Mendaftar GRATIS di Google My Business untuk Kamu

18 Feb 2020 19:30 859 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Mau pemasaran meningkat? Cobain ini

Ahoy Plimbers ...

Setelah kamu mengetahui apa itu Google Bisnisku dan manfaatnya (pada artikel yang berjudul GRATIS!! Memulai dan Memasarkan Usaha Kamu di Google My Business) terhadap kesuksesan usaha kamu, sekarang kita lanjut ke bagian cara bergabung atau mendaftarkan usaha kamu di Google Bisnisku.

 

Langsung saja …

 

Langkah pertama. Buka halaman resmi dari Google Bisnisku (bisa search di Google dengan keyword “Google Bisnisku”).

Langkah kedua. Klik login, maka kamu diminta untuk login ke akun Google kamu dulu jika belum login, kemudian setelah login akan diminta untuk memasukan nama bisnis.

Langkah ketiga. Masukan alamat kantor, toko ataupun restoran di form yang telah disediakan.

Langkah keempat. Sesuaikan alamat kantor di Google Maps yang bertujuan memudahkan konsumen mengunjungi alamat yang sudah kamu tulis.

Langkah kelima. Masukan kategori dari usaha kamu. Misalkan kamu memiliki usaha rumah makan Padang di Yogyakarta, maka kamu bisa menuliskan “Restoran” sebagai kategorinya.

Langkah keenam. Isi informasi selanjutnya, seperti nomor telepon kantor atau yang lainnya yang mengizinkan konsumen untuk mengaksesnya dan juga masukan alamat website usaha kamu (jika ada)

Langkah ketujuh. Kamu bisa mengaktifkan newsletter dari Google jika ada suatu informasi yang baru atau informasi lainnya.

Langkah kedelapan. Verifikasi akun Google Bisnisku kamu. Google akan mengirimkan surat ke alamat yang telah kamu cantumkan di form selanjutnya.

By the way, selama pengiriman surat, kamu tidak bisa mengganti informasi yang telah kamu berikan sebelumnya dan setelah surat itu sampai, maka dalam suratnya itu terdapat kode verifikasi yang harus kamu masukan ke akun Google Bisnisku kamu tepatnya di menu Verify Location.

Langkah kesembilan. Setelah kamu melakukan verifikasi, kamu bisa melengkapi informasi selengkap lengkapnya, seperti:

  • Deskripsi Usaha. Deskripsi ini membantu calon konsumen untuk memahami produk atau jasa yang ditawarkan usaha kamu, maka dari itu deskripsi harus singkat padat dan jelas dan maksimal karakter yang bisa dituliskan pada bagian ini adalah sebanyak 750 karakter.
  • Foto. Foto ini berfungsi untuk meyakinkan calon konsumen tentang keberadaan usaha kamu, walaupun bagian foto ini bersifat opsional tetapi sangat membantu calon konsumen. Dan bahkan kamu bisa menambahkan video promosi produk atau usaha kamu supaya lebih meyakinkan lagi calon konsumennya.
  • Jam Operasional. Jam operasional berfungsi untuk mengetahui jam buka dan jam tutup dari usaha kamu, misalkan kamu memiliki restoran, maka calon konsumen bisa melihat jam buka dan jam tutup restoran kamu, agar konsumen tidak sia sia datang, eh ternyata tutup, kan kasihan hehe :)
  • Fasilitas. Supaya calon konsumen mengetahui fasilitas apa saja yang diberikan oleh usaha kamu, seperti toilet, kursi tinggi, kursi anak, mushola dan lain sebagainya.
  • Menu. Dan yang ini untuk mengetahui apa saja produk atau makanan yang ditawarkan oleh usaha atau restoran kamu.

 

Nah, setelah semua informasi selesai diisi selengkap lengkapnya, kamu tinggal memperhatikan perilaku atau tanggapan calon konsumen di kolom review sebagai strategi bisnis untuk usaha kamu sukses ke depannya, dan membalas apa yang ditanyakan oleh para calon konsumen agar memberikan kesan yang ramah, cepat tanggap dan bisa jadi calon konsumen itu akan mempromosikan ke kerabat, keluarga atau yang lainnya.

 

So ...

Langsung daftar sekarang, agar membantu meningkatkan jumlah konsumen dari sebelumnya.

Tunggu apa lagi, buruan!!! :)

 

Sekian pembahasannya,

 

Salam dari Bandung.

Tags

About The Author

Yusri Yusron 20
Novice

Yusri Yusron

Mahasiswa

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel