Apa itu Profiller di Framework CI ?

3 Oct 2018 14:45 977 Hits 0 Comments
Salah satu fitur yang dapat memberikan informasi sangat penting bagi developer!!

            Haii kawan Plimbi! Apa kabar hari ini? Semoga baik dan sehat selalu pastinya, tak lupa juga dong, kita harus selalu bersemangat dalam menjalani hal apapun, termasuk juga mempelajari Framework CI ini ya . Sudah sampai manakah kalian mempelajari Framework CI? Apakah kalian sudah tahu tentang fitur yang dapat memberikan sebuah informasi penting pada saat proses membangun website? Karena pada kesempata kali ini saya akan coba membahas materi tersebut, yang pastinya sangat berkaitan pada Framework CodeIgniter ya . Karena memang fitur ini disediakan oleh CI . Nah, inilah fitur yang mampu memberikan suatu informasi penting kepada developer yang sudah disediakan oleh CodeIgniter,yaitu Profiller .

            Sekilas jika kita mendengar Profiller itu pasti saja dibenak kita akan terbayang bahwa kita memiliki akun sosial media dan kita mempunyai profile sebagai identitas diri kita . Namun di CodeIgniter ini bukan ya, karena Profiller ini merupakan sebuah fitur yang sudah disediakan CI dimana Profiller ini mampu menampilkan beberapa informasi yang diperlukan ketika kita sedang dalam tahap mengembangkan website tentunya juga mampu menampilkan debbug dalam aplikasi tersebut .

            Nah, dengan menggunakan fitur Profiller ini kita akan bisa melihat :

  • Benchmarks

Dimana pada benchmark ini kita bisa melihat alokasi waktu yang dieksekusi ketika kita sedang mengakses halaman website tersebut . Kita bisa melihat alokasi mengenai waktu ketika loading akses, eksekusi Controller dan juga jumlah dari keduanya ketika proses akses menuju halaman dilakukan .

  • Proses data apa saja yang sedang dilakukan pada halaman

Nah, disini ketika kita menempatkan request data, get data dan lain sebagainya . Pastinya akan terlihat . Semisal kita menerapkan request post atau get dalam halaman tersebut, tentu nantinya pada halaman profilling akan terlihat prses data apa saja yang sedang dilakukan dalam halaman tersebut .

  • Query yang dieksekusi

Dalam fitur Profiller pun kita bisa tahu apa sajakah query yang diakses ketika halaman yang kita akses . Hal ini tentunya sangat berguna jika dalam halaman tersebut terdapat beberapa query yang tidak digunakan .

  • Penggunaan memory

Ketika kita mengaktifkan Profiller di CodeIgniter ini kita bisa melihat berapa banyak memory yang digunakan ketika mengakses halaman tersebut . Pastnya kan hal ini akan membuat pengembang perlu mempertimbangkan kembali penggunaan baris program agar proses pengembangan website menjadi semakin optimal . Pastinya akan mempengaruhi SEO juga ya, karena SEO yang baik salah satunya dilihat dari penggunaan memory yang digunakan ketika mengakses sebuah website .

 

Seperti itulah Profiller kawan . . Fitur ini sangatlah bermanfaat ketika kita tengah membangun website kita untuk menjaga ke optimalan dan efisiensi penggunaan baris program tentunya!

Terima kasih, Semoga bermanfaat!

           

Tags

About The Author

Muhammad Adi Wahyudi-4 37
Ordinary

Muhammad Adi Wahyudi-4

Hello Plimber ! Kita Sharing bareng yuk.. saya dari SMKN 4 BANDUNG =)
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel