Tutorial Mudah Membuat dan Menghapus Tabel MySQL

6 Sep 2019 12:40 848 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Hanya butuh beberapa menit saja untuk mengerjakannya.

Setelah pada artikel sebelumnya kita bahas tentang cara membuat dan menghapus database di MySQL. Maka pada artikel kali ini kita akan bahas tentang bagaimana caranya membuat table, melihat struktur table dan cara menghapus table dari database.

Adapun beberapa query sql atau perintah sql yang kita gunakan adalah create table untuk membuat table, show table untuk untuk menampilkan table yang akan kita lihat dan drop table untuk menghapus table.

Sampai disini diasumsikan bahwa kalian sudah memiliki database, jika belum silahkan buat terlebih dahulu, untuk caranya pembuatannya bisa di cek di artikel sebelumnya, yaitu di Cara Membuat dan Menghapus Database MySQL.

Oke langsung aja ke caranya ya, yang pertama kita harus login dulu ke MySQLnya, caranya cukup mudah yaitu:

1. Buka CMD

2. Ketikan cd c:/xampp/mysql/bin

3. Ketikan mysql –u root –p

4. Masukan passwordnya jika ada, tapi jika tidak ada langsung saja tekan enter.

 

Membuat database

Dibawah ini adalah beberapa query yang digunakan untuk membuat database pada MySQL, yaitu:

1. Ketikan create database db_artikel;

Karena kita sudah membuat database dengan nama db_artikel maka nanti database db_artikel lah yang akan kita gunakan. Untuk nama databasenya terserah kalian saja. Hanya saja pada artikel kali ini saya membuat database dengan nama db_artikel untuk contoh  dan percobaan saja.

2. Ketikan use db_artikel;

Seperti yang sudah kita jelaskan sebelumnya bahwa query use ini digunakan untuk memilih database yang akan kita gunakan. Karena tadi kita membuat database dengan nam db_artikel maka database db_artikel lah yang akan kita gunakan.

 

Cara membuat table MySQL

Sebagai contoh, kita akan mencoba membuat table dengan nama “siswa” yang nantinya akan kita isi  dengan data-data siswa.

Sebagai contoh, tabel siswa tersebut akan kita buat memiliki 3 kolum, yaitu nama, alamat dan kelas. Maka query yang akan kita gunakan adalah sebagai berikut:

Seperti yang terlihat diatas, bahwa kita telah berhasil membuat table baru dengan nama siswa yang berisi kolum nama, kelas dan alamat.

Sedikit kita bahas :

Kolom nama pada table db_artikel yang kita buat diatas, itu bertipe data string. Karena mengandung karakter huruf dan tipe data string didefinisikan sebagai char di MySQL. Angka yang tercantum dalam kurung adalah jumlah karakter yang kita tentukan sebagai jumlah maksimal karakter yang dapat ditampung.

Kolom usia pada tabel tersebut kita buat bertipe data integer. Karena mengandung angka, dan integer didefinisikan sebagai int. Untuk integer ini kita  tidak perlu menentukan jumlahnya, jadi kosongkan saja seperti pada contoh diatas.

Kolom alamat yang kita buat bertipe data string, sama halnya seperti pada kolom nama.

Oke sampai disini kita sudah berhasil membuat tabel dalam database MySQL. Selanjutnya kita akan membahas cara menampilkan tabel yang ada didalam database.

 

Cara Menampilkan Tabel dalam Database MySQL

Setelah kita berhasil membuat tabel MySQL, kali ini kita akan membahas cara melihat tabel dalam database tertentu, caranya kita akan menggunakan query show tables;

Karena table yang kita buat berjumlah 1, maka hanya 1 tabel yang tampil, silahkan kalian buat lagi tabel yang lainnya. Untuk caranya sama saja seperti cara diatas, dan tampilkan tabelnya dengan perintah show tables;.

 

Cara Menampilkan Struktur Tabel

Untuk melihat struktur tabel yang kita buat, query yang kita gunakan adalah desc nama_table.

 

Cara Menghapus Table

Untuk menghapus table, kita bisa menggunakan query drop table.

Dan tabel pun telah berhasil kita hapus.

 

Tags

About The Author

Tineu Nursyifa 27
Novice

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel