkan autocomplete dengan menekan CTRL + SPACE maka autocomplete akan muncul.

Nah itulah kelebihan dari vs code.

setelah membahas kelebihan apa sih kekurangan dari vs code?

 

Berikut merupakan kekurang vs code..

1.Performa

kekurangan vs code terletak pada performa karena dibandingkan dengan text editor lain seperti sublime text yang masih lancar di cpu 2 core dengan 2gb ram sedangkan dengan spek yang sama vs code kadang suka crash atau lag.Jadi untuk performa yang stabil vs code butuh cpu 4 core dan 4gb ram.Dan saya rasa  mungkin 4gb ram masih belum cukup karena jika sambil buka browser seperti chrome mungkin vs code akan sedikit lag.

 

2.Belum menghafal shortcut key

Mungkin bagi kamu yang baru sebelumnya memakai sublime text dan ingin mencoba vs code mungkin kamu akan sedikit kebingungan dengan shortcut key di vscode karena tidak seperti d sublime text untuk melakuakan suatu tindakan menggunakan tombol CTRL sedangkan di vs code kamu menggunakan tombol ALT.

 

itulah kelebihan dan kekurangan vs code.

Kelebihan dan kekurangan di atas merupakan pengalaman saya menggunakan vs code kurang lebih selama 2 tahun dan sampai sekarang masih menggunakan vs code untuk kebutuhan ngoding.

 

Tags

About The Author

gustopa 15
Novice

gustopa

baik dan tidak sombong

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel