3 Perintah Sederhana Komputer

24 Feb 2020 08:55 1217 Hits 2 Comments Approved by Plimbi
Sederhana tapi bermakna

Ahoy Plimbers ...

Seberapa pentingkah perintah Copy (CTRL + C), Paste (CTRL + V) dan Cut (CTRL + X) bagi pekerjaan kamu?

Tentunya bagi kamu yang mempunyai pekerjaan dibidang yang berhubungan dengan komputer pasti sangat penting kan?

Tapi, kebanyakan orang tidak mengetahui siapa pencipta command (perintah) sederhana itu? Apakah tahu kah kamu siapa penciptanya?

Dia adalah Larry Tesler.

Penemu dari copy, paste, dan cut ini lahir di Bronx, New York, Amerika Serikat pada 24 April 1945 dan baru baru ini terdengar kabar bahwa Larry Tesler telah meninggal dunia pada 16 Februari 2020.

Tesler merupakan ilmuwan yang memiliki spesialisasi dibidang user interface, yang membuat sistem komputer lebih ramah pengguna.

Sudah lima puluh tahun Tesler bergelut di dunia teknologi industri baik itu sebagai Executive, Enterpreneur, Software Engineer dan Researcher. Terakhir Tesler menasihati perusahaan besar dan kecil mengenai user experience dan research management.

Sepanjang karirnya, Tesler bekerja untuk sejumlah perusahaan teknologi yang besar, berikut detailnya:

  • Bekerja di MINE Inc. sebagai Chief Experience Officer selama 2 tahun lebih
  • Bekerja di 23andMe sebagai product fellow selama kurang lebih 7 bulan
  • Bekerja di Yahoo Inc. sebagai Vice President (VP) dibidang user experience desain dan research fellow selama 3 tahun lebih
  • Bekerja di Amazon.com sebagai Vice President (VP) dibidang shopping experience selama 3 tahun lebih
  • Sebagai president dari Stagecast Software, pengembang visual programming tools selama 4 tahun
  • Bekerja di Apple Computer dibidang product develompment dan research bagian user experience, applications, languages, tools dan sistem untuk Lisa (cikal bakal Mac), Machintos, Newton, multimedia dan internet product serta pernah sebagai Vice President (VP) dan kepala ilmuan dari perusahaan tersebut. Dan Tesler telah bekerja selama 17 tahun di Apple.
  • Selama 7 tahun bekerja di Xerox PARC sebagai researcher GUI (Grapichal User Interface), object oriented programming (OOP), document formatting, dan portable computing
  • 4 tahun di Stanford Artificial Intellegence Lab sebagai research assistant untuk cognitive models, natural language understanding dan document formatting.
  • 5 tahun sebagai president dan engineer di IPC, mengembangkan scientific dan utilitas software untuk fakultas Stanford dan area perusahaan.
  • Memiliki pengalaman selama 2 tahun di Stanford Depatements of Genetics and Computer Science sebagai part time programmer

Perintah copy, paste dan cut itu diterapkan pada produk Apple pada tahun 1983.

Berdasarkan informasi yang Tesler cantumkan di CV pribadinya (nomodes.com), bahwa Larry Tesler menemukan perintah sederhana tersebut saat bekerja di Xerox PARC antara tahun 1973 – 1980.

Sosial media Twitter, situs pribadinya, dan bahkan plat nomor mobil diberi nama “No Modes”.

Kenapa No Modes?

Berdasarkan informasi dari BBC, Tesler memiliki keyakinan kuat bahwa sebuah sistem komputer harus berhenti menggunakan “mode” (sebuah fungsi umum dalam perangkat lunak di era tahun 1970-an).

By the way, nama perintah paste yang ditemukan Tesler itu diambil pasta, karena sejenis pasta tertentu dipakai oleh para publisher kuno untuk mengedit bacaan sebelum diterbitkan. Caranya adalah dengan menggunting, yang setelah itu ditempelkan pada bagian lain.

 

So ...

Sekarang kamu jadi tau kan siapa penemu copy, paste dan cut?

Berkat karya dari Larry Tesler semua orang jadi sedang dan mudah dalam melakukan pekerjaannya terutama pekerjaan dibidang teknologi komputer.

 

Sekian pembahasannya,

 

Salam dari Bandung.

Tags

About The Author

Yusri Yusron 27
Novice

Yusri Yusron

Mahasiswa

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel