5 Tips Hemat Buat Anak Kos Saat Wabah Corona

7 Apr 2020 09:00 237 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Jika tak dikelola dengan baik, berapa pun uang bulanan yang didapatkan atau dikirim orangtua tak akan pernah cukup.

Menjadi anak kos (entah saat kuliah atau pun kerja) adalah saat yang paling berharga untuk belajar mandiri karena pada saat kos ini seseorang bisa belajar cara menghemat uang.

Pun saat wabah Corona yang tak menentu ini, anak kos tentu perlu lebih memperketat anggaran keuangan sehingga bisa hemat keuangan, sembari menunggu gaji atau menunggu kiriman orang tua.

Kasarnya, kemampuan mengelola keuangan wajib dimiliki biar bisa bertahan di perantauan. Jika tak dikelola dengan baik, berapa pun uang bulanan yang didapatkan atau dikirim orangtua tak akan pernah cukup. Uang tidak akan cukup, jika anak kos tidak bijaksana dalam menggunakannya,

Berikut ini tips yang bisa dipraktikkan untuk menghemat uang:

 

1. Buatlah anggaran keuangan dengan cermat
Penghematan uang bisa dimulai dengan penggaran yang cermat. Penggaran sama artinya merancang alokasi duit yang didapatkan atau diterima untuk pos-pos yang wajib dan tidak bisa ditunda, seperti biaya sewa kos, makan setiap hari, transportasi, kuota Internet dan pulsa, hingga perlengkapan kerja atau kuliah. Anggaran yang baik menjadi penentu penghematan uang.

 

2. Lakukan belanja bulanan secara online
Saat physical distancing seperti saat ini, kalau harus bolak-balik ke minimarket untuk belanja tentu akan berbahaya tak hanya untuk kesehatan, tapi juga untuk isi dompet karena godaan diskon yang menggiurkan. Oleh sebab itu, belanja kebutuhan pokok untuk jangka waktu sebulan bisa menjadi solusi. Kalau pun masih was-was belanja di supermarket, belanja online bulanan tentu akan jauh lebih efektif.

 

3. Masak sendiri
Saat bekerja dari kos atau belajar di kos, tentu sebagai anak kos bisa menghemat pengeluaran makan hingga 50 persen. Sebagai gambarannya, jika kamu membeli seporsi nasi, sayur cap cay, dan ayam goreng seharga Rp 25 ribu maka dengan uang yang sama kamu bisa membeli bahan-bahan hidangan tersebut untuk dua hingga tiga porsi sekaligus. Selain menghemat keuangan, memasak sendiri juga terjamin kesehatannya dan skill memasaknya makin terasah. Kala lebih mau irit lagi, masak bersama orang sekos juga bisa bikin irit salan teman kos tidak banyak makannya.

 

4. Manfaatkan waktu luang dengan kegiatan bermanfaat
Bekerja atau belajar di kos memang membuat porsi waktu luang bertambah. Nah, biar tidak bete dan ngelamunin yang nggak-nggak, ada baiknya mengisi waktu luang yang dimiliki dengan membuat kegiatan-kegiatan yang bermanfaat dan produktif, semisal memulai investasi saham melalui aplikasi IPOTGO milik IndoPremier yang saat ini mudah dilakukan untuk pemula dan anak-anak kos-kosan hanya bermodalkan smartphone di genggaman tangan.

 

5. Abaikan diskon menggiurkan
Saat ada kebijakan physical distancing saat ini, banyak hal didiskon besar-besaran dengan maksud konsumen membeli secara online. Nah, biar tak gampang tergour dengan diskon dan promo yang berseliweran di medsos dan applikasi, tak ada salahnya membatasi penggunaan smartphone. Pembatasan penggunaan smartphone ini di sisi lain juga bisa untuk menghemat kuota.

 

Tags

About The Author

Setyo 34
Ordinary

Setyo

Pembelajar dalam menulis

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel