Beberapa Kelebihan yang Menjadi Ciri Khas MySQL

3 Sep 2019 13:30 289 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Penulis temukan 8 kelebihan MySQL. Cek artikel ini ya!

MySQL, siapa sih diantara kalian yang tidak mengetahui software yang merupakan vendor dari DBMS ini? Apalagi bagi kalian yang sering melakukan manajemen dan pengelolaan database, pastinya sudah sangat familiar dengan software DBMS tersebut.

Untuk pengertian dari MySQL itu sendiri sudah kita jelaskan pada artikel sebelumnya yaitu "Apa itu MySQL? Mengenal MySQL dan Kenapa Kita harus Mempelajarinya".

Lalu apa saja kelebihan dari  MySQL server? Pada artikel ini saya akan membahas tentang apa saja kelebihan dari MySQL server. Yuk simak terus artikelnya !

Kelebihan MySQL

Sebagai salah satu software yang banyak digunakan oleh berbagai kalangan, MySQL memiliki banyak sekali keunggulan. Berikut adalah beberapa kelebihan dari DBMS MySQL:

1. Multi User Support

Salah satu kelebihan yang dapat menguntungkan kita sebagai pengguna yaitu MySQL merupakan software yang mendukung kepentingan multi user.

Sama halnya seperti program DBMS yang lainnya, meskipun MySQL ini merupakan software yang open source, namun MySQL ini memiliki kemampuan yang sangat baik untuk mendukung kepentingan multiuser, dimana bisa dijalankan oleh banyak user dalam satu waktu tanpa perlu mengalami kendala seperti crash dan semacamnya.

Dengan menerapkan arsitektur client-server, ribuan pengguna dapat mengakses database MySQL dalam waktu yang bersamaan.

2. Speed

Sebuah studi dari eWeek di february 2002 yang membandingkan performa kecepatan MySQL dengan RDBMS yang lainnya, seperti Microsoft SQL Server 2000, IBM DB2, Oracle 9i dan Sybase:

 “MySQL has the best overall performance and that MySQL scalability matches Oracle … MySQL had the highest throughput, even exceeding the numbers generated by Oracle.”

Yang terjemahan bebasnya, MySQL memiliki kecepatan yang lebih dibandingkan pesaing yang berbayar.

Kecepatan yang dimiliki oleh MySQL ini juga sangat baik ketika ia menangani query yang sederhana. Apalagi ketika ia bisa memperoses lebih banyak SQL per satuan waktu.

3. Reliability

Biasanya sesuatu yang gratis itu susah untuk diandalkan, bahkan banyak bug dan sering hang. Namu berbeda dengan MySQL, karena sifatnya yang open source, setiap orang dapat berkontribusi memeriksa bug dan melakukan test case untuk berbagai skenario yang memerlukan sistem 24 jam online, multi user dan data ratusan GB. Hasilnya, MySQL merupakan RDBMS yang reliabel namun memiliki performa diatas rata-rata.

4. Skalability

MySQL dapat memperoses data yang sangat besar dan kompleks, tanpa ada penurunan performa yang berarti juga mendukung sistem multi-procesor. MySQL juga dipakai oleh perusahaan-perusahaan besar didunia, seperti Epson, New York Times, Wikipedia, Google, Facebook, bahkan NASA.

5. User Friendly

Dari cara instalasi dan mempelajari MySQL yang cukup mudah juga tidak dihadapkan dengan banyak settingan. Cukup dengan download aplikasi MySQl dan instal, kita akan menggunakan MySQL dalam waktu kurang lebihnya 5 menit.

6. Portability and Standard Compliance

Database MySQL dapat dengan mudah berpindah dari satu sistem ke sistem yang lainnya. Misalkan begini, dari sistem windows ke linux. Aplikasi MySQL juga dapat berjalan pada sistem linux (RedHat, SuSE, Mandrake, Debian), Embedded Linux (MontaVista, LynuxWorks BlueCat), Unix (Solaris, HP-UX, AIX), BSD (Mac OSX, FreeBSD), Windows (Windows 2000, Windows NT) dan RTOS (QNX).

7. Internationalization

Atau dalam bahasa sederhananya, mendukung beragam bahasa. Dengan dukungan penuh terhadap unicode, maka aksara non-latin seperti Jepang, Cina, dan Korea bisa digunakan didalam MySQL.

Jadi, jika kalian memiliki kemampuan coding dengan bahasa pemrograman yang bermacam-macam, kamu tidak perlu khawatir jika kamu ingin menggunaan MySQL, karena MySQL ini dapat diintegrasikan dengan berbagai macam bahasa pemrograman.

Nah dengan kelebihan seperti ini, MySQL dapat membantu kita dalam pembangunan dari sebuah system menjadi lebih mudah dan juga efektif. Itu dikarenakan MySQL yang data terintegrasi dengan berbagai macam bahasa pemrograman yang kita gunakan untuk membangun sebuah system.

8. Open Source Code

Seperti yang dikatakan diawal, MySQL ini merupakan salah satu DBMS yang Open Source. Dan keunggulannya yaitu MySQL ini dapat kamu gunakan secara gratis tanpa membayar sedikitpun. Karena software ini disediakan Open Source, maka dari itu MySQL yang memiliki versi paling basic atau standard dapat kamu dapatkan secara Cuma-cuma atau gratis.

Apakah dengan disediakannya secara open source malah membuat performanya tidak baik ? tentu saja tidak, kamu jangan khawatir, walaupun software ini di sediakan secara open source tetapi MySQL ini telah memiliki lisenci GPL. Jadi kamu tidak perlu ragu lagi dengan kualitasnya.

Dan jika kamu membutuhkan fungsi lebih dari SQL, kamu dapat membeli versi enterprise atau kamu juga dapat membeli source code yang telah ditawarkan MySQL dengan harga yang sangat terjangkau, beda dengan oracle yang memiliki harga yang cukup mahal.

Dan kita juga bisa mengembangkan MySQL dengan mempelajari kode programnya, itu juga jika kalian mampu dan juga mengerti. MySQL di kembangkan dengan bahasa C dan C++. Bahkan sudah terdapat berbagai variasi rasa RDBMS baru yang dikembangkan dari code MySQL, diantaranya Drizzle, Maria DB, Percona Server dan OurDelta.

Tags

About The Author

Tineu Nursyifa 25
Pena

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel