Misterius! Antutu Benchmark dan Keluarganya Hilang dari Play Store!

10 Mar 2020 13:33 270 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Kemanakah perginya antutu?

Antutu Benchmark, atau yang biasa dipanggil Antutu saja, adalah sebuah aplikasi yang dapat mengukur tingkat performa dari smartphone maupun tablet Android dan iOS Anda menggunakan angka sebagai faktor penentunya. Semakin besar angka dari hasil pengujian antutu, maka semakin tinggi juga performa dari perangkat yang diuji tersebut.

Antutu seringkali digunakan atau malah sudah bisa dibilang menjadi bagian dari “rukun review” dari para gadgets reviewers baik itu yang berasal dari dalam maupun luar negeri. Walaupun tidak semua para tech reviewers itu percaya dengan hasil pengujian Antutu, satu hal yang dipercaya adalah bahwa dengan menyematkan Antutu pada konten video ataupun artikel dari review smartphone dipastikan akan menambah jumlah viewers dari konten tersebut.

Hal tersebut dikarenakan, di luar sana banyak orang-orang (penikmat dan pecinta gadget) yang memang memeluk aliran Antutuisme dimana sebelum membeli smartphone ataupun tablet, yang harus diketauhi itu adalah spesifikasi dan skor dari Antutu perangkat itu sendiri.

Selama bertahun-tahun Antutu sudah menjadi primadona dari banyak tech reviewers dan tech enthusiasts. Namun, semua berubah ketika negara api menyerang. Antutu dinyatakan hilang dari Google Play Store.

 

Ada apa dengan Antutu?

Hingga pertengahan bulan Februari 2020 lalu, Antutu dikabarkan masih terpantau di Google Playstore. Namun ketika memasuki bulan Maret 2020, Antutu dan keluarganya (Antutu 3D Bench dan Aitutu) lenyap secara misterius dari Google Play Store.

Sempat membuat publik kaget dan penasaran (terutama para pemeluk aliran Antutuisme), akhirnya terbongkar alasan kenapa Antutu hilang dari toko aplikasi milik Google tersebut. Usut punya usut, perusahaan aplikasi pembuat Antutu ternyata masih punya keterkaitan dengan Cheetah Mobile, yaitu perusahaan pembuat aplikasi asal China yang dulu itu pernah juga didepak Google dari Play Store dikarenakan aplikasi-aplikasi buatannya seringkali melanggar ketentuan yang telah dibuat Google di Play Store.

Alhasil, perusahaan pembuat aplikasi Antutu yang memang punya keterkaitan dengan Cheetah Mobile juga harus mengalami nasib yang sama.

 

Pembantahan pihak Antutu

Pengusiran secara sepihak yang dilakukan Google pada aplikasi Antutu Benchmark membuat manajemen pihak Antutu kaget. Pasalnya, pengusiran tersebut dilakukan tanpa adanya investigasi mendalam soal keterkaitan Antutu dengan Cheetah Mobile.

Berdasarkan statement dari pihak Antutu sendiri, memang benar Cheetah Mobile menanamkan sahamnya di perusahaan Antutu. Tapi, saham yang ditanamkannya itu hanya sedikit. Sehingga ruang gerak dari Cheetah Mobile sendiri sangatlah terbatas di perusahaan Antutu. Atau dengan kata lain, Cheetah Mobile tidak pernah ada campur tangan dalam pembuatan atau pengembangan aplikasi Antutu. Perusahaan tersebut sekedar menanam saham dan mendapatkan keuntungan saja dari saham yang mereka tanamkan.

Menurut pihak perwakilan Antutu, para pengguna setia Antutu tidak perlu panik, karena dalam waktu dekat pihak Antutu akan segera menyelesaikan masalah tersebut dengan pihak Google. Harapannya, dalam waktu dekat ini Antutu beserta keluarganya akan dapat kembali menempati lapaknya yang lama di Play Store.

So, bagi Anda yang sekarang ini bingung atau heran tentang kenapa Antutu hilang dari Play Store, jawabannya sudah penulis sajikan di atas. Ditambah dengan kemungkinan Antutu akan kembali dalam waktu dekat ke Play Store. –BB-

 

 

 

 

Tags

About The Author

Buricak Burinyai 60
Expert

Buricak Burinyai

Seorang warga Bandung yang cinta Bandung, teknologi dan mantannya

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel