Tipe Data Integer Pada MySQL

10 Sep 2019 12:05 631 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Ada setidaknya lima jenis data Integer pada MySQL.

Setelah pada artikel sebelumnya kita bahas tentang cara membuat dan menghapus database MySQL, dan cara membuat dan menghapus tabel MySQL. Maka kali ini kita akan bahas tentang macam-macam tipe data pada database MySQL.

Jika kita membuat table pada MySQL, seperti yang sudah kita pelajari pada "Tutorial Mudah Membuat dan Menghapus Tabel MySQL", untuk mendefinisikan kolom kita harus mendefinisikan tipe datanya terlebih dahulu untuk kolom tersebut.

Terdapat beberapa tipe data pada MySQL, yaitu tipe data integer, tipe data decimal, tipe data string dan huruf, dan tipe data date dan tanggal. Namun pada artikel kali ini kita hanya akan membahas tentang tipe data integer saja.

Tapi sebelum kita membahas tentang tipe data integer pada MySQL lebih jauh lagi, ada baiknya kita mengetahui terlebih dahulu apa pengertian dari tipe data MySQL dan kegunaan dari tipe data integer di MySQL ini.

Integer adalah tipe data untuk angka bilangan bulat (misalnya: 1, 2, 3, 4, -4, -5, -6 dan bilangan bulat yang lainnya). Tipe data integer pada MySQL ini terbagi menjadi beberapa tipe data yaitu TINYINT, SMALLINT, MEDIUMINT, Integer (INT), dan BIGINT.

Lalu apa perbedaan dari jenis tipe data integer diatas? Perbedaannya adalah pada ukuran penyimpanan dan juga jangkauan angka yang dapat disimpan pada tipe data tersebut.

Untuk jangkauan serta ukuran penyimpanan tipe data integer dalam MySQL dapat kalian lihat pada tabel dibawah ini:

Tipe Data Jangkauan SIGNED Jangkauan UNSIGNED Ukuran
TINYINT -128 Sampai 127 0 Sampai 255 1 Byte
SMALLINT -32,768 Sampai 32,767 0 Sampai 65,535 2 Byte
MEDIUMINT -8,388,608 Sampai 8,388,607 0 Sampai 16,777,215 3 Byte
Integer (INT) -2,147,483,648 Sampai 2,147,483,647 0 Sampai 4,294,967,295 4 Byte
BIGINT -9,223,372,036,854,775,808 Sampai 9,223,372,036,854,775,807 0 Sampai 18,446,744,073,709,551,615 8 Byte

Untuk pemilihan tipe data ini tergantung pada kebutuhan  data kita. Misalnya untuk nomor urut absensi pada suatu kelas yang memiliki maksimal 30 orang, tipe data TINYINT sudah mencukupi. Namun jika kita bermaksud membuat absensi seluruh rakyat Indonesia,, tipe data TINYINT sampai dengan MEDIUMINT tidak akan mencukupi. Maka kita harus memilih INT atau BIGINT.

 

Cara Penulisan Tipe Data Integer

Format query untuk tipe data integer adalah:

INT [(M)] [UNSIGNED] [ZEROFILL]

Setiap tipe data integer dapat didefinisikan sebagai UNSIGNED, dimana kita kita mengorbankan nilai negatif untuk mendapatkan jangkauan nilai positif yang lebih tinggi.

Dalam deklarasi tipe data integer, nilai M adalah jumlah digit yang disediakan untuk menampilkan data. Misalnya kita mendefinisikan suatu kolom dengan INT(5), jika kita input angka 102, maka MySQL akan menambahkan spasi sebanyak 2 buah didepan angka, hal tersebut bertujuan agar tampilan data menjadi 5 digit (istilah pemrogramannya yaitu padding left).

Nilai M tidak mempengaruhi nilai maksimal dari integer. Jika angka yang diinputkan melebihi digit M, MySQL akan tetap menampilkan hasilnya ( selama masih dalam jangkauan tipe data tersebut).jika kita deklarasikan INT (4), maka nilai maksimalnya masih tetap 2,147,483,647 bukan 9999.

Selain opsional query UNSIGNED, pendeklarasian integer juga terdapat opsional atribut ZEROFILL. ZEROFILL ini berhubungan dengan nilai M yang akan mengisi angka 0 pada bagian kiri nilai yang diinput alih-alih spasi.

 

Cara Membuat Tipe Data Integer di MySQL

Yang pertama pastikan kalian telah memiliki databasenya, jika belum kalian bisa buat terlebih dahulu databasenya. Kalian juga bisa baca artikel “cara membuat dan menghapus database database MySQL” yang sebelumnya sudah kita bahas. Dan juga baca “cara mudah membuat dan menghapus tabel MySQL” pada artikel sebelmunya. Agar kalian lebih mudah saat mengikuti tutorial cara membuat tipe data integer di MySQL ini .

Langkah awal yang harus dilakukan setelah membuat databasennya adalah dengan masuk ke database tersebut dengan menggunakan query:

Cara membuat tipe data integer, perintah membuat tabel yang bertipe data integer berikut hanya contoh aja. Nanti teman-teman bisa sesuaikan dengan keinginan dan kebutuhannya.

Dari query DESC kita dapat meilhat kolom sangat_kecil dan kecil, secara otomatis akan berisi nilai M, walaupun dalam deklarasi pembuatan tabelnya kita tidak menyatakan secara langsung. Nilai ini didapat dari jangkauan terbesar tipe data tersebut.

Jika kita inputkan angka 122 kedalam seluruh kolom, hasilnya adalah sebagai berikut:

Query INSERT digunakan untuk input data kedalam tabel, dan query SELECT digunakan untuk menampilkan nilai dari tabel.

 

Tags

About The Author

Tineu Nursyifa 25
Pena

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel