CodeIgniter : Tahukah kamu metode yang dapat mempercepat akses website ?

2 Oct 2018 21:12 2450 Hits 0 Comments
Ini dia, metode unggulan di CI yang dapat mempercepat akses website tanpa loading super lambat!

            Hola Sobat Plimbi! Apa kabar nih? Gimana sehat? Kuat? Bersemangat? Semoga makin sehat, tetap kuat dan pastinya selalu bersemangat yaa . Pada kesempatan kali ini saya akan coba untuk memberikan solusi bagi para developer atau yang sudah pro nya ya programmer yang dimana ketika sedang mengembangkan website, karena mungkin baris programnya begitu banyak sehingga ketika melakukan proses pengaksesan akan sangat lambat . Apa itu solusinya? Ingat ya, ini dicocokan khususnya untuk para pengembang website . Jadi solusinya, Framework CodeIgniter ini telah menyediakan sebuah metode yang dinamakan CACHING . Istilah caching mungkin sering kita ketahui ketika kita hendak membuka sebuah aplikasi berlama-lama dan ketika kita coba untuk buka cache nya ternyata sudah terisi penuh hingga akhirnya kita harus menghapus cache tersebut dan memulai aplikasinya dari awal lagi .

            Nah begitu pula dengan metode caching di CI ini ya . Namun pastinya metode ini akan sangat membantu, bukannya sangat merugikan seperti yang telah saya contohkan diatas . Karena dengan menggunakan metode Caching ini seorang pengembang ketika melakukan akses website pada halaman tersebut dengan mengakses berulang kali, tentunya tidak akan mengulang lagi dari awal . Melainkan kecepatan pengaksesan akan semakin cepat bahkan tanpa ada circle loading yang selalu ada pada browser .

            Jadi Framework CI ini memberikan solusi ketika melakukan akses website dimana CI mampu men-cache suatu halaman yang pastinya hal ini akan membuat kinerja akses menjadi lebih maksimal .

            Ya meskipun pada kenyataannya Framework ini cukup dapat dinilai cepat yaa, namun tidak menutup kemungkinan ketika kita ingin mendapatkan suatu informasi dari database yang bersifat dinamis, mengakses server dan didalam website tersebut terdapat beberapa siklus aliran data yang cukup rumit, pada hal ini pastinya juga akan mempengaruhi kecepatan ketika kita akses website yang memiliki fitur rumit tersebut .

            Nah, dengan meng-cache inilah halaman yang akan kita muat bisa menjadi lebih optimal . Kenapa? Karena halaman tersebut akan disimpan sepenuhnya dalam bentuk web statis .

            Bagaimana menggunakannya?

            Metode Caching ini dapat diaktifkan dari tiap halaman pada website yang sedang kita bangun . Tentunya proses penyimpanannya pun bisa kita atur dalam waktu per menit . Jadi cara kerjanya ketika halaman website sedang kita akses file cache yang berupa halaman statis tersebut akan dimuat dan ditulis pada folder aplikasi/cache dalam Framework CI tersebut . Karena ketika kita melakukan caching telah diatur waktunya, sehingga ketika proses caching tersebut sudah habis waktu atau kadaluwarsa maka file cache tersebut akan otomatis terhapus dalam folder application/cache nyaa .

Seperti itulah metode Caching . . Sekian dulu ya! Terima kasih, Semoga bermanfaat!

Tags

About The Author

Muhammad Adi Wahyudi-4 37
Ordinary

Muhammad Adi Wahyudi-4

Hello Plimber ! Kita Sharing bareng yuk.. saya dari SMKN 4 BANDUNG =)
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel