Tool Powerful Visual Studio Code

12 Jan 2020 19:20 490 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Visual Studio Code adalah sebuah code editor yang powerful.

Assalamu’alaikum Warrohmatullahi Wabarokaatuh.

Hari ini penulis akan mengulas sebuah tool bernama Visual Studio Code. Sebagian besar developer terutama dibidang web pastinya tidak akan asing lagi dengan tool ini, Visual Studio Code adalah sebuah code editor yang memiliki segudang fitur.

Visual Studio Code (VSCode) ini merupakan sebuah code editor buatan Microsoft. Tool ini dibuat multi platform karena Microsoft menyadari bahwa tidak semua programmer menggunakan Windows, karena itu Microsoft memutuskan untuk membuatnya multi platform.

Aplikasi ini dikhususkan untuk pengembangan aplikasi berbasis web ASP.net dan NodeJS, tapi juga memungkinkan digunakan untuk pengembangan aplikasi lain juga.

Ada banyak sekali kelebihan dari tool ini, yuk simak dibawah.

1. Cross Platform

Visual Studio ini tersedia di semua platform komputer, baik itu macOS, Windows, maupun linux. Jadi kalian tidak perlu mempelajari tool baru lagi saat berpindah sistem operasi.

2. UI Sederhana

Code Editor yang satu ini memiliki tampilan yang sederhana guys, jadi jika kalian hijrah dari code editor yang lain, tampilannya g banyak berubah kok.

3. Terminal

Ini nih salah satu fitur yang paling penulis suka dari code editor yang satu ini. Terminal ini sekarang menjadi kebutuhan penting bagi para developer, apalagi setelah boomingnya framework web yang sedang viral seperti Laravel, NodeJS dan framework-framework lainnya. Terminal ini juga langsung terhubung ke direktori project kalian guys, jadi tidak perlu repot-repot berpindah direktori seperti di terminal tradisional hehe.

4. Version Control

Fitur yang satu ini juga tidak kalah keren dengan yang diatas, Visual Studio Code memiliki version control tertanam didalamnya. Ada banyak jenis-jenis version control yang disediakan oleh VSCode ini, dan salah satu yang paling populer adalah git. Git pada Visual Studio Code sangatlah interaktif, user bisa dengan mudah membedakan saat ada perubahan kode pada beberapa file, jadi bisa tau saat ada kode yang belum di commit.

5. Debugging

Yang satu ini tidak kalah keren juga dengan yang diatas loh guys. VSCode bisa digunakan untuk debunging program dan juga aplikasi, bahkan VSCode juga bisa digunakan untuk debug aplikasi andoid juga loh. Ini menjadi fitur favorit para developer, karena tidak perlu mengunduh IDE yang berbeda untuk mendebug aplikasi apapun.

6. Auto-complete

Visual Studio Code memiliki auto –complete yang super keren, auto-complete ini bisa membantu orang yang baru belajar menjadi lebih mudah belajar, dan orang yang sudah jago menjadi cepat saat menuliskan program.

7. Extension

Visual studio menyediakan sekali banyak extension yang dapat memudahkan user saat menulis program. Selain itu, Visual Studio Code juga mengizinkan user untuk membuat ekstensi nya sendiri, baik itu debugger, maupun syntax-highlighting dari bahasa pemrograman tertentu.

8. Ringan

Visual Studio Code cukuplah ringan dengan berbagai fitur yang luar biasa, hal ini memudahkan para developer yang mempunyai laptop dengan spesifikasi yang terbatas untuk mengembangkan sebuah aplikasi.

9. Multi kursor

Fitur ini dapat meyoroti kode yang sama dari kode yang ditunjuk oleh kursor, kemudian user bisa melakukan editing masal sehingga bisa memangkas waktu.

Nah, itu semua kelebihan yang saya ketahui dari dari Visual Studio Code, pastinya masih banyak lagi fitur-fitur yang perlu di gali lagi. Jadi kesimpulannya adalah, overall aplikasi ini sangat powerful, dilihat dari fitur-fiturnya pun sudah sangat banyak yang menggiurkan, tapi kembali ke diri sendiri apakah kalian cocok aplikasi ini atau tidak. Itu saja yang bisa saya tulis untuk sesi kali ini, keep code.

Tags

About The Author

Daffa Juliano 18
Novice

Daffa Juliano

Mahasiswa

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel