Mengetahui Apa Itu iDempiere

5 Mar 2020 12:50 2545 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
ERP atau Enterprise Resource Planning adalah sistem yang dapat terintegrasi biasa digunakan oleh perusahaan untuk mengatur segala aktivitas, yaitu, Penggajian, Human Resource, Reporting, Akuntansi, dan masih banyak lainnya.

Sistem Terintegrasi

Tak kenal maka tak sayang begitulah pepatah mengatakan, bagi kalian yang sudah tahu dengan ERP beruntunglah kalian, tapi jika belum tau apa itu ERP coba simak berikut ini. 

ERP atau Enterprise Resource Planning adalah sistem yang dapat terintegrasi biasa digunakan oleh perusahaan untuk mengatur segala aktivitas, yaitu, Penggajian, Human Resource, Reporting, Akuntansi, dan masih banyak lainnya. ERP mempunyai banyak sekali brand dan vendor ada yang license atau berbayar untuk lisensi, user, dan fitur lainnya. Ada juga yang opensource yaitu semua orang bisa menggunakannya secara gratis tanpa ada batas user, hanya saja ada beberapa kendala jika menggunakan ERP yang opensource yaitu harus belajar lagi untuk mengutak-atik sistem tersebut. 

 

APA ITU IDEMPIERE? 

iDempiere adalah aplikasi atau software dari salah satu ERP opensource, iDempiere merupakan software ERP yang terdukung dan terorganisir oleh suatu komunitas pendukung. iDempiere diciptakan oleh Jorg Janke yang merupakan karyawan Oracle ( salah satu ERP ) di Jerman dan Amerika, ia memulai dengan menciptakan Compiere yaitu merupakan pendahulu iDempiere, Compiere yang merupakan cikal bakal ERP opensource mempunyai permasalahan internal yaitu perpecahan antara salah satu pihak yang mengiinginkan Compiere menjadi ERP license sedangkan pihak lain ingin tetap mengembangkan Compiere sebagai garda terdepan dari ERP Opensource. Oleh sebab itu pihak yang ingin tetap mengembangkan Compiere menjadi opensource membuat ERP opensource baru serta membentuk komunitas untuk ERP opensource yaitu Adempiere, seiring berjalannya waktu ada pengembangan sistem Open Service Gateway initiatives ( OSGI ) yaitu penggabungan antara bundles menjadi sesuai dengan keinginan pengguna, maka terjadilah perbedaan pendapat sama seperti sebelumnya ada yang tidak setuju ada juga yang setuju. 

Pihak yang menyatakan setuju untuk menggunakan OSGI membuat brand ERP opensource baru yaitu iDempiere, dimana semua bundles dan modules dapat dengan mudah dikostumisasi hingga digunakan sampai sekarang. 

Keunggulan iDempiere

Ada satu keunggulan iDempiere yang utama dibandingkan ERP opensource lainnya selain user yang tidak terbatas, harga yang relatif bersaing yaitu fleksibilitasnya, yaitu modul pada iDempiere dapat dikonfigurasikan sesuai dengan kebutuhan bisnis dan pengguna tersebut. 

Kekurangan iDempiere

jika ada keunggulan iDempiere maka ada juga kekurangannya, yaitu memerlukan waktu untuk mengkonfigurasikan modul sesuai dengan kebutuhan serta cara pemakaian dari ERP iDempiere.

 

Demikianlah ulasan mengenai software opensource iDempiere, mulai dari keunggulan dan kekurangannya. semoga dapat menambah wawasan para pembaca, dan membantu jika sedang mencari software ERP untuk perusahaan dan bisnis.

Tags

About The Author

Marshall 16
Novice

Marshall

Mencintai segala yang diciptakan oleh semesta, termasuk kamu

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel