Canggihnya Teknologi yang Sedang Dikembangkan ini

31 Jan 2020 12:25 585 Hits 7 Comments Approved by Plimbi
Masa depan yang akan didampingi dengan teknologi canggih

Ahoy Plimbers ...

Perkembangan teknologi memang begitu pesat, bahkan yang dulunya hanya angan angan belaka, sekarang sudah jadi kenyataan dan digunakan banyak orang.

Sebagai contoh adalah barang yang selalu kita pakai setiap jam, menit bahkan detik yaitu handphone. Penemuan pertama kali itu oleh Martin Cooper, seorang karyawan Motorola pada 1973 tepatnya 03 April 1973. Martin Cooper memiliki ide yaitu sebuah alat untuk berkomunikasi yang fleksibel dan mudah dibawa bepergian yang kebetulan Cooper bersama timnya di Motorola menghadapi tantangan bagaimana memasukan semua komponen elektronik ke dalam alat yang berukuran yang kecil, hingga pada akhirnya terciptalah telepon genggam. Telepon genggam ini pertama kali diselesaikan dengan bobot 2 kilogram. Dan untuk biaya produksi, Motorola membutuhkan biaya sebesar US$ 1 juta.

Cukup berat dan mahal bukan?

Dan sekarang pun masih banyak teknologi masa depan yang masih angan angan, tapi sudah masuk dalam tahap pengembangan.

Ada apa saja?

1. Autonomus Car

Autonomus Car atau biasa dikenal dengan istilah self driving dimana sebuah sistem yang akan mengendalikan kendaraannya sendiri tanpa adanya supir sebagai pengemudi. Teknologi ini sangat membantu ketika ingin bepergian dan malas untuk mengemudikan kendaraan sendiri. Sistem kerja dari teknologi ini adalah terdapatnya sensor kamera yang akan mendeteksi pergerakan dan lingkungan sekitarnya.

 

2. Pembaca Pikiran

Kalau yang satu ini sangat dibutuhkan bagi yang memiliki pasangan ya, agar tidak harus menebak kode kode yang diberikan haha...

Teknologi pembaca pikiran ini sedang dikembangkan oleh perusahaan IBM, dimana nantinya manusia hanya perlu memakai headset. Headset ini sebenarnya adalah komputer yang dirancang sedemikian rupa yang akan membaca gelombang pikiran dari otak.

Jadi manusia hanya perlu memikirkan apa yang diinginkan dan headset tersebut akan menerjemahkannya.

 

3. Teleportasi

Untuk berpindah tempat, kamu tidak menggunakan tenaga yang ekstra untuk berjalan, berkendara dan lain sebagainya. Akan ada teknologi teleportasi ini yang dimana akan mengacu pada konsep warmhole yang ditemukan akibat teori relativitas Einstein dan juga grativitas sebagai konsep ruang dan waktu.

Teknologi ini sekarang sedang dikembangkan oleh ilmuwan Rusia yang bekerja untuk Vladimir Putin dan kira kira akan selesai pada tahun 2035.

 

4. Laundroid

Laundroid adalah sebuah robot mesin cuci untuk mempermudah pekerjaan rumah tangga. Sebuah perusahaan di Jepang (Panasonic) tengah berusaha memaksimalkan pekerjaan rumah tangga dengan bantuan teknologi.

Teknologi ini akan menidentifikasi jenis atau kategori baju yang akan dicuci. Selain itu juga Laundroid ini akan bekerja sampai proses pelipatan baju dengan rapi dimana sebelum proses pelipatan baju tentunya ada proses penyetrikaan baju agar baju tidak kusut.

Seperti yang sudah dijelaskan perusahaan Panasonic pada tahun 2017, proses laundri ini tidak akan memakan waktu yang lama dan bahkan menurut Naomi Besedes (Panasonic), jika mencuci baju yang biasanya akan memakan waktu lebih banyak, dia akan memakai waktu itu untuk tidur.

 

5. Kereta Hyperloop

Kereta ini sudah dipublikasikan oleh founder dari The Boring Company yang juga merupakan CEO dari Tesla dan Space X, yaitu Elon Musk.

Pada awalnya Elon Musk berambisi untuk mendorong kota kota besar untuk memiliki transportasi yang cepat, aman dan mengangkut banyak penumpang.

Kereta ini sekarang bisa mengangkut sekitar 20 sampai 40 orang dan penumpang tersebut bisa diangkut dengan kecepatan 1.700 km per jam!

 

Itulah teknologi canggih yang akan hadir untuk membantu manusia dimasa yang akan datang.

Sekian...

About The Author

Yusri Yusron 21
Novice

Yusri Yusron

Mahasiswa

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel