Tips Mudah Menghafal Saldo Normal Akun

4 May 2020 13:45 256 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Saldo normal akun ialah klasifikasi terhadap suatu akun yang merupakan salah satu dari prinsip pembukuan yang berpasangan.

Apa sih saldo normal akun itu? Mungkin hal yang akan terlintas di pikiran kalian saldo ialah berupa sejumlah nilai atau uang. Namun bagaimana dengan arti dari saldo normal akun itu sendiri. Mungkin tidak banyak khalayak yang mengetahui arti dari saldo normal akun ini, karena istilah ini sering kita temui dan digunakan dalam ilmu ekonomi khususnya akuntansi dan finance.

Untuk mengetahui lebih lanjut tentang saldo normal akun, di artikel ini saya akan menjelaskannya dan akan berbagi tips cara mudah menghafal saldo normal akun.

Dalam ilmu akuntansi, saldo normal akun ialah klasifikasi terhadap suatu akun yang merupakan salah satu dari prinsip pembukuan yang berpasangan. Definisi ini mengandung suatu ketetapan yang pasti, bahwa setiap akun akan memiliki penempatan saldo tersendiri dan saling berpasangan satu dengan yang lain (debet dan kredit). Sifat atau ciri yang melekat pada saldo normal akun ialah berpasangan, saling mempengaruhi satu dengan yang lain, dan seimbang.

 

Tabel Pengelompokan Saldo Normal Akun

Pada tahap ini saldo normal akun akan dikelompok-kelompokan pada akun dalam laporan keuangan. Untuk membantu kalian, berikut ini saya sajikan tabel saldo normal akun dalam pencatatan laporan keuangan.

Keterangan:

D : Debet

K : Kredit

Tabel di atas akan membantu kalian untuk mengetahui saldo normal akun yang terdapat pada laporan keuangan pada umumnya. Perlu kalian ingat, bahwa nilai dari saldo harus seimbang antara debet dan kreditnya.

 

Tips Mudah Menghafal Saldo Normal Akun

Tips ini diberi nama Metode Jari Tangan. Sesuai dengan namanya, metode ini menggunakan jari tangan kalian untuk membantu mengingat saldo normal akun. Langkah pertama, lambangkan kelima jari Anda sebagai pengelompokan akun, misal ibu jari sebagai akun aktiva (Harta), jari telunjuk sebagai akun kewajiban, jari tengah sebagai akun modal, jari manis sebagai akun pendapatan dan terakhir, jari kelingking sebagai akun beban.

 

Langkah kedua, lipat jari telunjuk, jari tengah dan jari manis Anda ke dalam telapak tangan. Berarti saat ini hanya tersisa ibu jari dan jari kelingking yang berdiri. Dari sini Anda dapat mengelompokan, jari yang masuk ke dalam telapak tangan memiliki saldo normal akun kredit. Sedangkan jari yang masih berdiri tegak memiliki saldo normal akun debet.

 

Hanya dengan dua langkah mudah, kalian dapat menghafal saldo normal akun kapan saja dan dimana saja. Tetapi sangat disarankan untuk kalian membaca dan berlatih lagi memperdalam mengenai ilmu akuntansi khususnya saldo normal akun.

Nah,  jadi itulah tips cara mudah menghafal saldo normal akun. Mengetahui saldo normal akun ini akan mempermudah kalian membuat laporan keuangan. Jika ternyata perusahaan kalian berbentuk Koperasi dan  belum memiliki sistem pengelolaan akuntansi yang baik, kalian dapat menggunakan software akuntansi dari Smartcoop untuk pembukuan dan pelaporan keuangan yang aman dan nyaman bagi Koperasi kalian.

Smartcoop, ini merupakan salah satu software akuntansi online yang membantu kalian membuat laporan keuangan secara instan dan realtime. Dengan laporan keuangan dari Smartcoop, Anda dapat lebih bebas mengelola Koperasi di mana pun dan kapan pun. Untuk info lebih lanjut mengenai Smartcoop dapat Anda temukan disini.

Semoga bermanfaat dan dapat menambah wawasan serta ilmu akuntansi kalian selama WFH ini ya…

 

Tags

About The Author

Angela W Putri 13
Novice

Angela W Putri

Hello, I'm Angela, one of the accounting consultants at PT 4 Vision Media. I developed my accounting specifically in the area of cooperative accounting. I graduated from the Indonesian Institute of Cooperatives (IKOPIN) and while I was studying I was also an assistant in the accounting and finance laboratory. I became an accounting consultant to help clients understand about the flow of accounting in the smartcoop application which is one of the products of PT 4 vision media. And until now I have not stopped continue to explore and look for new references in the accounting even and especially in the world of cooperatives.

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel