5 Anjuran Menyehatkan Kondisi Keuangan Buat Milenial

8 Jan 2020 13:35 298 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Sudah sepatutnya di 2020 ini milenial memiliki spirit anyar yang bakal menyehatkan keuangan, yakni dengan memperbaiki tata kelola keuangan dengan seoptimal mungkin. Begini caranya.

Tahun baru, semangat baru. Inilah semangat yang sudah sepantasnya dimiliki milenial, tak terkecuali dalam mengelola keuangan.

Milenial perlu memiliki semangat baru dalam mengelola keuangan, apalagi nyata-nyata terjadi di tahun yang telah berlalu keuangannya amburadul alias kerap bokek.

Sudah sepatutnya di 2020 ini milenial memiliki spirit anyar yang bakal menyehatkan keuangan, yakni dengan memperbaiki tata kelola keuangan dengan seoptimal mungkin.

Sejalan dengan kemajuan teknologi, pengelolaan keuangan secara maksimal pun sudah dimudahkan dengan perangkat modern mulai dari smartphone hingga laptop. Pengelolaan keuangan pun bisa dilakukan dengan mudah dimana pun dan kapan pun.

Lalu apa langkah konkret ampuh apa yang perlu dilakukan milenial agar keuangannya benar-benar sehat?

1. Jadi pribadi yang aktif dalam kelola duit
Mengelola gaji bulanan itu jangan pasif karena pengendalian keuangan membutuhkan pribadi yang aktif. Kalau keuangan dikelola dengan pasif maka bukan tidak mungkin bencana keuangan menerjang. Pengelolaan aktif artinya mengendalikan keuangan agar tidak salah ditaruh di pos-pos yang tak semestinya. Pengelolaan aktif artinya gaji dialokasikan pada pos-pos seperti yang telah dianggarkan. Karena aktif maka memanfaatkan berbagai aplikasi yang membantu penganggaran akan membantu dalam melacak keuangan yang digunakan selama sebulan.

 

2. Cari pekerjaan sampingan
Cara paling nyata untuk menambah pemasukan, yakni dengan mencari pekerjaan sampingan. Bisnis sampingan yang dimiliki hendaknya mampu menjadi penopang di saat mengalami masalah keuangan seperti PHK atau penurunan pendapatan di masa depan. Dewasa ini ada banyak peluang pekerjaan sampingan sebagai milenial mulai dari selebram, youtuber dan lain-lainnya.

 

3. Kendalikan keinginan
Gaya hidup milenial yang menguras gaji bulanan adalah gaya hidup konsumtif. Gaya hidup milenial yang boros duit tanpa pikir panjang hidup ke depan membuat milenial menghabiskan gaji bulanan untuk pemenuhan keinginan-keinginan semata. So, mengendalikan gaya hidup konsumtif tentu baik untuk kesehatan keuangan milenial.

 

4. Mulai investasi
Menyiapkan hidup di masa depan itu perlu dilakukan sedini mungkin. Salah satu cara menyiapkan hidup masa depan dengan keuangan yang sehat, yakni dengan memulai investasi. Tak perlu pusing dan mikir yang rumit-rumit, investasi saat ini sudah sangat mudah dan terjangkau, semisal investasi reksa dana melalui IPOTFUND, yang memang cocok untuk milenial sebagai investor pemula dengan dana yang terbatas. So, jangan anggurkan uang begitu saja, tetapi kembangkanlah dengan platform investasi modern yang kekinian.

 

5. Gabung dengan perusahaan yang lebih baik
Langkah konkret yang baik dilakukan yakni bergabung dengan perusahaan lain yang lebih menghargai kinerja dan kompetensi. So, jangan buang-buang waktu di perusahaan yang tidak mampu menghargai keterampilan dan kinerja selama 40 jam dalam seminggu. Apalagi kalau selama ini gaji bulanan cepat habis, jangan sia-siakan hidup, keluar dan carilah perusahaan yang benar-benar mampu menghargai kinerja yang dimiliki.

Tags

About The Author

Setyo 33
Ordinary

Setyo

Pembelajar dalam menulis

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel