5 Manfaat Akuntansi bagi Dunia Bisnis

27 Apr 2020 12:15 327 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Secara umum manfaat akuntansi ini berpusat pada penghitungan dan analisa arus keuangan yang terkait dengan kondisi sebuah bisnis. Hal ini lah salah satu yang sangat vital bagi keberlangsungan sebuah usaha.

Apa saja kah manfaat yang diberikan Akuntansi bagi dunia bisnis? Secara umum manfaat akuntansi ini berpusat pada penghitungan dan analisa arus keuangan yang terkait dengan kondisi sebuah bisnis. Hal ini lah salah satu yang sangat vital bagi keberlangsungan sebuah usaha. Nah, untuk mengetahui lebih lanjut bagaimana akuntansi dapat membantu analisa keuangan dan apakah ada manfaat lain dari akuntansi untuk keberlangsungan bisnis?

Oleh karena itu, dalam rangka untuk mengisi suasana Work From Home (WFH), di sini saya akan menjelaskan lebih lanjut mengenai manfaat akuntansi bagi dunia bisnis...

 

Ada beberapa manfaat Akuntansi bagi dunia bisnis yang perlu kalian ketahui, agar dapat kalian jadikan referensi untuk perkembangan bisnis adalah sebagai berikut:

 

1. Menyediakan Informasi Keuangan untuk dasar Keputusan Manajerial

Salah satu manfaat lain akuntansi dalam bisnis ialah menyediakan segala informasi keuangan untuk dijadikan sebagai dasar keputusan manajerial. Karena jika kalian berada dalam posisi manajer mengharuskan Anda untuk cepat dan tanggap dalam mengambil keputusan yang tepat guna mencapai tujuan perusahaan. Dalam proses pengambilan keputusan ini akuntansi berguna untuk mempermudah manajerial.

 

2. Sebagai Alat Pengontrol dan Pengendali Keuangan

Akuntansi juga berperan sebagai alat pengontrol dan pengendali keuangan dalam perkembangan usaha. Salah satunya ialah memberikan informasi pengelolaan dana seperti laba yang dihasilkan dan kerugian yang diderita oleh perusahaan secara tidak langsung berfungsi sebagai alat pengendali keuangan perusahaan

 

3.  Untuk Dasar Pengalokasian Sumber Daya

Sumber daya seperti modal jika diinvestasikan dengan tepat dapat menghasilkan laba yang menjanjikan untuk perkembangan usaha. Dengan banyaknya pilihan dalam pengalokasian sumber daya, Anda bisa memakai informasi keuangan sebagai dasar pengambilan keputusan. Untuk mengalokasikan dana ke pilihan yang tepat, dasarkan keputusan Anda pada laporan keuangan. Selain itu,keputusan berdasarkan laporan keuangan juga lebih berdasar dan dapat dipertanggungjawabkan

 

4. Sebagai Alat Evaluasi Bisnis

Akuntansi memberikan laporan keuangan bulanan yang dapat kalian jadikan bahan evaluasi. Dari laporan keuangan tersebut, kalian dapat melihat strategi pemasaran apa yang paling menghasilkan. Pengeluaran apa yang memberikan nilai tambah pada perusahaan dan pengeluaran mana yang kurang bernilai. Dan hal ini sangat dibutuhkan bagi perkembangan bisnis kalian

 

5.Sebagai Informasi untuk para Pihak Eksternal

Para pihak eksternal seperti investor dan pemegang saham sangat memerlukan informasi tentang laporan keuangan untuk menilai kinerja perusahaan dan manajemen. Manfaat akuntansi yang satu ini memungkinkan pihak eksternal untuk melacak perkembangan dan aktivitas perusahaan. Karena, Jika keuangan perusahaan sehat dan stabil, sangat memungkinkan bagi para investor untuk kembali menanamkan modal untuk perkembangan perusahaan. Sebaliknya, jika ternyata keadaan keuangan perusahaan kurang baik, para investor bisa membantu dengan memberikan saran terhadap aktivitas dan proses pengambilan keputusan untuk kepentingan perusahaan.

 

Nah,  jadi itulah berbagai manfaat akuntansi yang menunjukkan bahwa akuntansi memegang peranan penting dalam perkembangan bisnis kalian. Kalau ternyata usaha kalian bergerak di bidang Koperasi dan belum memiliki sistem pengelolaan akuntansi yang baik, kalian bisa gunakan software akuntansi dari Smartcoop untuk pembukuan aman dan nyaman usaha kalian.

 

Smartcoop, salah satu software akuntansi online yang membantu membuat laporan keuangan secara instan dan realtime. Dengan laporan keuangan dari Smartcoop, Anda dapat lebih bebas mengelola Koperasi di mana pun dan kapan pun. Selain untuk membuat laporan keuangan, Smartcoop juga memiliki berbagai fitur lain mulai dari mengelola stok barang, mengelola aset perusahaan, hingga melakukan transaksi seperti pembelian pulsa, pembayaran token listrik dan PDAM. Untuk info lebih lanjut mengenai Smartcoop dapat Anda temukan disini.

 

Semoga bermanfaat dan dapat menambah wawasan kalian selama WFH ini ya…

 

Tags

About The Author

Angela W Putri 14
Novice

Angela W Putri

Hello, I'm Angela, one of the accounting consultants at PT 4 Vision Media. I developed my accounting specifically in the area of cooperative accounting. I graduated from the Indonesian Institute of Cooperatives (IKOPIN) and while I was studying I was also an assistant in the accounting and finance laboratory. I became an accounting consultant to help clients understand about the flow of accounting in the smartcoop application which is one of the products of PT 4 vision media. And until now I have not stopped continue to explore and look for new references in the accounting even and especially in the world of cooperatives.

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel