Cara Meningkatkan Kecerdasan Kognitif Anak

11 Mar 2020 14:04 503 Hits 1 Comments Approved by Plimbi
Untuk merangsang kecerdasan kognitif anak, Anda bisa lakukan beberapa cara simpel. Tidak cukup dengan mengajarkannya berhitung dan membaca, kecerdasan kognitif anak balita bisa diasah dengan 5 cara ini.

Jadi orangtua Anda pasti bangga jika anak balita memiliki kecerdasan kognitif yang baik. Kecerdasan kognitif sendiri adalah potensi verbal, potensi pecahkan permasalahan, dan potensi untuk menyesuaikan dan belajar dari pengalaman hidup setiap hari.

Untuk merangsang kecerdasan kognitif anak, Anda bisa lakukan beberapa cara simpel. Tidak cukup dengan mengajarkannya berhitung dan membaca, kecerdasan kognitif anak balita bisa diasah dengan 5 cara ini.

 

Seringkali ajak berkomunikasi

Kecerdasan kognitif bukan hanya terbatas pada hitung dan membaca saja. Penalaran, komunikasi verbal, dan pemungutan ketetapan termasuk juga kecerdasan kognitif. Karenanya, seringkali berkomunikasi dengan anak dapat tingkatkan kecerdasannya.

Beberapa cara bisa Anda aplikasikan waktu berkomunikasi dengannya, Moms. Contohnya, menanyakan tentang beritanya atau beberapa hal di sekelilingnya. Anda pun bisa melatihnya dalam memutuskan, seperti bertanya makanan favorite atau warna baju yang akan dikenainya.

 

Asah fisik dengan permainan menarik

Potensi fisik dapat mengubah kecerdasan balita. Tidak hanya membuat fisiknya sehat, olahraga bisa membuat anak lebih fresh, hingga membantunya lebih konsentrasi dalam belajar.

Kegiatan fisik bisa dikerjakan dengan permainan menarik, seperti petak umpet, melempar bola, permainan cari harta karun, dan lain-lain.

 

Siapkan mainan interaktif

Mainan yang menolong merangsang kecerdasan kognitif anak sekarang telah tersedia banyak — dari mulai puzzle simpel, mainan kayu beraneka macam dan warna, sampai boneka interaktif.

Mainan-mainan itu dapat mempertajam potensi balita pecahkan permasalahan, tingkatkan kreatifitas, sampai mengubah perhatiannya dari bermain gawai kelamaan.

 

Bacakan dongeng

Membacakan si kecil dongeng bisa jadi salah satunya strategi ampuh untuk tingkatkan kecerdasan anak. Contohnya, dengan menirukan beberapa suara dalam fabel atau dongeng hewan, anak dapat mengenali beberapa jenis gambar dan suara.

Dongeng bisa menolong tingkatkan imajinasi anak, sekaligus juga menyambung jalinan Anda dengan menemaninya tidur tiap malam.

 

Datangi tempat menarik

Bawalah anak untuk lihat dunia luar. Menelusuri lingkungan yang tidak sama bisa mempertajam potensi pemahaman dan pengetahuannya, hingga kecerdasan kognitifnya juga bertambah.

Berjalan-jalan ke luar rumah tidak harus mahal. Anda bisa jalan-jalan di taman paling dekat, kebun binatang, serta ke pasar.

Nah Moms, tidak susah kan mempertajam potensi kognitif anak balita? Karena, Anda bisa mengerjakannya dengan cara simpel namun menyenangkan. Waktu lakukan beberapa pekerjaan di atas, Anda pun bisa menolong memaksimalkan perubahan kognitif anak dengan memberi sumber gizi yang cukup sesuai umur anak.

 

Tags Keluarga

About The Author

Stela Ariny 12
Novice

Stela Ariny

Pecinta kopi dan penyusun kata yang disadur dari hati

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel