Jangan Salah Bedain, Ini Bedanya Sunroof, Moonroof, dan Panoramic Roof

5 Nov 2019 13:25 341 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Sekilas atap mobil yang bisa terbuka itu terlihat sama. Tapi ternyata punya perbedaan.

Kamu ingin memiliki mobil yang punya jendela di atap mobil dan bisa dibuka ? Tak hanya Sunroof ada juga Panoramic Roof dan Moonroof. Pastikan dulu kamu tahu apa beda ketiganya.. Simak pembahasan dari Carsome berikut ini.

 

1. Sunroof

http://www.117wakayama.com/images/2.jpg

Sumber 117wakayama.com

Sunroof mungkin sudah sering kamu dengar dan kamu lihat di kebanyakan mobil-mobil sekarang. Model ini merupakan jendela atau kaca di atap yang mampu membentuk sudut tertentu ketika dibuka. Biasanya, bagian belakang sunroof akan naik saat dibuka.

Selain untuk menikmati pemandangan yang berada di atas mobil, sunroof juga berguna untuk mengalirkan udara dari dalam mobil, sehingga sirkulasi udara semakin baik. Saat sunroof dibuka, kabin akan menerima udara serta sinar matahari langsung dari luar.

Sunroof ini biasanya terbuat dari Kaca Tempered Glass. Salah satu mobil di Indonesia yang memiliki fitur Sunroof di Indonesia adalah Honda HR-V 1.8 Prestige dan Mitsubishi Oulander Sport PX.

 

2.Moonroof

https://i.pinimg.com/originals/a7/bb/de/a7bbde7cc490a6603f970f417b017f8e.jpg

Sumber : pinterest

Yang berikutnya adalah Moonroof, Tak memiliki banyak perbedaan dengan Sunroof, Perbedaanya hanya cara membukanya saja yang dimana sunroof dibuka dengan cara diangkat ke atas.

 Sedangkan moonroof memiliki rel yang berfungsi untuk menggerakkan kaca. Moonroof akan masuk ke dalam kaca ketika dibuka sehingga pandangan semakin luas dan ruang sirkulasi udara juga semakin lega.

Kekurangannya adalah jenis kaca atap yang satu ini rawan macet karena digerakkan oleh rel. Oleh karena itu, kaca ini biasa digerakkan secara otomatis dengan tombol tertentu sehingga tidak membuat rel mudah macet.

Moonroof biasanya digerakkan otomatis oleh tombol. Bila rel macet, moonroof dapat terjebak dan tidak bisa ditutup kembali. Untuk itu, diperlukan perawatan yang rutin agar selalu bisa digunakan dengan baik..Ada beberapa jenis mobil yang menggunakan Moonroof namun di Indonesia model tersebut tidak menggunakannya seperti Honda Civic, Honda Fit, dan Ford Fiesta Hatchback.

 

3.Panoramic Roof

https://a.d-cd.net/ceb3abcs-960.jpg

Sumber : drive2.ru

Yang terakhir ada Panoramic Roof, berbeda dengan Sunroof dan Moonroof, Panoramic Roof ini adalah lapisan kaca yang bersifat permanen dan tidak bisa digerakkan ataupun dibuka. Dan ukurannya biasanya lebih besar dari sunroof dan moonroof bahkan ada yang berukuran seperti atap mobil itu sendiri

Walaupun memiliki ukuran yang cukup besar, panoramic roof biasanya sudah dilengkapi dengan lapisan anti ultraviolet. Jadi, penumpang atau pengendara di dalam kabin akan terlindungi dari sinar matahari langsung.

Namun ada juga mobil yang sudah dilengkapi dengan teknologi panoramic sunroof, yang dimana kacanya juga bisa dibuka sebagian. Beberapa jenis mobil yang menggunakan Panoramic Roof yaitu, Cadillac CTS Luxury 2018, Mini Cooper Hardtop Signature 2019, Nissan Maxima S 2018, Audi S5 Premium Plus dan masih banyak lagi.

 


 

About The Author

Edward Bastian 9
Novice

Edward Bastian

since 1998

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel