Hosting Personal Web Kamu dengan Mudah dan Gratis

27 Jan 2020 12:25 408 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Cara Hosting Personal Web Gratis dengan Menggunakan Github

Ahoy Plimbers...

Nah, setelah kamu belajar banyak mengenai pengembangan website dan juga memperlajari bagaimana menggunakan Github pada artikel saya yang sebelum sebelumnya, sebenarnya bagaimana sih cara agar personal website punya kamu bisa diakses dimana pun atau bisa dikatakan hosting website.

Kali ini kita akan membuat hosting pada website kamu menggunakan Github.

Langkah pertama yang harus kamu tempuh adalah pastikan kamu sudah menginstal Git di komputer atau laptop kamu ya, karena ini merupakan tahapan yang paling penting ya hehe.

Jika kamu belum menginstal Git dan belum mengerti tentang Github, kamu bisa baca artikel saya sebelumnya yang berjudul Mengenal Git Tanpa Harus “Save As” Banyak File.

Nah, langkah selanjutnya adalah buat repositori baru di Github dan beri nama repositori kamu dengan username-kamu.github.io

Penting: Untuk penamaan repositori harus diperhatikan, karena hanya repositori dengan nama seperti itulah yang akan bisa dihosting oleh Github.

Kemudian seperti biasa kamu buat folder di kompoter atau laptop kamu dan hubungkan dengan Github repositori kamu.

Setelah itu kamu hubungkan, selanjutnya buatlah file baru (untuk filenya saya sarankan buat file dengan ekstensi .html) karena nanti file itulah yang akan pertama kali diakses ketika kamu membuka alamat domain kamu. Contoh : index.html

Oh iya, by the way, nanti pengaksesan alamat domain yang dihosting akan mengikuti dengan penamaan repositori kamu.

Lanjut...

Isi file index.html kamu sesuka hati kamu, buatlah serapi mungkin supaya enak dipandang oleh orang lain yang mengaksesnya hehe

Setelah kamu buat file baru dengan nama index.html, kamu bisa coba langsung lakukan commit ke Github repositori dengan message (pesan) bebas. Contoh message: Initial commit (karena pertama kali melakukan perubahan pada Github repositori kamu).

Setelah kamu melakukan commit, kamu bisa langsung push ke Github repositori kamu agar file index.html tadi bisa diakses.

Pastikan push nya berhasil

Karena setelah itu kamu tinggal menunggu beberapa saat (biasanya sih sekitar 10 menit) agar domain kamu bisa diakses di internet.

Secara default, kamu untuk mengaksesnya ketikan username-kamu.github.io di browser untuk melihat hasilnya.

Hmm... Pasti kamu bertanya-tanya, apakah bisa mengubah nama domain Githubnya sesuai dengan  keinginan kan ya?

Misal kamu mau memberi nama domain namakamu.id atau namakamu.io

Tentu saja bisa...

 Loh bagaimana caranya?

Caranya mudah kok, kamu tinggal buat file baru di folder yang sama dengan index.html, kemudian file tersebut kamu beri nama CNAME.

Perhatikan penamaanya ya!

Nah, kamu bisa isikan file CNAME tersebut dengan nama domain yang kamu inginkan, dan pastikan nama domain tersebut ditulis di barisan paling awal alias number one line.

Setelah itu, kamu bisa lakukan commit lagi dan kemudian push ke Github repositori kamu.

Nah, untuk mengubah nama domain, kamu tidak bisa menunggu hanya dengan 10 menit saja, karena Github membutuhkan proses yang sedikit lama agar bisa diakses secara publik di internet.

Waktu yang dibutuhkan Github untuk bisa hosting website kamu adalah sekitar 48 jam, tapi biasanya cepat, maka kamu bisa ngeceknya kembali dalam satu jam kedepan atau lebih.

Dan terakhir pastikan di bagian Settings – Github Pages repositori kamu, sudah ada centang hijau dan bacaan Your Site is Published at username-kamu dan juga pada bagian Custom Domain sudah terisi dengan domain yang telah kamu tuliskan tadi di file CNAME

 

Sekian...

Salam dari Bandung,

 

 

About The Author

Yusri Yusron 21
Novice

Yusri Yusron

Mahasiswa

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel