ELEMEN PENTING DALAM PEMASARAN SECARA DIGITAL

30 Aug 2019 11:28 1310 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Ketika digital marketing baru dipelajari, ada baiknya jika Anda memahami masing-masing elemern inti ini. Dari berbagai elemen ini ini, Anda harus mampu menemukan mana yang bisa menjadi prioritas dalam menemukan dan mempelajari calon konsumen

Ketika Anda mengenal digital marketing, terdapat beberapa elemen inti yang perlu diketahui. Ya, dalam digital marketing ada berbagai elemen yang nantinya akan berkesinambungan untuk meningkatkan fondasi agar bisnis menjadi sukses. Elemen-elemen tersebut harus mampu menarik prospek, membina hubungan, dan membuat penawaran yang mendorong konversi.

 

Pentingnya Suatu Elemen Untuk Bisnis Anda

Ketika digital marketing baru dipelajari, ada baiknya jika Anda memahami masing-masing elemern inti ini. Dari berbagai elemen ini ini, Anda harus mampu menemukan mana yang bisa menjadi prioritas dalam menemukan dan mempelajari calon konsumen. Jika salah satu elemen memiliki interaksi yang bagus, maka Anda selanjutnya baru bisa melakukan pendekatan menggunakan elemen intin lainnya. Elemen inti yang bisa digunakan dalam melakukan digital marketing, antara lain:

 

1. Content Marketing

Elemen penting yang pertama adalah content marketing. Content marketing jauh berbeda dari sekadar blogging karena elemen ini memiliki taktik yang harus memberikan informasi berharga di setiap tahap Customer Value Journey. Untuk memudahkannya, Anda perlu membuat konten yang bernilai dan menarik calon pelanggan

 

2. Customer Value Journey

Setelah content marketing, elemen penting dalam digital maketing lainnya adalah customer value journey. Elemen ini akan membuat Anda mengotomatiskan seluruh akuisisi pelanggan sehingga penjualan bisa dilakukan tanpa unsur pemaksaan. Agar elemen dapat berguna, kesadaran promosi harus ada dengan tujuan membangun kepercayaan dan loyalitas dari konsumen.

 

3. Digital Advertising

Dalam digital marketing, pasti akan mengenal digital advertising atau biasa disebut iklan berbayar. Kita pasti sudah familiar dengan iklan spanduk di situs website hingga iklan video di youtobe, bukan? Nah, digital marketing juga mengenal advertising yang meliputi iklan promosi dan pesan yang dikirim melalui email, iklan online di mesin pencari, situs website media sosial, dan iklan spanduk di situs seluler.

 

4. Social Media Marketing

Istilah going social tidak hanya tentang aktif di facebook, twitter, atau instagram, melainkan berkumpul langsung dengan audiens. Ketika terlibat dengan mereka inilah, maka akan terbangun sebuah hubungan dan membuat penawaran yang disukai oleh calon pelanggan. Keterlibatan ini tidak perlu menjadi sama dengan audiens, melainkan memberikan problem solving seperti apa yang mereka butuhkan atau apa yang ingin dikonsumsi.

 

5. Email Maketing

Di era yang serba digital ini, email marketing jauh dari kata punah atau ditinggalkan. Karena pada nyatanya, email menjadi salah satu elemen penting ketika melakukan kegiatan pemasaran Return of Investment atau ROI tertinggi. Untuk menghasilkan ROI, kunci utama yang harus Anda fokuskan adalah memastikan email terkirim, calon konsumen membuka email Anda, menghasilkan ketertarikan, dan mengotomatiskan seluruh proses.

 

6. Search Marketing

Berbeda dengan email marketing, search marketing merupakan strategi jangka panjang. Teknik SEO dapat membantu Anda dalam mendapatkan traffic organik gratis serta meningkatkan kepercayaan pengunjung. Jika teknik SEO sudah diterapkan secara maksimal, Anda perlu menghasilkan konten yang berkualitas tinggi dan optimalkan situs web agar jumlah pengunjung bisa bertambah.

 

7. Website Analytics

Elemen satu ini merupakan alat yang ampuh untuk membantu Anda mengetahui apa yang berfungsi atau tidak dan apa langkah selanjutnya. Menggunakan website analytics, Anda akan memperoleh data-data berupa jenis pengunjung yang gagal dikonversi, apakah konten yang dihasilkan sudah sesuai keinginan audiens, dan halaman mana yang bisa menghasilkan lebih banyak pengunjung.

 

8. Conversion rate optimization

Proses ini adalah salah satu langkah paling penting untuk mendorong pertumbuhan bisnis atau usaha secara online. CRO sendiri telah mencakup pengujian data secara kualitatif dan kuantitatif dengan melibatkan beberapa Conversion rate optimization tools.

Nah, bagi para pemula wajib untuk mencoba dan menerapkan digital marketing untuk bisnis atau usaha. Laksanakan pula beberapa elemen penting di atas dan lakukan evaluasi untuk setiap prosesnya. Selamat mencoba!

Tags

About The Author

Marshall 12
Pensil

Marshall

Mencintai segala yang diciptakan oleh semesta, termasuk kamu

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel