Cara Install MySQL dengan Menggunakan Aplikasi XAMPP

9 Sep 2019 13:40 613 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Gampang kok cara install-nya. Hanya butuh tujuh langkah saja.

Melanjutkan artikel yang sebelumnya tentang bagaimana cara menginstal MySQL di komputer kita. Pada artikel kali ini kita akan membahas bagaimana caranya menginstal MySQL service diwindows dengan menggunakan aplikasi XAMPP.

Aplikasi XAMPP ini merupakan salah satu aplikasi server localhost serta yang paling banyak digunakan dan cukup familiar di kalangan web developer saat ini.

Aplikasi XAMPP ini dibuat oleh Apache Friends dan installernya bisa langsung diunduh daris situs mereka. Isi aplikasinya juga mudah dan sangat komplit, yaitu antara lain:

1. Apache

2. MySQL

3. PHP

4. phpMyAdmin

5. FileZilla FTP Server

6. Tomcat

7. XAMPP Control Panel

Untuk itu, pada artikel kali ini saya akan membahas tentang cara instal XAMPP nya terlebih dahulu. Karena disini saya pakai windows, maka artikel ini juga diperuntukan bagi pengguna PC Windows.

Oke langsung aja.

 

Cara Instal XAMPP di Windows

1. Download XAMPP

Untuk mendownload file instalasi versi terbaru dari XAMPP, kalian dapat mengunjungi offical website dari XAMPP nya langsung, pada halaman tersebut kalian dapat langsung mendownloadnya dengan mengklik tombol XAMPP for windows dibagian download.

Namun, jangan lupa untuk menyesuaikan arsitektur processornya dengan processor kalian. Nah untuk kali ini kita menggunakan versi enterprise karena versi tersebut berbayar, sedangkan kita tidak membutuhkannya, kecuali jika memang untuk perusahaan yang besar.

 

Keuntungan dari versi ini adalah kita dapat menginstal apache dan MySQL service melalui XAMPP Control Panel (dengan menjalankannya sebagai Administrator). Disamping itu juga menu XAMPP akan ditambahkan pada start menu windows.

Setelah proses downloadnya selesai, kita bisa langsung saja instal aplikasinya. Untuk proses instalasi, hindari direktori C:/Program Files karena akan terjadi pembatasan hak akses sehingga menyebabkan XAMPP tidak berjalan sebagaimana mestinya.

2. Selanjutnya akan muncul halaman awal wizard, klik Next untuk melanjutkan.

 

3. Selanjutnya kita memilih komponen yang ingin diinstal, komponen tambahan yang penting adalah MySQL/MariaDB dan phpMyAdmin, untuk komponen yang lainnya bisa diuncheck. Tapi untuk mudahnya, pilih pilihan default kemudian klik Next untuk melanjutkan.

 

4. pilih direktori dimana XAMPP akan kita install, usahakan lokasinya tidak satu drive dengan operating system, hal ini untuk mengantisipasi jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan pada OS kita. Lalu selanjutnya klik Next.

 

5. Selanjutnya terdapat tawaran untuk mempelajari lebih lanjut tentang bitnami yang merupakan instaler untuk CMS populer yang dapat langsung diinstal ke XAMPP. Namun untuk lebih mudahnya hilangkan saja centangan dan klik Next untuk melanjutkan.

 

6. Proses instalasi mulai dijalankan, dan XAMPP akan mengekstrak file yang diperlukan dan melakukan konfigurasi seperlunya.

 

7. Setelah proses instalasi selesai, XAMPP siap untuk digunakan, jika ingin langsung menjalankan XAMPP Control Panel, centang pilihan “Do you want to start the control panel now?”, selanjutnya klik finish untuk menutup jendela instalasi.

Selanjutnya, buka source XAMPP nya, jalankan module Apache dan MySQL dengan mengklik tombol start yang ada disebelahnya. Jika tidak ada masalah maka akan muncul warna hijau pada module ini.

Selanjutnya, kita tes apakah software PHPnya dapat berjalan dengan baik atau tidak. Buka browser http://localhost atau http://127.0.0.1. jika berjalan dengan baik, maka akan muncul tampilan seperti gambar dibawah ini:

Selanjutnya, untuk menguji apakah aplikasi PHP dapat mengakses database MySQL, kita bisa menggunakan aplikasi phpMyAdmin bawaan dari XAMPP.

Aplikasi phpMyAdmin ini adalah sebuah aplikasi manajemen database MySQL yang berbasis web. XAMPP menambahkan aplikasi ini untuk mempermudah pengaksesan database yang biasanya diakses menggunakan console atau cmd windows. Namun pada artikel kali ini saya tidak akan membahas cara penggunaan aplikasi  phpMyAdmin, tapi kita hanya menggunakannya untuk mengecek koneksi dari aplikasi PHP ke MySQL.

Untuk masuk ke menu phpMyAdmin, kita bisa klik alamat http//:localhost/phpmyadmin/ atau bisa juga dari halaman localhost XAMPP, lalu cari menu phpMyAdmin yang berada pada pojok kiri halaman localhost.

Jika tidak terjadi masalah, maka akan tampil halaman awal phpMyAdmin seperti gambar dibawah ini:

Jika tampilannya seperti gambar diatas, maka PHP dan MySQL telah terhubung secara sempurna.

Tags

About The Author

Tineu Nursyifa 25
Pena

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel