Galeri Foto Menakjubkan di Air Terjun Lapopu

24 Oct 2019 10:06 231 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Air terjun Lapopu adalah tempat wisata di Sumba, NTT yang saat ini sedang naik daun lantaran keindahan panorama alam serta airnya yang terlihat bersih.

Pulau Sumba, sudah terkenal ditelinga wisatawan mancanegara dan domestik. Pulau cantik yang memiliki banyak perbukitan indah serta kuda-kudanya yang gagah, dan padang rumput yang eksotis dan suhu udara yang panas. Tapi, siapa yang mengira, Tanah Sumba ternyata menyimpan keindahan lainnya berupa air terjun yang cantik nan eksotis. Itulah saja Air Terjun Lapopu NTT yang fenomenal.

Sumber gambar : wisataalam.co.id

Nah, yang harus kaian ketahui nih gaes, Air Terjun Lapopu letaknya berada di kawasan Taman Nasional Manupeu Tanah Daru. Berada di Desa Lapopu, Kecamatan Wanokaka, Kabupaten Sumba Barat. Dan merupakan jenis air terjun bertingkat-tingkat yang jatuh dari tebing ddengan ketinggian mencapai 90 meter dan airnya yang berwarna biru tosca jernih terlihat begitu eksotis.

Untuk menuju ke area wisata ini, kamu bisa menyewa mobil dari pusat Waikabubak. Karena belum trsedia nagkutan umum untuk mencapai lokasi air terjun ini. Dari Waikabubak kamu harus menempuh perjalanan sejauh 30 km dengan kondisi jalan yang berupa tanah dan batuan kecil serta tidak ada petunjuk jalan. So, akan lebih mudah perjalananya apabila kamu mengajak salah satu warga asli Sumba yang memahami akses untuk ke lokasi air terjun ini.

Nah, apabila kamu telah berada di depan pintu masuk destinasi wisata ini, kamu dapat melakukan registrasi pada petugas resmi dengan membayar tiket masuk hanya Rp. 5.000 saja per orangnya. Setelah itu kamu harus berjalan kaki kira-kira sejauh 500 meter di sepanjang pinggiran Sungai Lapopu yang banyak bebatuan agak menurun hingga kamu bertemu dengan sebuah jembatan bambu tradisonal yang hanya bisa dilewati maksimal dua orang sekali penyebrangan.

Setelah beberapa menit berjalan kalo, kamu sudah bisa melihat betapa indahnya Air Terjun Lapopu. Si cantik dengan air yang jernih dan berwarna hijau kebiru-biruan. Waah, yakin deh kamu pasti tidak sabar untuk melompat ke kolam renang alami yang terbentuk dari air terjun tersebut. Dan rasakan sendiri sensasi segarnya kejatuhan Air Terjun Lapopu di tengah-tengah teriknya matahari pulau Sumba.

So, objek wisata Air Terjun di kawasan taman nasional ini merupakan destinasi yang wajib jika kamu hendak mengeksplore eksotisme Pulau Sumba dari sebelah barat ke timur. Dimana waktu yang terbaik untuk mengunjungi tempat wisata di Sumba ini adalah pada musim kemarau, yaitu sekitar Bulan Mei sampai bulan Oktober dengan jumlah debit air yang tidak terlalu besar sehingga pas untuk dinikmati saat belibur kesini. Selamat berwisata di Tanah Sumba ya kawan.

 

Tips Berwisata ke Air Terjun Lapopu di NTT

Tips penting nih untuk kalian yang ingin datang ketempat wisata ini, simak baik-baik ya tipsnya. Pertama, usahakan datang kesini saat musim kemarau, karena jika kesini saat musim hujan medan jalan yang masih berupa tanah dan bebatuan kecil lebih sulit untuk dilewati. Biasanya pada bulan oktber hingga januari waktu yang tepat datang ke sini.

Tips berikutnya, agar tidak tersesat dan lebih cepat sampai ditujuan, mintalah bantuan dari warga sekitar yang mengerti jalur menuju air terjun. Disepanjang jalan menuju air terjun belum ada penunjuk arahnya, hal ini membuat wisatawan bingung bila tidak ditemani oleh warga sekitar. Meminta bantuan warga tidak dipungut biaya, silahkan memberi seikhlasnya saja tapi pantas.

 

Foto-Foto Keren di Air Terjun Lapopu Sumba

 

Tags Wisata

About The Author

anita ismi 15
Novice

anita ismi

Hobi membaca dan menulis

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel