Atribut Tipe Data Dalam Database MySQL

19 Sep 2019 13:21 491 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
selain mendefinisikan tipe data, kita juga dapat mendefinisikan atribut dalam pembuatan database

Untuk pembuatan sebuah tabel dalam MySQL, selain mendefinisikan tipe data, kita juga dapat mendefinisikan atribut dari tipe data tersebut. Nah pada artikel kali ini kita akan membahas tentang pengertian dan cara penggunaan dari atribut tipe data dalam MySQL.

 

Pengertian Atribut Tipe Data Dalam MySQL

Atribut tipe data adalah sebuah aturan yang diterapkan untuk sebuah kolom. MySQL ini memiliki banyak atribut tipe data, namun dalam artikel kali ini kita tidak akan bahas semuanya, kita hanya akan membahas beberapa atribut tipe data yang paling umum digunakan, yaitu: auto_increment, binary, default, not null, null, signed, unsigned, dan zerofill.

 

1. Atribut AUTO_INCREMENT

Atribut AUTO_INCREMENT digunakan untuk tipe data numerik seperti tipe data integer, dimana jika kita menetapkan sebuah kolom dengan atribut AUTO_INCREMENT, maka setiap  kali kita menginputkan data, maka nilai pada kolom ini akan bertambah 1. Dan nilai pada kolom tersebut juga akan bertambah jika kita input dengan NULL atau dengan nilai 0.

Pada sebuah tabel dalam database, hanya 1 kolom yang dapat dikenai dengan atribut AUTO_INCREMENT. Dan setiap atribut AUTO_INCREMENT juga akan dikenakan dengan atribut NOT NULL secara otomatis. Kolom AUTO_INCREMENT juga harus digunakan sebagai KEY (biasanya PRIMARY KEY).

 

2. Atribut BINARY

Atribut BINARY digunakan untuk tipe data huruf, seperti CHAR dan VARCHAR. Tipe data CHAR, VARCHAR, TEXT tidak membedakan antara huruf besar dan kecil (case-insensitive), namun jika diberikan atribut BINARY, maka kolom tersebut akan membedakan antara huruf besar dan huruf kecil (case-sensitive).

 

3. Atribut DEFAULT

Atribut DEFAULT dapat digunakan hampir pada semua tipe data. Fungsi dari atribut DEFAULT ini untuk menyediakan nilai bawaan untuk kolom, jika seandainya tidak ada data yang diinput kepada kolom tersebut.

 

4. Atribut NOT NULL

Atribut NOT NULL dapat digunakan hampir pada semua tipe data. Fungsinya untuk memastikan bahwa nilai pada kolom tersebut tidak boleh kosong. Jadi jika kita menginputkan data, namun tidak memberikan nilai untuk kolom tersebut, maka akan menghasilkan error pada MySQL.

 

5. Atribut NULL

Atribut NULL berkebalikan dengan atribut NOT NULL, dimana jika sebuah kolom didefinisikan dengan NULL, maka kolom tersebut tidak harus berisi nilai.

NULL ini adalah sebuah istilah atau tipe data khusus dalam pemrograman yang menyatakan ‘tidak ada nilai’, NULL tidak sama dengan 0, atau “string kosong”. Operasi matematis dengan NULL akan menghasilkan nilai NULL.

 

6. Atribut SIGNED

Atribut SIGNED digunakan untuk tipe data numerik, hal ini berlawanan dengan atribut UNSIGNED, dimana atribut ini berfungsi agar sebuah kolom dapat menampung nilai negatif. Atribut SIGNED biasanya dicantumkan hanya untuk menengaskan bahwa kolom tersebut mendukung nilai negatif, karena MySQL sendiri telah menyediakan nilai negatif secara default untuk seluruh tipe data numerik.

 

7. Atribut UNSIGNED

Atribut UNSIGNED digunakan untuk tipe data numerik, namun berbeda sifatnya untuk tipe data INT, DECIMAL dan FLOAT.

Untuk tipe data INTEGER, atribut UNSIGNED berfungsi untuk mengorbankan nilai negatif, untuk mendapatkan jangkauan nilai positif yang lebih tinggi. Namun untuk tipe data DECIMAL dan FLOAT, atribut UNSIGNED hanya akan menghilangkan nilai negatif, tanpa menambah jangkauan data.

 

8. Atribut ZEROFILL

Atribut ZEROFILL digunakan untuk tipe data numerik, dimana berfungsi untuk tampilan format data yang akan mengisi nilai 0 di sebelah kanan dari data. Jika kita menggunakan atribut ZEROFILL untuk suatu kolom, maka secara otomatis kolom tersebut juga dikenakan attribut UNSIGNED.

Contoh Query Penggunaan Atribut:

Perhatikan contoh query diatas, dapat kita lihat bahwa jika kita memberikan nilai NULL kepada kolom nama yang telah kita berikan atribut NOT NULL, maka MySQL akan memberikan error.

Perhatikan juga pada kolom no, dimana kita melompat dengan memberikan nilai 7, namun untuk kolom selanjutnya, akan tetap ditambah sebanyak 1, hal ini karena kolom no dikenai atribut AUTO_INCREMENT.

 

Tags

About The Author

Tineu Nursyifa 27
Novice

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel