Insert dan Update Data Dengan PHP dan MySQL

9 Aug 2019 13:10 1152 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Pembahasannya semakin kompleks, tapi gak sulit kok, serius!

Oke kembali lagi, artikel kali ini masih tentang CRUD pada PHP dan MySQL, pada artikel kali ini kita akan bahas tentang cara input atau insert data ke database juga edit data dari database dengan PHP. Pada artikel sebelumnya kita telah membahas tentang cara membuat koneksi data ke database dan cara hapus data dari database. Nah jadi artikel kali ini masih  berkaitan sama artikel yang kemarin, buat temen-temen semuanya  yang belum ikutin tutorial crud ini dari artikel yang kemarin yuu dilihat dulu di http://www.plimbi.com/article/175151/cara-membuat-koneksi-ke-database-dan-crud-dengan-php, biar temen-temen gapusing wkwk.  Oke langsung aja nih yaaa, yang pertama kita akan coba buat input data ke databasenya dulu.

 

Input atau insert data dengan PHP dan MySQL

Oke langsung aja, yang pertama kita buat sebuah file dengan nama “input.php”. nah file input.php inilah yang akan kita gunakan sebagai form dari inputan datanya. Jadi, data yang akan kita inputkan ke database akan kita masukan melalui form input dari file input.php ini.

Input.php

Syntax diatas, merupakan syntax untuk membuat form inputan, selanjutnya kita akan coba untuk edit data pada database dengan PHP, ingin tau caranya? Yuk terus ikutin yaaa!!

 

Edit dan update data dengan PHP dan MySQL

Untuk membuat edit dan update untuk mengubah data pada database dengan PHP, caranya cukup mudah, teman-teman tinggal tangkap dulu id data yang mau di edit dan kemudian kita tampilkan data tersebut menurut id tersebut didalam form edit. Setelah data diubah pada form edit selanjutnya buat sebuah file PHP lagi untuk menangani form handling dari form edit tadi, tangkap semua data yang sudah diubah dan update dengan perintah MySQL menurut id nya.

Oke langsung aja, pertama kita buka dulu file index.phpnya, lalu kita tambahkan syntax untuk mengarahkan ke file editnya. Hingga syntaxnya jadi seperti ini:

 

Index.php

Perhatikan syntax diatas, pada syntax nomor 36 terdapat link yang sudah kita buat untuk mengarahkan ke halaman form edit dengan sekaligus mengirimkan id data yang mau kita edit.

Disana kita akan coba edit data berdasarkan nis dari siswa.

Oke selanjutnya kita buat lagi file dengan nama “edit.php”. syntax ini akan berisi form untuk kita mengedit data yang akan kita edit dan update.

 

Edit.php

Perhatikan contoh diatas, pada syntax mysql_query diatas, seperti yang sudah saya jelaskan sebelumnya bahwa mysql_query adalah sebuah fungsi dari PHP yang berguna untuk menjalankan perintah mysql. Jadi, disini kita menampilkan data user sesuai dengan id yang kita kirim.

Lalu pada baris nomor 36 kita alihkan halamannya ke index.php.

Ohiya saya lupa, teman-teman bisa perhatikan pada file index.php disana saya tambahkan form pencarian data, disana saya mencoba mencari data dari nama siswa yang ada di database.

Artikel CRUD ini merupakan contoh aplikasi crud dengan PHP dan MySQL sederhana saja. Saya membuatnya sesederhana mungkin untuk memudahkan teman-teman yang baru belajar tentang CRUD di PHP agar lebih mudah dalam memahaminya. Terimakasih buat temen-temen semuanya yang udah menyempatkan waktunya untuk membaca artikel tentang cara  membuat CRUD dengan PHP termasuk cara membuat koneksi PHP dan MySQL dari awal sampai akhir.

Dari artikel tentang CRUD pada PHP, kita telah berhasil menampilkan data dari database, menginput data ke database, mengupdate serta menghapus data pada database dengan PHP. Jadi, semuanya telah lengkap kita telah berhasil membuat pengelolaan database sederhana dengan menggunakan PHP dan database MySQL.

 

Tags

About The Author

Tineu Nursyifa 27
Novice

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel