Sejarah dan Hal-Hal yang Membuat MySQL Beda dengan yang Lain

2 Sep 2019 13:50 548 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
MySQL itu istimewa. Alasannya? Simak artikel ini ya!

Pada artikel kali ini kita akan bahas tentang Sejarah MySQL, alasan kenapa sih  diberi nama MySQL yang mungkin belum kalian ketahui sebelumnya, dan kita juga akan bahas tentang keistimewaan dari MySQL.

Yuk simak lebih lanjut lagi!!

 

Sejarah MySQL

MySQL adalah sebuah software pengelola database yang diciptakan oleh sebuah perusahaan bernama oracle yang memang menjadi salah satu perusahaan pengelola software terbesar didunia.

Pada awalnya seorang programer komputer asal negeri swedia yang bernama Michael Monty Widenius mengembangkan suatu sistem database sederhana yang bernama UNIREG. Pada awalnya tools ini menggunakan low level database engine dengan indexing. Michael Monty Widenius juga masih bekerja pada salah satu perusahaan di swedia yang bernama TcX.

Pada tahun 1994 TcX mulai menaruh minat pada proyek Monty ini dan berencana menjadikan UNIREG sebagai sistem database untuk proyek web yang mereka jalankan. Namun sayangnya UNIREG ini dianggap tidak terlalu cocok untuk database yang dinamis seperti web, sehingga pada akhirnya TcX mencari alternatif yang lainnya yakni mSQL (mini SQL) yang dikembangkan oleh David Hughes. Namun lagi-lagi ditemukan masalah sendiri pada mSQL yaitu karena sistem yang digunakan tidak mendukung pada indexing, sehingga dianggap kurang bagus.

Lalu pada akhirnya muncullah kerjasama antara Michael Monty Widenius, David Hughes dan TcX untuk mengembangkan sistem database lebih lanjut lagi. Dan pada tahun 1995 dirilislah suatu tools pengelolaan database baru yang bernama MySQL. Nah dari sinilah cikal bakal perkembangan MySQL sebagai salah satu pengelola database terbaik. Karena sifatnya yang open source maka beberapa perusahaan pernah mengembangkan MySQL sampai akhirnya pada saat ini dikelola langsung oleh suatu perusahaan yang bernama Oracle.

 

Lalu kenapa sih kok diberi nama MySQL?

Asal penamaan MySQL itu sendiri agak unik sih. Michael Monty Widenius berkata:

 “It is not perfectly clear where the name MySQL derives from. TcX’s base directory and a large amount of their libraries and tools have had the prefix ‘My’ for well over ten years. However, my daughter (some years younger) is also named My. So which of the two gave its name to MySQL is still a mystery.”

Berbagai sumber juga menyatakan, bahkan disitus MySQL sendiri menyatakan bahwa “My” dari MySQL  berasal dari nama anak perempuan Monty. Namun seperti pada kutipan diatas, Monty  pun mengakui bahwa selama ia di TcX, library dan aplikasi yang dikembangkan perusahaan itu juga banyak dimulai dengan awalan “My”.

Lalu apa sih arti dari logo lumba-lumba pada lambang MySQL?. Logo lumba-lumba pada lambang MySQL dinamai dengan “Sakila”, yang berasal dari sebuah kontest “Name the Dolphin” yang diadakan oleh MySQL AB. Nama Sakila ini diajukan oleh seorang programer open source dari Swaziland, Afrika yang bernama Ambrose Twebaze.  Nama Sakila ini memiliki akar dari bahasa Siswati, yaitu bahasa yang digunakan di Swaziland.

 

Keistimewaan MySQL

1. Portabilitas

MySQL dapat berjalan stabil pada berbagai sistem operasi seperti Windows, Linux, FreeBSD, Mac Os X Server, Solaris, Amiga, dan masih banyak lagi.

 

2. Perangkat lunak sumber terbuka.

MySQL didistribusikan sebagai pernagkat lunak terbuka, dibawah lisensi  GPL, sehingga dapat digunakan secara gratis.

 

3. Multi user

MySQL dapat digunakan oleh beberapa pengguna dalam waktu yang bersamaan tanpa mengalami masalah atau konflik.

 

4. Performance tuning

MySQL memiliki kecepatan yang menakjubkan dalam menangani query sederhana, dengan kata lain dapat memproses lebih banyak SQL per satuan waktu.

 

5. Perintah dan fungsi

MySQL memiliki operator dan fungsi secara penuh yang mendukung perintah Select dan Where dalam perintah (query).

 

6. Keamanan

MySQL memiliki beberapa lapisan keamanan seperti level subnetmask, nama host, dan izin akses user dengan sistem perizinan yang mendetail serta sandi terenkripsi.

 

7. Skalabilitas dan Pembatasan

MySQL mampu menangani basis data dalam skala besar, dengan jumlah rekaman (records) lebih dari 50 juta dan 60 ribu tabel serta 5 miliar baris. Selain itu batas indeks yang dapat ditampung mencapai 32 indeks pada tiap tabelnya.

 

8. Konektivitas

MySQL dapat melakukan koneksi dengan klien menggunakan protokol /IP, Unix soket (UNIX), atau Named Pipes (NT).

 

9. Lokalisasi

MySQL dapat mendeteksi pesan kesalahan pada klien dengan menggunakan lebih dari dua puluh bahasa. Meski pun demikian, bahasa Indonesia belum termasuk di dalamnya.

 

10. Antar muka

MySQL memiliki antar muka (interface) terhadap berbagai aplikasi dan bahasa pemrograman dengan menggunakan fungsi API (Application Programming Interface).

 

11. Klien dan peralatan

MySQL dilengkapi dengan berbagai peralatan (tool) yang dapat digunakan untuk administrasi basis data, dan pada setiap peralatan yang ada disertakan petunjuk online.

 

12 Struktur tabel

MySQL memiliki struktur tabel yang lebih fleksibel dalam menangani ALTER TABLE, dibandingkan basis data lainnya semacam PostgreSQL ataupun Oracle.

 

13. Ragam tipe data

MySQL memiliki ragam tipe data yang sangat kaya, seperti signed / unsigned integer, float, double, char, text, date, timestamp, dan lain-lain.

 

Tags

About The Author

Tineu Nursyifa 25
Pena

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel