Yu kita belajar driver di CodeIgniter

4 Oct 2018 19:33 1381 Hits 0 Comments

Kali ini saya akan coba membawa kalian untuk memahami penggunaan driver. Tunggu apalagi? Caw!

            Hai sahabat Plimbi! Apa kabar hari ini?? Semoga baik dan sehat selalu ya.. apakah sahabat semua sedang mempelajari dasar-dasar konsep Framework pada CodeIgniter? Mau dong pastinya nambah ilmu lagi? Karena pada kesempatan kali ini saya akan coba untuk membahas yang pastinya sangat berkaitan dengan Framework CodeIgniter yang sedang kita pelajari sekarang. Yap, pada tutorial kali ini saya akan coba untuk belajar bareng-bareng dengan sahabat semua mengenai materi driver. Apakah kalian tahu apa itu driver?

            Saya akan coba jelaskan secara singkat ya, semoga sahabat memahami dan yu simak sekarang bahasannya. Driver disini tentunya sudah disediakan oleh Framework CodeIgniter, dimana driver disini merupakan sebuah library yang lebih kompleks lagi dimana driver disini dapat dikatakan sebagai wadah untuk menampung berbagai library. Dimana library tersebut pastinya sudah terdapat Class bukan? Nah, dalam Class tersebut di driver terdiri dari dua jenis, dimana Super Class sebagai parent nya (induk Class) dan Sub Class sebagai child nya (anak Class).

            Nah, setelah saya coba jelaskan secara singkat. Biar lebih paham, mau dong belajar bareng-bareng ya? Caw kita coba bersama-sama..

  • Persiapan

Karena kita akan mencoba untuk mengakses driver pada CodeIgniter, pastinya kita harus menyiapkan framework CodeIgniter nya terlebih dahulu ya. Selanjutnya siapkan pula text editor, kalau saya sih enaknya pake atom, tapi terserah sahabat semua. Pastinya di pc sahabat sudah terinstall xampp ya, untuk akses php nya di browser pastinya.

  • Routing

Nah setelah sahabat semua telah mempersiapkannya, yuk buat route nya ya. Jika sabahat semua tidak tahu dimana letak routenya. Maka kita akan pergi ke project CI nya, maka coba akses ke application/config/routes.php dan kita coba untuk tuliskan perinta program seperti ini didalamnya :

$route[‘test_driver’] = ‘TestDriverController/index’;

Dalam routing ini kita mendefinisikan akses url yang akan kita coba dan ditangani di Controller bernama TestDriverController tepatnya di fungsi index.

  • Create Driver

Nah disinilah bagian yang terpenting, yap karena sekarang kita sedang mencoba untuk memahami penggunaan driver yaa. Oleh karena itu cobalah untuk pergi ke application/libraries/ . dalam folder tersebut kita akan coba untuk membuat beberapa file dan folder. Maka ikuti sekarang tahapannya ya

Buat folder dan file sebagaik berikut :

Application/libraries/Testdriver

Application/libraries/Testdriver/testdriver.php

Application/libraries/Testdriver/drivers

Application/libraries/testdriver/drivers/testdriver_first_driver.php

            Setelah kita coba untuk membuat folder dan file tesebut yup mari kita coba untuk mengisikan baris programnya yaa..

Dibagian testdriver.php kita akan coba mengisikan perintah sebagai berikut :

Yu kita belajar driver di CodeIgniter

Dalam testdriver.php (Super Class nya) disini pada fungsi konstruktor kita mendefinisikan nama drivernya yang akan diakses di controller.

Setelah itu kita akan coba mengisi baris program di testdriver_first_driver.php, isikan sebagai berikut :

Yu kita belajar driver di CodeIgniter

Dibagian ini atau pada file testdriver_first_driver.php (Sub Class nya) kita akan coba untuk menampilkan fungsi index yang terdapat didalamnya.

  • Controlling

Tibalah kita pada proses Cntrolling, kita akan coba menuliskan perintah untuk memanggil SuperClass dan SubClass nya. Maka kita akan pergi ke application/controllers/ dalam folder tersebut kita akan buat file TestController.php dan didalamnya kita akan isikan perintah seperti ini :

Yu kita belajar driver di CodeIgniter

Pada fungsi tersebut baris pertama kita mendefinisikan driver superclass, dan beris kedua kita akan memanggil subclass sekaligus fungsi didalamnya.. maka tampilah sesuai yang kita inginkan. ;)

Coba akses ke nama_domain/index.php/test_driver

Terima kasi semoga bermanfaat!

Tags

About The Author

Muhammad Adi Wahyudi-4 37
Ordinary

Muhammad Adi Wahyudi-4

Hello Plimber ! Kita Sharing bareng yuk.. saya dari SMKN 4 BANDUNG =)
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel