10 Cara Merawat Bulu Anjing Agar Tetap Sehat dan Lebat

20 Mar 2020 19:30 1067 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Bagaimanakah cara merawat bulu anjing? Yuk baca dalam artikel yang kesempatan ini penulis bagi tentang 10 langkah menjaga bulu anjing agar lebat.


Bulu salah satu tanda dari kesehatan anjing. Bulu yang sehat dan lebat adalah tanda-tanda jika anjing itu dirawat secara baik dan mendapatkan semua yang dibutuhkannya dengan mencukupi.

Begitupun sebaliknya, bulu yang kusam dan rontok mengisyaratkan jika anjing itu tidak diperlakukan secara baik dan merasakan tidak nyaman. Pasti setiap pemilik inginkan agar anjingnya memiliki bulu yang lebat dan indah dipandang.

Hal itu tentu saja dapat dipunyai oleh semua anjing seandainya dia mendapatkan gizi yang baik, tidak depresi dan tidak berpenyakit, dan mendapatkan perlakuan dan perawatan yang baik dari majikannya. Bagaimanakah cara merawat bulu anjing? Yuk baca dalam artikel yang kesempatan ini penulis bagi tentang 10 langkah menjaga bulu anjing agar lebat.

 

1. Makanan Sehat dan Gizi Seimbang

Langkah menjaga bulu anjing agar lebat yang disebut dasar penting adalah merawatnya dari dalam terlebih dulu, yaitu dengan memberinya makanan dan gizi yang imbang. Seperti kita ketahui jika anjing ialah hewan karnovira yang suka pada daging, beri dia daging yang sehat atau makanan anjing berbentuk paket dengan memerhatikan formasi dan kandungan gizi di dalamnya.

Pilih salah satunya antara yang memiliki kandungan asam lemak itu, tanyakan dengan dokter hewan tentang dosisnya sesuai dengan usia dan keadaan bulunya, atau cocokkan dengan panduan yang biasanya tertera dalam paketannya. Jangan memberikannya melewati dosis yang dipastikan karena dapat berefek membuat diare.

 

2. Mandi dan Disikat

Mandikan anjing anda minimal satu minggu sekali dengan disikat bulunyya dengan sikat spesial yang lembut. Hal tersebut baik untuk menahan bulunya kusust atau menggumpal sehingga menghambat perkembangan bulu yang baru. Teratur memandikan dan menyikat akan meleburkan bulu bulu yang sudah mati di di air sehingga tumbuh bulu bulu baru yang tambah lebih sehat.

 

3. Pilih Sampo yang Sesuai dengan

Beri sampo yang memang spesial untuk anjing, jangan memberi sampo yang asal-asalan karena berefek membuat kulitnya alergi. Beri sampo yang paling baik buatnya sekalian digosok gosok secara halus sehingga dia merasakan fresh dan tambah lebih fit. Janganlah lupa untuk mengeringkan bulu sesudahnya dengan memakai handuk kering, dengan hairdryer, atau mungkin dengan dijemur dengan cahaya matahari langsung yang hangat dan tidak terik.

 

4. Mencari Parasit di Bulunya

Yakinkan bulunya bebas parasit seperti kutu atau jamur, saat memandikan, membersihkan secara keseluruhnya yaitu sampai di belakang telinga dan wilayah lipatan dalam tubuhnya. triknya adalah dengan menggosok dengan sikat yang sudah disiapkan. kerjakan secara halus dan lengkap untuk memberi hasil yang paling baik dan rata bersihnya.

 

5. Cek Kesehatan Dengan Periodik

Kerjakan kontrol di dokter hewan secara periodik untuk tahu keseluruhnya dari keadaan badan dan kesehatannya karena ada banyak penyakit yang punya pengaruh pada bulunya sehingga jika berlangsung hal tersebut dapat selekasnya diatasi dan ditangani secara awal. Kontrol minimal setiap enam bulan sekali atau selambatanya setiap setahun sekali.

 

6. Rajin Menyisir Bulu Anjing

Sisir bulu anjing dengan sisir spesial bulu anjing minimal setiap satu hari sekali pada pagi hari atau pada malam hari mendekati tidur sekalian bersihkan tubuhnya. sisir secara keseluruhnya dari mulai kepala sampai ekor dan lihat bila ada sinyal tanda bulu tontok terlalu berlebih dan lihat perkembangan perkembangan bulunya. Jika dikerjakan setiap hari pasti itu adalah hal yang gampang.

 

7. Beri Suplemen

Beri obat atau suplemen spesial untuk bulu anjing yang ada di toko keperluan hewan dengan memberikannya sesuai dengan dosis yang tercantum atau lewat konsultasi dengan dokter hewan terlebih dulu. Perhatikan perkemabanganya sesudah anda memberinya suplemen, pstikan suplemen itu memberikannya hasil yang riil dan tidak membuat kulitnya alergi.

 

8. Hindarkan Depresi

Anjing yang depresi sebab lingkungan atau hal-hal lain dapat punya pengaruh pada kesehatan bulunya yaitu bulunya jadi kusam dan gampang rontok. Harus untuk memerhatikan moodnya dan keadaannya agar dapat pastikan jika dia riang dan tidak dalam keadaan susah. Ceah depresi dengan memberi perawatan ang paling baik buatnya dari mulai gizi, lingkungan, rekan bermain, dan hindari jemu dengan mengajaknya bermain secara periodik.

 

9. Hindarkan dari Penyakit

Langkah menjaga bulu anjing agar lebat teruskan dengan memberikannya perlindungan dari semua penyakit khususnya penyakit kulit dengan bersihkan kesehatan dan kebersihan tubuhnya, mennjaga kebersihan kandang dan lingkungannya, jaga kebersihan makanan dan tempat makan minumnya dan memberikannya tempat yang kering yang jauh dari lembab.

 

10. Air Minum yang Bermutu

Beri air minum yang bermutu yang memenuhi buatnya, kesehatan air jelas dikuasai oleh kandungan air pada tubuh anjing, bila kandungan air pas dan anjing tidak dehidrasi, pasti menmberikan bulu yang sehat dan bebas rontok buatnya sehingga dia memiliki bulu yang lebat dan cemerlang warnanya. Semua gampang dikerjakan asal ada tekad.

Demikian artikel kesempatan ini, mudah-mudahan berguna untuk meningkatkan wacana anda tentang dunia hewan peliharaan dan semua perawatannya. Janganlah lupa untuk diaplikasikan dalam kehidupan seharian dan rutinlah memaca artikel artikel di web kami sehingga anda memiliki pengetahuan dan pengetahuan yang luas. Terima kasih, salam hangat dari penulis.

About The Author

Candra Bi 16
Novice

Candra Bi

playmaker https://panduanmenulis.com/

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel